[Cuap Cuap] Produce 101, Media Jitu Branding Trainee

Selamat berlibur semuanyaaa…. yah, walaupun libur kali ini lumayan dikit, tapi tetep bersyukur karena ada liburan di tengah-tengah minggu menjelang UAS, dan minggu-minggu hectic kuis dan tugas bejibun nggak karuan. Kali ini gue menyempatkan diri untuk menulis alias membuat sedikit opini tentang salah satu program milik Mnet yaitu Produce101. Sebenernya gue udah gatel nulis ini semenjak season 1 yang ciwi-ciwi dulu, tapi keburu udah tamat akhirnya nggak jadi dan akhirnya sekarang muncul lagi dengan para cowo-cowo di season dua.

Ketika dulu gue lihat yang season 1 dengan para cewe-cewenya, gue sudah pengen banget diadain yang versi cowok. Karena gue bayanginnya yang cewe aja heboh gini ya gimana yang cowok. Akhirnya muncul Boys24 yang dulu sempat digadang-gadang menjadi PD101 versi cowok. Gue menaruh ekspektasi super tinggi dari acara tersebut. dari variasi agensinya, visualnya (penting bgt) dan banyak lagi. Tapi akhirnya ekspektasi gue cukup jatuh dan gue males lihat acara itu. Bahkan ada beberapa unit yang udah debut tapi tetep aja gue nggak terlalu ngeh banget karena ekspektasi gue udah terlanjur jatuh gimana dong.

Lah sekarang kita disuguhi yang bener bener asli, PD101 versi cowok beneran. HUHUHU betapa bahagianya gue. Bahkan sistem kelas, perform pertama dan kedua sejauh ini sama kayak season satu.

Lah sebenernya, esensi diadain Produce 101 ini apasih? Dan apasih untungnya buat para agensi yang merelakan traineenya diambil sementara waktu (?).

Kalau menurut gue dan mungkin beberapa dari pembaca juga berpikir hal yang sama, Produce 101 ini emang ajang super jitu untuk suatu agensi branding traineenya. Bahkan branding agesinya. Jadi disitu beberapa trainee (yang kebanyakan dari agensi kecil) dihimpun menjadi satu hingga diseleksi sampai didapat beberapa orang untuk dibentuk sebuah grup dan akhirnya debut dalam waktu tertentu yang akhirnya bubar. Yah, kayak IOI yang sudah ada gitu.

Berasa nggak sih sekarang memang jamannya promosi trainee sebelum mereka debut? Gue juga pernah sedikit menyinggung ini di postingan gue yang ngomongin NCT U kalau nggak salah. Jadi emang sekarang (dari dulu dikit sih (?)) lagi jaman banget suatu perusahaan berlomba-lomba memperkenalkan trainee mereka sebelum mereka didebutkan. Gue rasa sih agar ketika mereka debut, mereka udah gain fans dan jalan mereka malah lebih mudah daripada baru debut dan orang-orang baru tahu kemunculan dia.

Tapi, mempromosikan trainee sebelum mereka debut nggak bisa semulus itu. Apalagi bagi agensi-agensi kecil. Yah, mungkin bisa gue bilang nggak terlalu banyak orang yang tahu apa itu Dance or Band dari FNC, atau Pentagon Maker dari Cube, atau Seventeen Project gawanan Pledis, dan No Mercy milik Starship. Dibandingkan dengan Win, Who is Next, Mix and Math, Sixteen, atau SMROOKIES? Padahal semua acara di atas digelar oleh agensi-agensi yang cukup ternama, lho! Agensi yang cukup ternama aja belum tentu bisa memperkenalkan trainee mereka dengan mulus, gimana yang bahkan kita baru tahu nama perusahaannya?. YEAH gitu. Memperkenalkan trainee nggak semudah jadi Jungwoo yang (dulu) belum dikenalin official, belum tahu apa namanya emang Jungwoo, belum tahu apa emang Jungwoo adalah trainee SM atau Cuma dancer, bahkan belum tahu apakah emang ada Jungwoo di dunia ini aja dia udah punya banyak fanbase di beberapa akun media sosial (GOODJOB SM). Maka dari itu, PD101 ini emang ajang yang sangat tepat untuk memperkenalkan trainee berbakat kamu ke khalayak tanpa harus susah-susah bikin acara sendiri yang belum tentu mencapai keberhasilan yang tinggi.

