[Cuap Cuap] Analisis Kesuksesan BTS

Tunggu… tunggu sebentar, rasanya kalau membaca judul yang gue sematkan di atas sangatlah hmmm… semacam judul laporan atau judul PKM. WKS. Tapi tenang, walaupun judulnya terasa berat, tenang aja isinya bakal seperti pembahasan (apasih pembahasan dikira bab IV?) cuap-cuap gue biasanya yang santai dan penuh opini dan yang paling utama adalah nggak jelas.

Awalnya gue pengen nulis ini dari dulu banget yang judul awalnya adalah “Ada Apa dengan BTS” kemudian “Bukan Behind the Scene” waktu mereka menang daesang dan jadilah judul yang sekarang ketika mereka menang Billboard.

Iya jadi gue emang berulang kali banget kan di blog ini membahas masalah BTS dari jaman 2013 gue bikin fanfic Jungkook pertama, kemudian gue mulai menjajah dunia paling absurd yaitu bikin FF Kookies (yang maaf ga gue lanjutin TT) kemudian mengikuti BTS sampai dapet piala-piala, dll dll, daesang, dan yang paling baru yaitu dapet TOP SOCIAL ARTIST BILLBOARD. KESEL GAK LO.

Jadi mungkin sebagai permulaan gue mau membahas tentang yah, BTS di masa lalu. Bisa dibilang gue mengikuti BTS ini sejak mereka debut ajasih, gue nggak ngerti bagaimana mereka sebelum debut dengan formasi member yang berubah-ubah dan konsep yang berubah dll dll. Jadi gue membahasnya pun ketika mereka sudah debut saja. Mungkin gue pernah nulis hal ini di postingan gue sebelumnya bahwa sejak BTS debut, gue nggak ada ekspektasi sama sekali bakal seperti apa BTS kedepannya. Karena emang BTS dilahirkan dari agensi kecil yang kesempatan untuk hits banget harus berjuang sangat keras. Bahkan gue kenal bighit setelah gue tau BTS. Setelah gue tahu BTS, gue berasa srek sama mereka dan yaudah gitu. Nggak yang berharap mereka akan mendapat ini dan itu dan lain sebagainya. Cukup gue suka, gue sangat menikmati karya mereka, dan… yaudah, piala itu bonus. Tapi seiring berjalannya waktu, kesukaan gue ke BTS makin makin karena gue merasa branding mereka emang bagus banget. Kemudian lanjut gue suka, eh ternyata makin banyak juga orang di sekeliling gue yang suka, makin banyak lagi, dan makin banyak lagi sampai yang nggak suka korea pun pernah tanya ke gue. Jadi ceritanya gini

Q: eh BTS itu boyband ya? Kemaren gue live Billboard masa dia menang keren banget

Gue: asdfghjklsmnbvertysjkkjnghj

SEBANGGA ITU GUE GUYS. Pasti kalian para Army juga mengalaminya.

Nah, akhirnya gue merumuskan gimana sih BTS yang dari dulu yang gue nggak ada ekspektasi sama sekali kemudian bisa sesukses ini. Entah ini sebuah analisa yang ngasal atau gue hanya sok sokan menyambung nyambungkan, tapi yaudah sih cekidot:

Debut di tahun yang tepat

Sesungguhnya gue merasa banget kalau BTS debut di waktu yang sangat tepat yaitu di tahun 2013 dimana agensi-agensi besar nggak ada yang debutin artisnya. 2012 ada exo, Btob, BAP, dll, 2014 apalagi ada Red Velvet, Winner, Lovelyz, dll, 2015 ada Twice, Seventeen, Ikon, dll, 2016 ada NCT, Blackpink, dll. Rasanya 2013 adalah waktu yang emang senggang dan sangat tepat untuk debut (biar nggak dapet saingan agensi gede). Dan BTS memanfaatkan tahun emas itu untuk menyabet beberapa rookie award. Sampai rookie award tembus ke china. Rasanya menjadi seorang rookie award pada tahun tertentu menurut gue adalah gerbang awal perjalanan seorang idol untuk setidaknya dilirik (di tahun itu) dan seakan menggambarkan sebagai grup baru terbaik ditahun itu. Anggap saja sebagai branding awal sebelum melangkah ke babak selanjutnya.

