[Review] NCT127 – Limitless

Selamat pagi semuanyaaa. Kali ini gue kembali dengan review gue yaitu NCT. Terakhir gue review lagu di album Wings nya BTS dan sekarang gue mau review lagunya NCT127 yuhuuu.

Pertama-tama (bahasa pidato kepsek banget ya) gue ucapkan selamat pada NCT yang memenangkan rookie award prok prok. Gue sebenernya sudah menyangka NCT bakal memenangkannya sih walaupun ada pesaing yang ketat yang emang nggak kalah bagusnya tapi karena gue biasnya NCT jadi gue berharapnya NCT aja yang menang. Wkwkwk. Sebenernya niatnya gue mau bahas lagu di albumnya aja, tapi gue juga ingin membahas tambahan member yaitu Doyoung dan Johnny dalam NCT127 tapi kepanjangan jadi kayaknya gausah. Selamat buat Johnny yang akhirnya debut setelah sekian lama. Jadi terharu.

Kebingungan Penghargaan Akhir Tahun

Di cuap-cuap gue sebelumnya tentang NCT U, 127, maupun Dream (yang belum baca silakan baa yaaaa), gue pernah menyinggung masalah penghargaan akhir tahun. Gue pernah bertanya-tanya gimana dengan penghargaan akhir tahunnya? Siapa yang akan masuk? U kah? Dream kah? Atau 127 kah? Dan akhirnya hanya 127 lah yang masuk nominasi. Gue sebenarnya sudah menyangka karena emang hanya 127 yang debut dengan mini album jadi kemungkinan besar masuk nominasi. Tapi gue sangat menyayangkan beberapa hal sih. U dan Dream kan itungannya juga mereka debut, dan rookie award hanya diperoleh sebuah grup pada tahun pertama mereka debut aja (?). jadi sayang banget kalau U dan Dream seakan emang nggak dikasih kesempatan untuk memenangkannya. Jadi sedikit meleset dengan perkiraan dan harapan gue dimana tiap debut sub unit NCT (gue berharapnya) mereka bisa menguasai rookie award. Tapi nyatanya karena dalam satu tahun ada tiga grup yang debut, dan dua diantaranya hanya single (atau apalah itu) jadi nggak masuk nominasi. Huhuhu~~~

Member Baru

Pertama gue tahu akan ada member baru di 127 adalah ketika gue lihat tiser mereka yang ditayangkan di SBS gayo daejun. Gue hitung membernya, kok kayaknya banyak banget, gue itung lagi kan. Lah kok 9? Lah kok ada Joni? Lah kok ada Doyoung? Ini unit baru? Kok tulisannya 127? Saat itu beberapa pertanyaan langsung berkecamuk dalam pikiran gue hanya dengan melihat video berdurasi beberapa detik saja.

Penambahan member baru ini mematahkan teori gue(?) perihal pernyataan Jaehyun kemarin (bisa baca di Cuap Cuap gue tentang NCT Dream) yang menyatakan kalau konsep and colornya 127 itu tetap dan U itu bisa berubah. Jadi emang yang dimaksud Jae disitu adalah murni color and concept. Untuk member 127, emang ada kemungkinan ditambah (seperti yang kita lihat sekarang penambahan Joni dan Doyoung).

Tapi gue berasumsi bahwa emang semakin banyak member, semakin kecil part tiap-tiap anggota. Jadi seperti di U, part Ten yang segitu aja hamdalah daripada part Winwin di sobangcha atau partnya Yuta/Haechan di Limitless. Kalau nggak bagus-bagus banget, kemungkinan sangat kecil dapet part banyak.

Posisi Member

Masih sama gue rasa, utamanya di title track sih posisi membernya nggak jauh-jauh dari yang dulu. Taeyong masih ngerap, Yuta jaehyun kembali ke jalan yang benar yaitu nyanyi walaupun gue masih menyayangkan part Yuta di limitless yang sangat limit. Kayaknya untuk distribution part akan gue bahas di bawah beserta beberapa track di album Limitless. Pokoknya nggak ada yang terlalu mengejutkan untuk posisi member di album kali ini sih menurut gue.