Tapi, ikut PD101 bukan berarti image trainee baik-baik imut berbakat dll dll begitu saja terwujud. Ketika kita udah menyerahkan trainee ke orang lain, apalagi itu acara bukan acara kita sendiri, otomatis dong kita nggak tahu akan dijadikan sepeti apa trainee kita di depan layar oleh Mnet. Untung kalau dijadiin yang baik-baik, ya kalau enggak, itu resikonya. Apalgi kalau trainee yang kita punya nggak terlalu berbakat. Gue bukan mau bilang kalau member boy/girl grup itu nggak berbakat, mereka gue bilang emang berbakat dan kerja keras banget. Tapi tentu dong orang yang emang bisa nyanyi+ngedance+visual bagus gabung jadi satu itu mungkin jarang kita temui. Yang ada mungkin jago nyanyi tapi tetep mau gak mau harus juga bisa ngedance, begitu juga sebaliknya. Bukan bawaan, tapi emang paksaan karena kamu adalah member boygrup. Gitu. Ketika udah masuk acara macem PD101, hal-hal yang kayak gitu nggak bisa kita hindari. Fakta bahwa mungkin trainee kamu cuma jago nyanyi aja atau rap aja akan diketahui banyak orang. Mungkin nggak akan jadi masalah besar bagi agensi-agensi kecil. Tapi bagi agensi besar yang sebelumnya udah punya nama, kan ya pasti ada rasa nggak enak alias malu.

Gue dulu sempat berfikir SM harus ikut ini acara. Tapi karena pertimbangan di atas (kayak gue apanya SM ajasih), gue rasa mending selagi suatu agensi gede sudah mampu branding trainee nya sendiri, menurut gue nggak terlalu perlu sih untuk ikut acara-acara seperti itu. Apalagi kalau trainee SM punya case kayak Jungwoo. Wah nggak perlu lah ikutan acara PD 101. WKWKWK.

Waktu PD101 season 1, gue pun sempet kaget waktu somi menjadi perwakilan dari JYP. Karena gue merasa yang kayak buat apa gitu loh ikut acara itu, selagi JYP bisa branding traineenya sendiri tanpa adanya resiko yang udah gue jelasin di atas, ngapain ikut? Tapi ya mungkin itu kepuusan dari JYP sediri. Dan sekarang Somi pun udah bersinar di dunia industri hiburan korea dan dia berhasil survive. Syukurlah.

Beberapa Peserta sudah pernah debut

Baik di Season1 maupun Season2, dua-duanya memiliki peserta yang sudah pernah debut sebelumnya. Sebenernya menurut gue bukan itu nggak adil sih, cuma ya gue sih tidak terlalu mempermasalahkan. Selagi dia emang butuh banget untuk branding entah bagi diri si trainee atau bagi grupnya atau bagi agensinya ya menurut gue nggak apa-apa. Asal jangan grup yang emang udah punya nama banget terus tiba-tiba muncul di Produce101.

Karena ketika gue melihat beberapa artis atau grup yang sudah debut tapi tidak menemukan pencerahan setelah debut, rasanya gue juga kasihan. Tahu sih kalau masa traineenya agensi korea emang yah, beberapa emang selama dan seberat itu. Tapi kadang setelah debut, pejuangan baru dimulai. Iya kalau debutnya berhasil. Kalau enggak? Ini yang membuat gue cukup miris aja gituloh. Kadang-kadang juga gue agak gimana gitu sama beberapa trainee yang berasal dari agensi-agensi gede misal kayak JYP, SM, atau YG kemudian tiba-tiba keluar dan muncul sebagai trainee agensi yang bahkan namanya aja gue nggak tahu. Bukan gue meremehkan sih, Cuma ya perjuangan sesungguhnya itu dimulai ketika udah debut gitu. Kalau kamu debut di agensi gede, pasti walaupun nggak seberapa sakses, selalu ada upaya-upaya untuk branding karena emang agensi itu udah punya nama. Tapi kalau di agensi kecil, kemungknannya sangat sedikit. Pernah kan lihat beberapa grup yang baru debut kemudian nggak kambek-kembek lagi terus tiba-tiba dinyatakan disband aja. Kan sayang perjuangan jadi trainee selama ini. Nggak menutup kemungkinan sih kalau kita bisa sukses dari agensi kecil, sebut saja sayangkuh BTS (pasih). Gue aja tahu ada Bighit ketika BTS debut. Tapi perjuangannya itu kan cukup besar gitu. Yah gitu sih menurut gue.

