[Review] Yang Ter-Ter dalam Album “Wings”

Hellow semua… akhirnya pada kambek BTS kali ini gue telah memutuskan untuk nggak review MVnya karena mungkin udah banyak yang review juga dan kalaupun gue review, pasti reviewan gue juga nggak ilmiah-ilmiah banget. Jadi akhirnya gua review beberapa lagu dalam album “Wings” aja. Jadi di album “Wings” ini ada 15 track dari intro sampai interlude. Kok bukan outro? Kok interlude? Lah hayooo kenapa?

Sebelum gue ke lagunya satu-satu, ada beberapa hal yang unik di album BTS kali ini. Pada album BTS kali ini, lagu mereka isinya paling banyak diantara album sebelumnya (atau mini album). Bahkan tracklist “Wings” lebih banyak dari “Dark and Wild” selisih satu lagu!!!.

Berbicara soal pra-kambek (apasih), gue lagi lagi dan lagi dikejutkan oleh keniatan bighit sama BTS. Gue salut banget sama bighit dan sayang bangettt (ciumin bighit). Jadi gue pernah review MV “Fire” di sini dan gue pernah bilang kalau pada saat itu, sebelum MV utama muncul, ada satu MV tambahan yaitu MV “Young Forever” yang datang secara tiba-tiba dan itu membuat gue sayang banget sama bighit. Gue bilang sekali lagi, gue yakin bighit paham betul dengan popularitsanya BTS. Dari sebelum kambek Cuma muncul foto konsep sama video intro dan album perview, semakin berkembang, bighit ngasih bonus dengan MV tambahan young forever pada spesial album “HYYH Young Forever”. Sebelumnya juga sebelum kambek HYYH PT.2 BTS keluarin On Stage: Prologue yang gue anggap masuk sebagai usaha fanservice mereka (?). Setelah itu, Bighit nggak buntu ide. Padahal gue sebagai fans cukup kekuragan ide untuk menerka-nerka kira-kira apa yang bakal dikeluarkan untuk kambek BTS selanjutnya? Kejutan apalagi yang bakal mereka kasih ke kita? Karena sebelumnya kita dikasih kejutan dan video-video tambahan yang bagusnya kebangetan, otomatis dong sebagai fans, kita ngelunjak. Ngelunjak mikir apalagi ya kejutannya? Bighit ngasih apalagi? Apa lebih bagus? Apa nggak ada kejutan?

Ternyata

Jeng jeng

Ternyata

BIGHTIIIIITTTT

LOVE

Kita dikasih Short Film untuk “Wings”. Walaupun gue nggak paham maksud dari video mereka satu-satu, tapi dengan melihat adnya Short Film itu, gue udah menganggap sebagai usaha Bighit untuk ngasih BTS (dan tentunya fansnya) sesuatu yang ples-ples lagi. jadi seenggaknya apa yang mereka kasih ke kita itu nggak semakin menurun, tapi makin naik, makin bagus, makin banyak. Ada perkembangan pada tiap-tiap kejutannya. Kalau menurut gue, tanpa gue menghiraukan makna pada tiap videonya, Short Film ini berisi adegan-adegan per member yang gue nggak tau mereka ngapain, tapi poin utamanya adalah tiap video (untuk tiap member) memiliki judul dan backsong solo track masing-masing member. Mungkin itu bisa jadi sebagai clue. Ya, gue mah Cuma bisa sok tau aja.

Oke mungkin itu aja opening gue kali ini. Gue akan langsung menuju ke tiap-tiap lagu dalam album ini.

  1. Ter-Atas | Intro _ Boy Meets Evil

It was crazy good

I was an idiot addicted to sweetness

Yeah an idiot

I didn’t want to let go of the devil’s hand”

Intro kali ini dinyanyikan oleh J-Hope yuhuuu… setelah giliran Rapmon dan Suga telah habis masanya (?). Video intronya bisa dilihat di bawah ini. Video intro kali ini menampakkan muka Hobi yang sedang dance. Bisa dibilang tumben karena kebanyakan video intro BTS sebelumnya Cuma gambar-gambar yang nggak ada membernya. Mungkin kali ini karena Hobi yang nyanyi, jadi sekalian aja pakai dancenya.