Individual Video Teaser

Dalam video teaser album kali ini, tiap video diselipkanlah beberapa detik track lain sehingga seakan kita sudah punya gambaran gimana ini album isinya nanti walaupun hanya seupil. Walaupun gue rasa SM emang nggak terlalu berniat dengan pembuatan video teaser tersebut (gue rasa, karena kualitasnya yang hmmm) tapi gapapa lah. Demi apa ya beberapa teaser emang frik banget kayak gue pertama lihat itu sangat excited terus beberapa detik gue terbuang terus videonya kelar dan gue hanya melongo sambil membatin “sumpah gini doang?” wkwkwkkwk. Tapi gapapa sih hiburan juga.

Diantara banyaknya teaser, gue nggak tau kenapa paling suka teasernya Yuta yang kedua DEMI APA. Vibe seksinya ituloh kerasa banget nggak tau kenapa. Pokoknya gue suka banget teaserya Yuta. Cut to cutnya juga pas banget. Luv.

Merah dan Hitam

Album kali ini lagi-lagi membuat konsep warna merah dan hitam. Apakah akan menjadi warna khas NCT 127? Yakaliaja.

Tracklist

Kalau mini album #NCT127 punya 7 track, kali ini Limitless hanya punya 6 track. Gimana aja lagunya? Oke gue akan bahas lagunya satu persatu.

  • 無限的我 (무한적아;Limitless)

“I need sympathy, I want it like crazy
I need you, so
We can feel each other completely
That’s what I need, I need you”

Tite track kali ini sangat mengejutkan gue. Tunggu gue akan menjelaskan bagaimana bisa gue sangat terkejut dengan track kali ini. Jadi ketika teaser keluar, kan untuk lagu ini (kalau gue nggak salah) hanya potongan instrumen tanpa vocal, kemudian ada NCT yang live V app dan membocorkan dance point mereka dan itu ada part yang “Ho. Ho. Wake me. Wake me. UUUUUP” yah part itu lah pokoknya. Otomtis dong dengan serangkaian part yang dibocorkan itu, gue sudah memiliki ekspektasi bakal kayak gimana lagu ini jadinya. Dan gue menganggap lagu ini palingan nggak jauh-jauh sama sobangcha yang hiphap banget.

Terlebih lagi, gue juga udah negatif thinking duluan dengan teaser mereka. Karena teaser ini mirip sama NCT U yang merupakan potongan-potongan MV, gue juga mikirnya pasti kayak NCT U, hampir semua part sudah dibocorkan jadi ketika keluar, lagunya nggak terlalu mengejutkan.

Tapi…

Gue khilaf

Gue salah besar

Ketika lagu ini keluar, gue dengerin part awalnya kan. Hiphapnya masih kerasa banget dan masih nggak lepas dari sangkaan gue. Pas ketika suara Jaehyun datang, DAN SAAT ITULAH “LOH LOH KOK GINI” karena part itu keluar dari ekspektasi gue. Karena kembali ke sangkaan gue di atas, lagu ini hip hap banget dan gak mungkin ada part semacam ini. Tapi ternyata ada giniannya. Sampai ke reff yang “Baby its youuuuuu….” itu demi apa ya reff ini tipikal lagu yang akan disukai saat pendengaran pertama ENAK BANGET GIMANA DONG gue suka banget!!! Mungkin kalau gue bikin reaction saat pertama mendengarkan lagu ini, gue bener-bener nganga kayaknya. Kemudian lanjut part yang sudah nggak asing di telinga gue yaitu “Wake me Wake me UUUUUUP” dan gue berpikir “bisa ya, digabung dua part ini?” bener-bener perpaduan yang oke banget gituloh. Kayak ada dua kubu yang disatukan menjadi harmonis (apasih) tapi beneran sih emang kayak gitu.

Dan berbeda dengan sobangcha, part vocal di sini bener-bener kelihatan. Vocalnya kepakai banget. Walaupun di sobangcha juga kepakai sih tapi di lagu ini lebih kentara aja.