Comeback teratur

Menurut gue, kambek teratur menjadi hal yang emang harus dimiliki tiap grup apalagi yang belum terlalu memiliki nama. Tahu sih kalau tiap kambek pasti butuh pengeluaran yang besar dan bla bla bla, tapi sebagai penonton yang menikmati mereka dari luarnya, menurut gue, ketika seorang idol melakukan kambek secara teratur, seenggaknya nama mereka selalu bermunculan di tiap acara musik. Sedikit banyak tentu membawa pengaruh untuk branding grup tersebut. dalam kasus BTS, mereka menurut gue kambeknya emang sangat teratur bisa sampai setahun dua kali. Dan gue acungi jempol untuk itu.

Nggak hanya kambek yang teratur sih menurut gue, gue pernah ngomong ini entah di postingan gue yang mana dan kayaknya gue udah ngomong ini berulang kali. Bahwa bighit selalu tahu dan paham kalau karir BTS makin merambah naik. Sehingga apa yang mereka kasih untuk BTS dan untuk fans itu nggak hanya stuck di situ=situ aja. Ada tambahan MV, ada On Stage: Prologue, kemudian Individual Video Teaser, dll dll dan kita selalu dikasih bonus ples ples tiap mereka kambek. Selalu saja ada kejutan yang disiapkan Bighit untuk BTS dan Army. Gue salut banget sih sama mereka. Serius.

Memanfaatkan Akun Media Sosial

Jadi ceritanya gue dulu  pernah mengikuti suatu kajian yang diadakan oleh himpunan gue tentang bisnis menurut islam. Dan yang paling gue inget sampai sekarang adalah pematerinya pernah bilang bahwa kalau mau jualan, kasih pelayanan dulu baru tetapin harga. Jadi semacam kasih pelayanan, keterangan, penjelasan dulu pada konsumen kemudian selebihnya kamu lempar keputusan pada konsumen untuk membeli produk kamu atau enggak. Kemaren gue dapet contoh seperti ini. Ontohnya adalah misal gue memiliki suatu bimbingan belajar. Ketika ada orang tua yang mau les in anaknya ke tempat bimbel gue, strategi yang salah besar adalah ketika kita langsung menetapkan harga kepada konsumen. Jadi paket A, B bla bla bla. Itu adalah strategi yang salah besar. Lah, kata pemateri gue kemaren, kasih mereka pengertian terlebih dahulu, misalkan nih, contoh kita kasih penjelasan pada orang tua bahwa ada beberapa tipe anak. Anak tipe demikian akan kami beri pengajaran demikian dan bla bla bla. Setelah memberi penjelasan, baru kita bisa matok harga dan menyerahkan keputusan pada konsumen untuk membeli produk kita atau enggak.

Dan BOOOM.

Seperti itulah BTS menurut gue. Jujur sebelum gue kenal BTS pun gue sempet masuk ke salah satu fandom (pas jaman ababil nan alay sekarang juga masih padahal) dan gue juga sempat menjelajah beberapa grup (kayaknya saat itu gue masih menari jati diri APA). Dan gue baru menemukan grup yang se loman (apasih bahasanya) sebaik, sedermawan BTS. Bayangin apa-apa di aplot youtube. Segala maem dance practice diupload, sampai ada beberapa kategori di akunnya yang ITU STRATEGI YANG BAGUS BANGET!!!. Apalagi dikasih ke kita secara Cuma-uma alias gratis.

Jadi masalah media sosial ini gue pernah merumuskan ebberapa hal ketika puasa tahun kemaren. Wkwkwkkw bayangin gue udah ngebet nulis ini dari kemarin thats mean gue merasa tahun kemaren gue udah puas dengan kesuksesan BTS tapi ternyata tahun ini dikasih yang lebih lagi. HUHUHU…

Dan gue emang merasa deasa ini media sosial sangatlah berpengaruh besar terhadap ke eksisan seseorang. Sekarang coba lihat jaman sekarang, para artis youtube atau Youtuber udah bisa se hits dan se BOOM artis yang dilahirkan oleh stasiun televisi. Penarus media sosial menurut gue sebesar itu gituloh dan BTS gue rasa sangat baik dalam memanfaatkannya.