Berbicara masalah lirik dalam lagu ini, ketika gue baca, liriknya cukup menguras otak. Maksudnya liriknya nggak begitu ngeh sih di pikiran gue. Cuma gue cukup nangkep sedikit. Pertama, judulnya ini merupakan lanjutan dari ending MV Fire yang dulu masih menggantung dan penuh tanda tanya besar karena kalimat “Boys Meet What”. Di album kali ini, kita mendapatkan jawaban tentang pertanyaan yang nggak ada tanda tanyanya itu (?) bahwa Boys/BTS sebenernya meets evil. BTS ketemu keburukan. Kalau gue kembali ke review dulu di MV fire, gue sempat bilang kalau makhluk yang mereka salamin itu pengganggu di masa remaja mereka. Ternyata bener, sebenernya mereka bertemu sama keburukan, pengganggu, dan kata lain yang punya arti serupa. Tapi, dalam lirik lagu ini, gue mengutip “This love is another name for the devil. Don’t hold her hand” ada kata Her disitu. Tapi gue nggak tau apakah itu terjemahan biasa aja. Kan kadang kalau inggris bisa her/his dan nggak mungkin ditulis dua-duanya. Tapi karena ini lagu juga tentang cinta, jadi lebih enak kalau objeknya cewek. Jadi di lagu ini seakan-akan Hobi lagi jatuh cinta sama keburukan. Maksudnya kayak kita terlalu menikmati kesenangan sedangkan kesenangan itu sebenernya menimbulkan konsekuensi buat kita nantinya. Semacam itu. Jadi Hobi cinta sama si evil itu tadi. Padahal batinnya udah bilang jangan deket-deket sama dia, jangan pegang tangannya, tapi apa daya, karena keburukan itu emang sejatinya menyenangkan untuk dilakukan maka dari itu endingnya bilang “Too bad but it’s too sweet”.

Untuk lagunya, gue lumayan suka dengan intro kali ini. Walaupun tetep gue nggak akan dengan sengaja muter lagu ini ketika gue lagi pengen mendengarkan lagu. Gue suka lagu ini karena menurut gue bagus aja lagu ini punya “Too bad but it’s too sweet” dengan nada santainya yang menjadi penetral dari rap Hobi yang udah penuh emosi.

  1. Ter-Ajib |피 땀 눈물 (Blood Sweat & Tears)

“Kiss me, it doesn’t matter if it hurts, make it tighter”

Title track kali ini emang mantab banget. ketika gue pertama denger title track BTS, apapun itu, gue pasti akan merasa sangat asing dengan lagunya. Gue akan merasa bahwa lagu itu kurang pas buat BTS. Mungkin karena masih tahap transisi kali ya. Menyocokkan ke kuping juga. Tapi di lagu kali ini, mungkin nggak hanya gue, bahkan gue telah melakukan survey (APA-APAAN) banyak yang bilang kalau lagu BTS kali ini (title track) bukan BTS banget. Gue mau nggak mau membenarkan pernyataan tersebut. Mungkin karena lagu-lagu sebelumnya lumayan serupa dan sejenis. Terakhir kita dikasih Save me yang merepet asoy geboy sejenis Fire ataupun Dope. Sebelumnya, Run gue rasa cukup serupa dengan I NEED U. Sebelumnya lagi, Danger, Boy in Luv, sama No More Dream gue rasa agak serupa. Pas jreng keluar lagu Blood Sweat and Treas, gue pribadi meyakinkan diri. Yakin nih yang gue dengerin lagu BTS? Bukan mikir lagu ini jelek, sama sekali enggak. Cuma masih aneh aja mendengarkan BTS menyanyikan lagu semacam ini. Karena gue adalah fans BTS (apasih) gue seakan dituntut untuk mendengarkan lagunya utamanya title track. Atas kewajiban itu, gue dengerin terus dan ya, semakin banyak kali gue mendengarkan sebuah lagu dengan genre apapun, pasti suka sama lagunya. Dan gue suka sama lagunya. Sebenernya pertama lagu ini rilis, gue nggak terlalu kecewa sama lagunya. Cuma gue heran aja BTS dikasih lagu macem gini. Tapi akhirnya gue cocok-cocok aja sama lagunya bahkan gue suka banget sama lagunyaaa.