Gue (mungkin gak hanya gue) menyayangkan distribution part di lagu ini. Gue nggak melihat distribution part di lagu lain sih karena kan lagu ini title trek jadi ini aja yang gue perhatikan (?). Ketika gue dengerin lagu ini dan melihat Mvnya, gue dibuat membatin ketika part Mark dan TY datang “lah kok lagi” semacam itu. Gue nggak menyalahkan mereka atau gimana ya, gue hanya mengungkapkan isi otak gue. Padahal menurut gue ada beberapa part yang nggak butuh rap mereka banget gituloh. Menurut gue, ada beberapa part TY maupun Mark yang gue rasa bisa digantikan oleh member lain yang vocal maupun rapnya nggak terlalu kuat-kuat banget alias rata-rata. Tapi kenapa dikasihnya ke mereka berdua? Yang partnya paling sedikit di lagu ini adalah Yuta, Haechan, sama Winwin. Tapi Yuta lebih punya ++ dibanding Winwin (di mata gue) karena Yuta lebih sering di tengah daripada Winwin. Dan Haehan yang paling jarang di tengah kayaknya (KAYAKNYA) Walaupun Winwin di sobangcha partnya Cuma kebagian whoop whoop aja, seenggaknya dia masih jungkir balik. Orang pasti akan melihat “siapa tuh yang jungkir balik?” oh, Winwin. Lah di limitless ini apa??? Jadi ketutup banget. Haechan juga sangat disayangkan. Gue menganggap vocal dia udah bagus dan matang dan pantas disandingkan dengan Vocal line yang lain. terlebih lagi suara dia yang paling khas diantara yang lain.

Untuk lirik lagunya, gue nggak tau pasti bagaimana maknanya, tapi yang gue tangkep sih NCT ini lagi mengalami masa dimana mereka nggak tau ini mimpi atau nyata, mereka lihat diri mereka sendiri yang lagi mengejar mimpi dan mimpi itu digambarkan terwujud terus akhirnya dia jadi limitless. Sumpah itu ngarang banget sih karena emang susah juga mengartikan lagu ini menjadi sebuah cerita.

  • Good Thing

“Give me what you got
because you know that I can take it”

Lagu ini pasti nggak asing bagi sebagian besar fans NCT karena sebelumnya sudah dibocorkan lewat sebuah video kolaborasi antara NCTXWXESTEEM jadi nggak terlalu kaget dengan lagu ini. Tapi asli sih lagunya asoy banget dengan instrumen yang unik juga. Ada part juga dimana ada bagian yang hening… kemudian klimaks lagi, rame lagi itu bagus banget. Flownya dapet banget gue suka. Asik mengalir santai gitu tapi masih bisa ajeb-ajeb.

Untuk liriknya sendiri, gue nggak merasa ada cerita di dalamnya, kayak Cuma lirik seneng-seneng aja. Tapi kok gue merasa liriknya agak…erotis. oke, mungkin itu hanyalah pikiran gue. Kayak si NCT lagi menikmati masa-masa yang menyenangkan aja.

  • Back 2 U (AM 01:27)

“There isn’t a place for you anymore
It’s already a done deal”

Lagu ini juga mengalir, tapi ajeb-ajebnya lebih sedikit sih. Gue cukup menikmati, GUE SUKA BANGET PARA VOCAL. Luv luv luv. Suaranya… falsetnya… bagus banget. Gue nggak ada protes apa-apa sih sama lagu ini. Enak didengerinnya mengalir.

Lagu ini diawali dengan suara diangkatnya sebuah telpon dan diakhiri dengan suara berakhirnya sambungan telpon. Nyambung banget sama liriknya,  jadi kalau gue menjelaskan cerita dalam lagu ini seperti ini. Jadi si NCT ini kebangun dari tidur karena sebuah telpon dari seseorang (anggep aja cewek ya) kemudian diangkatlah telpon tersebut, dan dia mendengar si cewek nangis. Si NCT ini selalu kalau denger cewek itu nangis, dia (NCT) kemudian tersentuh dan akhirnya jatuh lagi. Gue nggak tau jatuh di sini antara jatuh cinta lagi atau jatuh yang drop yang gimana ya jelasinnya. Wkwkkwk. Dan akhirnya si NCT bilang kalau dia udah bertekad nggak mau balik lagi ke cewek itu bagaimanapun. Dan akhirnya si NCT ketiduran dan kebangun lagi sama alarm terus diakhiri dengan putusnya sambungan telpon. Gue suka banget ketika ada nada dering itu dihubungan dengan gimana dia bangun dan bangun lagi.

  • 롤러코스터 (Heartbreaker)

“The more I know it
The more I don’t understand you”

Instrumen ini ada di teasernya Yuta dan itu bagus banget waktu part apasih yang semacam ‘jktk AH’ entahlah tapi semacam itu. Tapi gue cari-cari kok nggak menemukan part itu. Wkkwkkkwk kalau ada yang tau, bisa komen di bawah menit ke berapa ya. Hhahaha. Gue suka sama instrumennya, banget. Nggak nyangka kalau vocalnya seperti itu. Enak juga sih, Cuma jadinya kurang ajeb-ajeb tapi enak enak aja sih.