Berikut adalah beberapa media sosial yang menurut gue berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh BTS.

  1. Youtube

Dewasa ini, Youtube emang menurut gue media yang sangat oke banget untuk branding diri kamu. Selagi punya kamera bagus, take video, edit, upload, promo, besar kemungkinan banyak yang nonton dan ahirnya terkenal (walaupun aslinya nggak segampang itu). Awalnya gue nggak ngerti kalau ternyata konten-konten yang ada di youtube nya BTS (BANGTANTV) itu berkelanjutan sampai sekarang. Ternyata emang sampai sekarang masih lanjut dan gue sangat mengapresiasi itu. Channel BANGTANTV itu semacam suatu TV yang berisi banyak banget kategori yang bisa kita nikmati. Macem kategori blog lahya. Ada Bangtan Bomb yang berisi video-video singkat kegiatan absurd mereka, Bangtan Episode yang kebanyakan berisi behind the scene (mau gue singkat tapi kok nanti salah kaprah) pembuatan MV, atau kadang Behind the scene nya waktu mereka dapet piala di acara musik. Dan yang gue salut adalah bahkan sampai sekarang mereka masih update itu. Terakhir BTS Episode yang mereka menang di billboard. Kemudian ada juga vlog mereka yang ngomong sendiri dengan editan super minim (atau bahkan nggak ada editannya), ada juga BTS FM, kemudian ada juga dance practice mereka. Yang gue heran dan salut banget (2) adalah mereka selalu ngasih kita dance practice. Nggak hanya untuk title track, tapi juga kalau mereka perform di acara musik. Kalau dance practie untuk title track, rasanya emang udah biasa banget, tapi yang dulu gue terkejut dan ngerasa keren adalah ketika mereka aplot dance pratice waktu mereka perform di gayo daejun pas awal-awal. Dan itu di upload semua. Apalagi yang BTS Intro Performance Trailer. DEMI APA ITU BUKAN DANCE PRACTICE ITU SEMACAM MUSIC VIDEO karena literally niat banget mereka. Tapi jujur sih kalau dance practice makin kesini, emang makin nggak sebanyak dulu, tapi mereka tetep rutin upload kok.

Lah disitulah letaknya fans nggak mau ilang (?). jadi ketika mereka nggak sebegitu dikenal publik, mereka terus berusaha ngasih sesuatu ke kita, ngasih apa aja biar kita sebagai penikmat bisa menikmati dan akhirnya timbul “eh kok keren”, “boleh juga” dan lain sebagainya. Atau untuk para fans yang mungkin saat itu masih dalam tahap suka suka yang biasa aja, atau yang suka ketika mereka kambek doang (jahat amat) seenggaknya selaluh dikasih asupan sama BTS/Bighit kayak “iniloh BTS” dan akhirnya kita kembali lagi liat mereka, entah di Bangtan Bomb, entah Dance Practice, dan akhirnya yah… susah lepas. WKWKWK

Bagi gue, itu strategi yang bagus banget. Sesuai sama apa yang gue paparkan di atas. Mereka ngasih konsumen dulu, apa yang mereka punya, sejauh dan sekeren apa kualitas mereka, kemudian sisanya kembali ke kita, mau beli apa nggak nih? GOOD JOB BIGHIT! Kadang juga gue mikir, menurut gue, industri musik di korea itu emang sangat memanfaatkan wadah ini gitu, yatu internet utamanya Youtube. Bayangin misal acara musik indonesia menghitung beberapa persen viewers outube untuk kemenangan artisnya di acara musik. Pasti imbasnya nggak hanya untuk negaranya aja, youtube itu luas dan bisa ditonton semua orang, siapa tahu bisa dapet fans dari luar juga.