Untuk liriknya, gue nggak tau kenapa ketika gue baca lirik inggrisnya, gue merasa lirik Blood Sweat, and Tears ini sangat seksi dan agak…. OKE NGGAK GUE TERUSIN mungkin otak gue aja ya yang kotor kena serangan kambek oppa-oppa. Tapi bener ya, jadi sebenernya gue baru baca terjemahan liriknya waktu mau nulis reviewan ini. Sebelumnya gue Cuma menikmati lagunya dan livenya yang emang ya… seksi. Tapi ketika gue lihat liriknya, ternyata seksi juga. OMG.

Kalau gue interpretasi liriknya sih, kayaknya lagu ini masih agak ada hubungannya dengan si Intro:Boys Meet Evil. Ada satu lirik berbunyi “But your wings are the devil’s. Before your sweetness there is bitter bitter“. Jadi si cewek (gue umpamakan objeknya cewek) yang dibahas di lagu ini itu sebenernya menyakitkan (?). cewek ini sebenernya bisa jadi seorang devil yang ada di lagu intro. Tapi, beda makna lagu ini dengan lagu intro adalah kalau intro lebih ke gimana BTS menyadari keburukan si cewe itu, bahayanya cewek itu tapi tetep enak (?). jadi gimana dong? Semacam itu. Kalau Blood Sweet, and Tears ini sadarnya mereka nggak terlalu ditekankan. Walaupun mereka tau bahayanya, tapi lagu ini lebih mengarah ke enak-enaknya (?). lebih ke BTS udah menyerahkan diri mereka ke si cewek. “udah ambil aja semua jiwa dan raga gue”. BTS udah kebawa enaknya sama si itu cewek.

  1. Ter-Enek |Begin

“I discovered emotions, I became me

So I’m me

Now I’m me“

Jangan salah paham sama “Ter” yang gue pakai pada judul track nomer 3 ini. Dulu, gue pernah baca sekelebat tweet seseorang (yang gue lupa siapa) dia bilang kalau suaranya Jungkook itu manisnya udah kayak susu dicampur sama madu. Bayangin? Susu campur madu apa nggak enek? WKWKWKWK. Dan manisnya suara bebi JK terealisasi pada track ini. Sebenernya suara JK udah manis dan enak banget walaupun nyanyi bareng member BTS lainnya. Tapi kan partnya nggak sebanyak track solo. Dan sekarang kita dikasih solo suaranya Jungkook apakah KALIAN BAHAGIAAAA???? YESSS.

Sebenernya gue kudet sama BTS ketika beberapa hari sebelum BTS kambek. Jadi, gue nggak mengikuti rumor sama sekali. Bahkan gue nggak lihat tracklist yang udah rilis sebelum albumnya rilis. Gue sama sekali nggak ngerti kalau ada solo track di album kali ini (fans macam apa). Akhirnya ketika lagu ini terputar setelah title track, gue nggak ngerasa kalau disini Cuma suaranya Jungkook. Akhirnya karena merasa aneh pada pemutaran pertama, gue puter lagi lagunya dan gue mendapati fakta bahwa lagu ini full suaranya Jungkook. GUE SENENG BANGETS!!! Walaupun genre lagunya bukan fav gue banget BANGET BANGET, tapi bisa didengerin dan enak banget sih. apalagi instrumennya yang apasih ala-ala negara bagian mana itu.

Untuk liriknya, liriknya simpel banget dan sederhana. Gampang untuk dimaknai. Intinya, Jungkook disini curhat dan berterimakasih tentang hyung-hyungnya. Dia bilang kalau hyungnya bisa bentuk emosi dia, dia bisa wangi, dan dunianya nggak kosong lagi. liriknya mengharukan sih buat hyung-hyungnya secara Jungkook kan maknae, jadi romantis aja kalau dia yang nyanyi track semacam ini, dengan lirik seperti itu. HUAAAA.

  1. Ter-emosional | Lie

“Caught in a lie

Find me when I was pure

I can’t be free from this lie

Give me back my smile“

Track keempat kali ini dinyanyikan oleh Chim Chim. YUHUUUU. Kenapa gue bilang teremosional? Karena menurut gue, lagu ini bawaannya emosional gitu. Walaupun nggak terlalu deep atau pun galau, tapi berasanya agak emosional aja entah kenapa. Lagu ini gue bilang enak didengarkan, tapi gaenak kalau dibuat joget. Yagak sih? maksudnya untuk standar joget macem gue yang hanya mengangguk-anggukkan kepala atau ketuk-ketuk jari. Bawaannya lagu ini nggak bisa diajak berjoget karena nggak asoy. Cuma itu tadi, gue bilang emosional. Dari instrumen sampai vocalnya Jimin.