Semua ocehan gue di atas hanya sebatas ocean yang nggak berdasar sih maafkan juga kalau ada salah salah. WKWKWK.

Nuest di Produce 101

Pertama kali gue denger-denger berita kalau Nuest ikut Produce 101, demi apa rasanya yang HAH SUMPAH? Demi apa gue nggak nyangka banget. Selama ini walaupun gue akui juga sih kambek mereka nggak sebegitu rame dan eksistensi mereka emang nggak begitu terkenal, cuman gue masih menghargai mereka sebagai sebuah grup yang sudah debut gituloh. Gue selama ini mengikuti kambeknya, bahkan dulu gue sempat donlotin Nuest Love Story entah sampai berapa season itu. Yakin gue super duper nggak nyangka banget. Yang dulu mereka debut dan gue lumayan ngeh banget sama mereka, terus setelah beberapa tahun berjalan, gue malah menemui mereka di acara ini. Rasanya cekit-cekit ini hati (hufty) nggak nyangka banget sih. Dari sinilah, gue bener-bener gimana ya kasihan gitu dengan grup yang emang nggak bisa sukses dengan debutnya. Apalagi Nuest udah punya adik sekelas Seventeen yang udah mau ngadain word tour T_T. Sedih. Beruntung pledis masih baik dan nggak langsung bubarin Nuest. Mereka dikasih kesempatan untuk ikut acara ini. Gue bener-bener berharap banget sih Nuest bisa sukses dengan mengikuti Produce 101. Gue berharap bangetttt.

Setelah Bubar, Terus Gimana?

Kan tadi setelah dipilih beberapa orang debut dalam beberapa waktu sebut saja seperti IOI, lah setelah IOI bubar, kemudian…?

Gue sempat  memikirkan hal ini sih. Beberapa agensi yang punya trainee lebih dari satu yang ikutan Produce 101 menurut gue mendapat keuntungan yang cukup besar. Sebut saja Pledis yang ketika Nayeon dan Pinky balik ke agensi, mereka debut dengan Pristin dan dengan semua trainee Pledis yang ikut PD101 dengan tambahan member. Sejeong dan Mina debut dengan Gugudan. Chaeyeon kembali ke Dia dan hamdalah sekarang Dia cukup bersinar. Yang gue khawatirkan adalah beberapa yang dia Cuma sendirian di PD101 kemudian ketika dia balik, kalaupun bikin grup, ya cuma dia yang udah punya nama. Kalaupunmau solo, yakin fansnya akan sebanyak ketika dia berada di grup (sebut saja IOI)? Gue nggak berniat gimana atau giamna. kalau mereka udah balik ke agensinya, kan mereka udah menjadi hak dari agensinya lagi mau diapain gitu. Semoga sih si agensi bisa treat them well dan akhirnya bisa bersinar di industri hiburan korea.

Mungkin itu aja sih yang bisa gue bahas di sini. Nggak tau lah kayaknya emang nggak jelas banget tapi yaudah sih nggak papa. Intinya sih yang bisa gue ambil ya, perjuangan itu ada dimana saja dan kapan saja. Sama halnya dengan debut, ketika kita udah berhasil melewati masa lalu, maka kita nggak akan berhenti, ada hal lain di depan yang harus diperjuangkan. Perjuangan itu selalu ada selagi kita hidup. Huhuhu~~~ semoga kita akan selalu sukses dan dalam perlindungan yang maha kuasa.

Apasih gue

Yaampun

Tapi gapapa lah

Okedeh

Mungkin itu aja maaf kalau ada beberapa kata yang nggak enak dibaca atau gimana. Tapi ya, ini semua hanya pendapat gue. Bebas buat komen apa aja di kolom komen di bawah. Akhirnya byeee~~~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s