  1. Twitter

Selain Youtube BTS yang punya kategori, Twitter mereka juga gue rasa memiliki kategori tertentu. Ada kim daily, RMusic, dll dll, yah walaupun nggak semuanya. Dulu sebenerya gue sempat menyayangkan kenapa mereka nggak bikin akun per member aja. Tapi sekarang gue yang ah, udahlah nggak papa mereka punya twitter satu aja biar bisa fokus dan orang kalau nyari ya gampang. Yah, walaupun twitter hanya berisi foto-foto dan mungkin impactnya nggak sebesar channel youtube mereka, tapi lumayan nambah pengetahuan juga sih dengan lagu-lagu rekomendasian dari para member.

  1. Facebook

Dulu, ketika jamannya gue lagi “facebook banget” gue bener-bener mengapresiasi BIGHIT. Tepuk tangan dulu. Tiap member ulang tahun, selalu ada beberapa foto (banyak sih sebenernya yang di upload) ke facebook, dan itu gratis. Kita nggak perlu nunggu ada photobook atau summer package atau apalah apalah dll dll. Kalau mereka lagi Festa (anniv) pun facebook BTS selalu upload foto mereka sangat banyak dan itu gratis. Kembali pada case awal yang berulang kali gue singgung, strateginya bagus. Walaupun mereka juga memproduksi photobook, tapi setidaknya kita pun dikasih gratisannya dulu (anggep aja testimoni) kemudian ketika fotobook keluar, kita yang nentuin mau beli apa enggak (yang kayaknya kebanyakan beli karena sudah tertarik denan testi yang dikasih)(kecuali gue).

  1. Soundcloud

BTS itu sebuah boygrup, yang juga nyanyi, dance, dan juga nge rapp. Apa yang mereka lakukan di panggung adalah pegang mic untuk nyanyi. Dan yah, media selanjutnya adalah soundcloud yang bisa gue bilang termasuk “sedekah” (bahasa kasarnya fanservice) dari BTS untuk kita-kita ini. Gue salut banget sama mereka yang masih menyempatkan diri untuk membuat cover song dan dibagi secara gratis di soundcloud mereka. Mereka juga menyempatkan diri untuk membuat mixtape yang juga dibagi secara gratis ke kita. LIKE SIAPA YANG NGGAK SENENG DAN SELALU NEMPEL GITULOH SAMA BANGTAN KALAU GINI URUSANNYA.

  1. V App

Gue suka banget ketika BTS memberlakukan sistem kategori juga di akun V App mereka. Ada Bangtan Gayo, BTS Run, Eat Jin, Hope on the street (yang sekarang udah mulai jarang). Gue jadi benar-benar merasa terfasilitasi banget gituloh sebagai fans. Pokoknya gue suka banget deh dengan sistem yang seperti itu. Dan menurut gue timingnya itu pas banget. Ketika mereka nggak muncul di acara TV pas sibuk konser, keluarlah video-video itu yang mengisi kekosongan hati ini (?). karena jujur gue berulang kali banget kan ketika suka sama sebuah grup terus pasti kan ada kalanya grup itu mengalami masa dimana kayak sepi banget ga ada berita atau sibuk konser yang adanya Cuma fancam goyanggoyang sama foto, itu adalah momen yang tepat untuk kita, para fans berpindah ke lain hati. Dan GOOD JOB BIGHIT (~) menurut gue mereka bisa mengisi kekosongan itu. Nggak hanya dengan V app, tapi juga dengan beberapa yang sudah gue share di atas.

  1. Instagram

Kalau indtagram, gue ngerasa mereka nggak seberapa memanfaatkannya sih. Soalnya gimana ya, emmm. Masih baru juga dan mungkin kontennya dikhususkan untuk diatur oleh seorang “admin” bukan “member” jadinya ya, coba lihat saja isinya resmi banget.

Mungkin itu aja beberapa media sosial yang gue inget yang berperan penting sebagai branding BTS. Intinya sih gue salut karenamereka ngasih duluan, nggak menetapkan harga dulu, baru ketika orang tau kualitasnya. Mereka menyerahkan ke konsumen “mau beli produk gue ngga?” ASEK.