Untuk liriknya. Menurut gue, si Jimin disini terjebak dalam kebohongan. Entah yang bohong ini Jiminnya atau dia dibohongi. Tapi kayaknya lebih ke Jimin yang berbohong. Jadi enak mana terjebak kebohongan apa terjebak nostalgia? (apasih). Jadi Jimin disini terjerat sama kebohongan yang selalu mengejar dia. Jimin udah berusaha lari, tapi tetep kebohongan itu selalu nggak bisa pergi. Jadi seakan akan dalam kehidupan Jimin, dia gak bisa lepas dari yang namanya kebohongan. Mau lari kemanapun tetep dia seakan diharuskan untuk berbohong. Dan dampaknya “I can’t be free from this lie. Give me back my smile“ dia kehilangan senyum tulusnya. Kalau gue sambung-sambungkan ya, gue merasa lagu ini cocok banget buat para idol yang emang dituntut untuk perfek di depan kamera dan para fans. Gue yakin, hebringnya mereka, atau senyumnya mereka di depan kamera belum tentu pure. Yakin para idol itu juga capek. Bisa jadi, apa yang kita lihat di depan kamera sedikit banyak punya sisi kebohongan, yang penting dilihatnya menyenangkan dan menghibur. Agak nyambung kan sama lirik Lie ini? Apa gue aja yang sok nyambung-nyambungin?

  1. Ter-kotor | Stigma
“I’m sorry, I’m sorry,
I’m sorry ma brother
No matter how much I hide it and cover it up, it doesn’t go away
“Are you calling me a sinner?”
What else can I say”

Kenapa gue bilang terkotor? Awalnya gue mau kasih judul terdalam karena suara V yang you know lah. Tapi setelah dipikir lagi, kayaknya mending terkotor karena sesuai dengan judulnya dan liriknya stigma. Lagu Stigma ini merupakan track solo V. YEEEEY…. jujur aja gue nggak terlalu suka banget nget nget (tapi suka) sama lagu ini. Gue suka pas bagian awal yang suara V masih rendah. Ketika masuk bridge ke reff gue jujur aja nggak terlalu suka karena V banyak falset. Gue prefer suara V yang nada rendah menusuk jiwa raga. Nggak usah dipaksain nada-nada tinggi udah bagus banget. contoh aja waktu dia cover Hug Me itu terbaik banget karena suara deepnya V kepakek banget.

Untuk liriknya, gue nggak tau apakah disini nyambung ke HYYH dimana dikisahkan V membunuh ayahnya sehingga dia berlumur darah dan dosa (?). karena di short filmnya V juga menyinggung tentang dia yang membunuh ayahnya itu. Jadi bisa jadi lagu ini ada hubungannya. Lagu ini menceritakan tentang betapa kotornya dia (BELUM MANDI KELESSS). Karena seberapa keras dia menyembunyikan kesalahannya, tetep aja rasa salah itu nggak hilang. Dia ngerasa nyesel, tapi dilain sisi dia sadar kalau semuanya nggak bakal bisa balik seperti kaca yang udah pecah hancur berkeping-keping (asikkk). Dia sadar akan kesalahnnya sehingga dia meminta maaf pada brother sama sisternya. Kalau hubungannya sama MV, dia mungkin nggak minta maaf sama mamanya karena disitu dia niatnya menyelamatkan mamanya. Bisa jadi kalau mamanya nggak diselamatkan malah mamanya yang berada dalam keadaan bahaya. Jadi dia minta maafnya ke saudaranya aja. Dan secara kebetulan, di dunia nyata (?), bukan di MV I NEED U original ver (wkwkwwk) V punya satu lil bro sama satu lil sis. Wah? Apa lagu ini berdasarkan kisah nyatanya atau kisah script HYYH???