Untuk liriknya, ceritanya si NCT lagi suka banget sama seseorang, otomatis dong ketika kita suka sama seseorang kita pasti kepo banget sama dia, jadi ceritanya NCT ini ‘belajar’ memahami doi, tapi kok ya semakin dipahami, semakin bikin gapaham. Bener-bener membingungkan sampai jadi heartbreaker, tapi bagaimanapun heart nya si NCT di break-in (?) tapi gapapa-gapapa si NCTnya. Namanya orang suka ya. Semua diterima.

  • Baby Don`t Like It (나쁜 )

“When I’m with you,
danger seems like a good thing”

Ketika pertama mendengarkan lagu ini, gue langsung kebayang teasernya Taeil dengan burung-burung terbang yatuhan. Wkkwkwk. Waktu ada teasernya Taeil itu, gue rasa yang bagian kayak kegencet (apasih) yang bagian kayak engsel pintu kurang oli itu gue kira hanya dalam teaser doang biar agak aesthetic (YATUHAN APA APAAN) ternyata di lagunya juga ada. Wkwkwkwkwk.

Tapi sangat disayangkan karena menurut gue lagu ini semacam lagu khusus rap. Kalau misal dibikin performnya, gue kebayangnya Mark sama TY ngerap di depan sedangkan yang lain berdiri berjejer di belakang membentuk sekumpulan paduan suara (yeah).

Jadi ternyata lagu ini emang lagu khusus rap maafkan gue. Karena pertama kali denger, gue nggak ngerasa ini lagu khusus rap. Kalau Mad City kan langsung tuh kerasa banget. Kalau lagu ini menurut gue enggak.

Liriknya ini kayak si NCT jatuh cinta pada seseorang yang berbahaya. Nggak tau kenapa berbahaya tapi yaudah ya namanya udah terlanjur suka, lanjutin aja. DAN LIRIKNYA FIX EROTIS SIH GUE HERAN GIMANA TY SAMA MARK BIKIN LIRIKNYA.

  • Angel

“There is no beautiful expression in the world
That can describe you, You got it”

Track terakhir ini, ketika gue mendengarkan kali pertama, yang keinget tentu teasernya Taeyong karena melekat banget. Lagunya emang cocok banget dengan judulnya, angel. Lagunya juga kayak angel (?).

Untuk liriknya, ini semacam si NCT suka pada pandangan pertama sama seorang cewek. Visualnya cantik kayak angel, pokoknya describe kecantikannya, kekaguman NCT sama dia. Tapi dia juga inget dia gatau dalemnya kayak apa. Apa lo fox berkostum malaikat? NCT takut kalau sampai kayak gitu. Tapi yang pasti, pertama melihat, emang dia fisiknya kayak angel. Lagu ini ada vibe nya paradise di album sebelumnya.

YUHUUUU begitulah review gue tentang lagu dalam album kali ini. Jujur aja sih gue rasa lagu-lagu di album kali ini nggak terlalu hiphap dibandingkan dengan mini album sebelumnya. Kalau abum sebelumnya, titel trek aja serumpik itu. Kalau album kali ini titel treknya perpaduan antara rumpik dan tetep ada penetralnya. Isi tracknya juga sih album kali ini nggak terlalu rumpik. Kalau dibilang lebih suka yang mana, untuk saat ini karena gue lebih dulu mendengarkan album NCT127 daripada Limitless, maka gue lebih suka NCT127. Tapi mungkin seiring berjalannya waktu, gue akan lebih suka Limitless. Untuk titel treknya tentu gue lebih suka album kali ini. Menangnya album yang dulu daripada yang sekarang adalah adanya Once Again yang gue rasa nggak dipunya NCT di album Limitless. Padahal gue paling suka genre yang semacam Once Again. Ya, emang selera pribadi sih.

Kayaknya itu aja cuap-cuap gue kali ini.maafkan beberapa opini gue yang mungkin salah, atau banyak yang setuju atau bagaimana. Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya! Jangan lupa buka Wattpad gue yaaaaa @iidonghae98

Byeeee

Tinggalkan Balasan