Lagu yang Bervariasi

Gue tuh kadang merasa bahwa selera bermusik orang korea itu bisa dilihat dari beberapa lagu yang hits di sana. Dan gue rasa, lagu BTS nggak se hits itu dibandingkan yah…. beberapa lagu girlband yang lebih hits di sana. Tapi gue ngerasa bahwa musik BTS itu nggak melulu mengikuti selera orang korea. Ini hanya pendapat gue sih. Semenjak Dope keluar, rasanya mereka emang mengusung genre yang barat banget. Yang tipikal lagu-lagu barat gitu nggak sih. Dan gue suka banget. Not Today pun gue rasa itu tipikal yang kebarat-baratan. Jadi menurut gue bidikan mereka adalah okelah cukup terkenal di korea (tapi masih ada yang lebih terkenal) tapi juga nargetin ke luar, ke ranah yang lebih besar lagi. Mereka punya fans internasional juga yang nggak kalah memberi kontribusi. Gue cukup kaget kan ketika (kalau nggak salah) gue baca di Pann bahwa beberapa K-netz malah bingung dan heran (sedikit menceci) kemenangan daesang BTS kemaren. Banyak yang bilang kalau mereka pertama kali denger lagunya lah, grup A lebih pantas menang lah, dll dll. Tapi buktinya mereka bisa sukses dapet penghargaan di luar. Jadi nggak ada alasan mereka nggak pantes dapet penghargaan dari negaranya sendiri. Yakan?

BTS Menang Billboard

DEMI APA

TUNGGU

TARIK NAPAS DULU

Jadi, seperti yang gue sebutkan di atas, gue nggak mengira ngira gituloh BTS akan menang ini, dan itu. SERIUS. Gue terlanjur suka sama karya mereka, bagi gue, manang ini dan itu adalah bonusnya. Walaupun mereka menang juga gue nggak papa. Gue tetep suka. Ya walaupun tetep vote dan berharap bisa menang. Dari yang nggak menang Rookie awardnya mama, kemudian colab di mama bareng Blok B, lalu menang ini, itu dan pada akhirnya kemaren menang Daesang di Melon dan MAMA.

DAN SAAT ITU GUE YANG

HIKS

MAU TEREAK

BANGGAAAAA

Mungkin bagi beberapa grup menang di mama itu udah biasa atau (nggak ya)… bagi gue itu adalah hal yang sangat luar biasa karena ge nggak pernah mengira-ngira. Gara-gara kan kemaren pas voting semua kategori yang ada BTS nya, pasti ada EXOnya kecuali Best Music Video (kalau nggak slah sih ini). Terus gue yang membatin “masa BTS bakal Cuma menang Best Music Video?” bukan gue meremehkan atau nggak percaya sama mereka sih… cuman… yah… gue nggak yang neko-neko gitu. Dan ternyata.. DAN TERNYATA mereka menang DAESANG DAN GUE YANG HAH

HAH

HAH

Terus mereka nangis di panggung. Gue seneng. GILAKKK RASANYAAA.

Menang Daesang itu rasanya menang penghargaan tertinggi di korea selatan gitu (menurut gue) karena tiap boygrup pasti kalau ditanya berharapnya ya menang daesang. Bukan menang Billboard. Terus setelah mereka menang Daesang, gue yang membatin lagi (membatin terus ah) nggak sih bukan membatin lebih tepatnya berpikir. Karena Daesang ini adalah penghargaan yang (menurut gue) tertinggi, lalu BTS bisa mempertahankannya sampai kapan? Karena gue yakin hidup itu berpuar gamungkin lo selamanya akan di atas, dan selamanya daesang menjadi milik lo. Dan ternyata setelah menang Daesang EH MEREKA MASUK NOMINASI TOP SOCIAL ARTIST BILLBOARD. HELLLLLLLL. Gue yang KAYAK HAH? MASIH ADA LAGI? YANG LEBIH TINGGI? Rasanya masuk nominasi dan diundang aja gue udah super bangga banget. Emang gue berharap mereka menang atau tampil, tapi diundang dan masuk nominasi aja udah syukur-syukur banget gituloh.