  1. Ter-FF | First Love

“In a corner of my memory

There’s a brown piano

A corner of my childhood home

There’s a brown piano”

Kenapa gue bilang lagu ini ter FF? Oke nanti gue akan jelaskan. Jadi ketika pernama mendengarkan track solo Suga ini, gue memang langsung mikir bahwa lagu ini seakan bercerita. Dari intonasinya Suga juga seakan dia menceritakan sesuatu. Walaupun banyak banget lagu yang emang menceritakan sesuatu, tapi nggak tau kenapa ketika mendengarkan lagu ini, ceritanya berasa banget walaupun sebelumnya gue nggak ngerti artinya apa. Tapi berasa banget kalau lagi di dongengin. Dengan instrumen yang menurut gue cocok banget dibuat backsong. Kayak background music di sinetron-sinetron. Jatuhnya lagu ini kayak suatu monolog. Dan itu bukan berarti jelak, tapi bagi gue itu BAGUS BANGET!!! bener-bener bagus dan ini baru di kuping gue. Nggak tau kenapa berasa banget di lagu ini. Tapi ketika pertama mendengarkan lagu ini, gue kerasa juga kayak lagi mendengarkan intronya  HYYH PT.2, “Never Mind”.

Berbicara soal liriknya, ternyata emang bener, liriknya berupa cerita banget. DAN YANG GUE SUKA DARI LIRIKNYA ADALAH… INI FF BANGET! serius! jadi ketika gue belum tahu liriknya, gue Cuma “oh oke, cerita banget” terus udah. Ketika gue mengetahui liriknya, gue bener-bener takjub karena gue gak nyengka kalau liriknya menceritakan sebuah piano dengan judul “First Love”. Jadi ceritanya adalah cinta pertamanya Suga adalah sebuah piano coklat di sudut rumahnya. KAN FF BANGET!. Tapi gue nggak terlalu terkejut dengan si piano ini karena sejak awal si piano telah disinggung di lirik awal-awal. Jadi gue yakin kebawahnya juga pasti cerita piano. Kalau gue bikin lebih FF lagi sih harusnya di awal nggak dijelasin objeknya, bahwa cinta pertamnya adalah sebuah piano di awal. Baru endingnya, seperti lirik yang gue kutip di atas

“In a corner of my memory

There’s a brown piano

A corner of my childhood home

There’s a brown piano”

Pasti bawaannya lebih BOOM. Semua akan bertanya “JADI CINTA PERTAMANYA PIANO?” “JADI YANG DICERITAIN DARI TADI PIANO?” (kepslok gue jebol). Tapi itu hanyalah hayal gue. Mungkin bisa buat bahan FF. Tapi beneran lirik dan penyampaian lagunya itu dapet banget.

  1. Ter-galau | Reflection

“I know Every life’s a movie

We got different start and stories

We got different nights and mornings

Our scenariot ain’t just boring”

Solo track Rapmon kali ini berjudul Reflection yang artinya bayangan/cerminan. Kalau mendengar lagunya, lagunya nggak terlalu ngoyo banget seperti rapnya Rapmon biasanya. Lagunya nyantai banget dan berasa santai aja. Mengalir banget. instrumennya juga mengalir banget. pokoknya track kali ini serba mengalir damai.

Kalau gue melihat artinya, ARTINYA BAGUS! Jadi diceritakan disitu Rapmon mikir kalau kehidupan itu punya banyak banget kisah menarik. Sehingga dia pengen menjalankan kehidupannya dengan baik. Tapi lagi-lagi dia mikir, hidup dia selama ini tuh nggak semembahagiakan orang-orang. Kehidupan dia selama ini nggak semenarik itu. Diceritakan bagaimana kehidupan dia yang membosankan itu, yang bisa gue bilang pengangguran, nggak ada tujuan, dan dia sadar dia benci jadi kayak gitu. Dia pengen juga punya kehidupan  yang menarik. Maka dari itu dia pengen cinta sama dirinya sendiri apa adanya dirinya sendiri dia pengen mencintai itu. Dia pengen mencintai apapun yang dia punya sekarang. Terus endingnya ini yang paling gue suka “I see myself At Ttukseom Island” karena itu menurut gue BOOM banget karena merupakan puncaknya. Jadi di awal, Rapmon Cuma cerita hidup itu giniloh… gituloh… seakan bagian awal itu bercerita tentang apa yang sedang dia pikirkan saat itu. Dan endingnya “dan gue lagi lihat diri gue di pulau ttukseom”. Jadi dari tadi dia merenungi diri dia sendiri. Itu bagus menurut gue. Flow liriknya dapet banget. keren banget pokoknya.

  1. Ter-Haru | MAMA

“What is so high above the ground

What is so wide beneath the sky

Only one, mother’s hand is a healing hand

You are my only placebo forever”

Lagu ini asik banget dari instrumenya super asik banget dan menurut gue unik. Gimana ya, deskripsinya, unik banget pokoknya dengan suara terompet dan suara macem kartun kartun lucu aja didengernya.