Dan ternyata bro

TERNYATA

MENANG

DANG

KEZEL GASIH

GUE YANG SEBANGGA ITU

NGGAK BISA DIDESKRIPSIKAN

Orang orang yang pada

“eh semalem BTS “ terus gue langsung begajulan.

Apalagi tuh seperti yang gue ceritain di atas, ada temen cowok gue yang tau boyben korea aja ogah kemudian lihat Billboard dan bilang keren ketika BTS menang. BETAPA BANGGANYA GUE.

Dan yah, seperti itulah BTS sekarang.semoga bisa mempertahankan kesuksesannya.

Bighit nggak Serakah

Ini hanya pendapat gue sih, bahwa Bighit itu nggak yang terlalu serakah banget. Entah bagaimana pendapat yang lain. Jadi indikator nggak serakah ini adalah mereka nggak gupuh bikinin adek buat BTS. Mungkin bagi beberapa orang itu hal yang biasa aja, tapi bagi gue itu keren banget mengingat kesuksesan BTS yang emang udah WAWAWAW lahya. Coba ce beberapa grup yang sudah cukup terkenal, pasti perusahaannya kebanyakan melahirkan adik baru untuk mereka (nggak tau juga sih dilatarbelakangi oleh apa) tapi gue salut. Karena menurut gue, itu tandanya Bighit emang mau fokus sama BTS dulu. Nggak tau sampai kapan. Kalau gue mau bilang sih, indikator kedua adalah mereka nggak debut internasional atau debut e barat (?). tapi kan belum terlaksana juga, tapi kemaren di salah satu wawancara (kalau nggak salah) Rapmon pernah bilang kalau mereka itu boygrup orea, jadi ya begitulah mereka (apasih) (yagitulah pokoknya). Gue pengen mereka nggak usah yang gupuh banget untuk debut luar negeri hanya karena (HANYA???) menang Billboard kemaren. karena ya, kembali lagi, mereka boygrup korea, dengan bahasa mereka, kalau pun mereka menang di luar atau pun penghargaan internasional, ya disyukuri. Tapi kalau pada akhirnya mungkin BTS mau debut internasional sih yah, kita serahkan saja sama bighit yang penting jangan sampai bikin karir BTS goyah.

Kekuatan Army

HUHUHU Gue terharu banget dengan fandom Army yang makin gede aja. Dengan fans yang sebanyak itu dengan support mereka untuk BTS. Tapi kadang ketika BTS menang award terus mereka yang makasih untuk Army karena dukungan kita, bagi gue, sumber dari adanya Army yang sebanyak dan seloyal itu adalah karena BTS sendiri, dengan banyak hal yang dilakukannya sehingga menjadikan ebberapa orang yang biasa aja kemudian melabel dirinya sebagai Army. AKKKKKKKHHHHH jadi ya, hubungan timbal balik, tapi emang yang menjadikan Army seperti ini adalah BTS sendiri. LUV YU LAH untuk semuanya.

yah, kayaknya itu aja deh yang bisa gue sampaikan untuk postingan kali ini, boleh menyanggah dan berpendapat kalau kalian punya pendapat lain di kolom komentar. Karena sekitar delapan lembar tulisan ini hanyalah opini ue semata dengan dasar pemikiran gue juga. Nggak ada UUD nya. WKS.

Semoga BTS bisa mempertahankan kesuksesannya dan jaga kesehatannya. AHHHH SEMANGAT BTS!!!!

“TEAM WORKS MAKE THE DREAM WORKS”

Oh iya tambahan, mungkin postingan gue kali ini juga mewakili Annivnya BTS tanggal 13 Juni besok siapa tahu gue nggak sempat nulis apa-apa karena kebanyakan yang di pikiran gue sudah gue tuangkan di postingan ini. Happy Anniversary juga buat BTS semoga selalu langgeng dan sukses terus!

Bye~ sampai bertemu di postingan gue selanjutnya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s