Kalau untuk artinya, artinya tentang ungkapan Hobi ke mamanya. Mamanya dia dulunya gimana, terus sekarang gimana. Sekarang Hobi udah merasa bisa banggain mamanya dengan suksesnya dia sekarang. Lagu ini merupakan ungkapan sayang hobi ke mamanya deh. Bagus banget. tapi karena liriknya semacam itu, tapi lagunya semacam itu gue agak gimana gitu ya. Tapi bagus-bagus aja Cuma gak nyangka aja dengan lagu seceria itu, liriknya bisa semengharukan itu dan cukup deep.

  1. Ter-Galau | Awake

“Maybe I, I can’t touch the sky

But I want to stretch my arm

I want to run just a little bit”

Gue pernah berpikir kalau suara Jin itu agak mirip sama V dalam arti keduanya paling bagus kalau nggak perlu teriak. Tipe suara yang bisik-bisik aja udah menusuk sampai tembus bagian bumi lain. Dan lagu ini menurut gue COCOK BANGET sama Jin dari awal sampai akhir. GUE SUKA!!! Suara Jin kepakek banget disini. Walaupun ada nada yang cukup tinggi di reff. Tapi masih dalam jangkauan Jin dan itu pas bagi gue. Bagus banget pokoknya cocok banget.

Kalau untuk artinya, jadi ceritanya disini Jin adalah seorang pejuang (?). jadi dalam kehidupan tentunya kita pengen banget nggak stuck pada satu tempat. Kita pasti pengen banget untuk maju tumbuh dan berkembang. Tapi, kadang kita ngerasa kita nggak berkembang-berkembang. Jadi ceritanya Jin sedang dalam keadaan seperti itu dalam lagu ini. Jadi kadang dia juga ngerasa kalau semua ini udah takdir dia buat sampai segini aja. Tapi tetep dia pengen bangun, dia pengen berkembang. Walaupun dia nggak bisa nyentuh langit, tapi senggaknya dia udah regangin tangannya buat menggayuh si langit. INI BAGUS BANGET GUE SUKA. Tapi kalau maknanya seperti itu, menurut gue bayangan gue (kalau gue nggak tau lagunya kayak gimana dan hanya mengetahui lirikya), ekspektasi gue lagunya nggak bakal segalau ini.

  1. Ter-Sesat | Lost

“I didn’t know there were this many paths

Paths I can’t go and paths I can’t take

I never felt this way before

Am I becoming an adult?”

Lagu ini, katanya adalah lagu yang khusus untuk member vocal. Jadi biasanya, intro dikasih rap permember, outro kita dikasih khusus vocal. Sedangkan sekarang intro permember, nggak ada outro, dan track vocal line digiring ke sini, track ke 7 dengan judul “Lost”. Lagu ini bener-bener cocok banget dengan kuping gue. Lagunya beneran super asik banget. pokoknya asik banget GUE SUKAAA.

Selain itu, gue juga suka sama liriknya. Ketika gue pertama mendengar lagunya, lirik yang gue tahu hanya “Lost my way”, “found my way” karena lirik inggrisnya itu aja. Jadi gue nggak ada bayangan sama sekali tentang liriknya ketika gue mendengar lagunya. Ketika gue baca liriknya, karena gue nggak ada pandangan apapun, gue melihat baris pertama, kedua, dan seterusnya, gue merasa “ah, masa ada lagu cerita dia tersesat?” apa-apaan coba? Jadi akhirnya gue meneruskan membaca liriknya, masih di bait pertama, gue mendapati kalimat yang membuat gue mendapat pencerahan yang sangat cerah terang gemilang. “I never felt this way before. Am I becoming an adult?” DEMI APA INI BAGUS BANGET!!! jadi akhirnya mereka melibatkan kedewasaan ini. GUE TAKJUB! INI BENERAN BAGUS! Jadi ceritanya BTS ini sedang bingung banget karena dia merasa lagi plonga plongo di suatu tempat. Dia merasa bahwa dia kehilangan jalan yang biasa dia lewatin. Dia merasa saat ini, jalan mereka percabangannya makin banyak, sehingga mereka bingung menentukan pilihan jalan mana yang baik dan bisa mereka pilih untuk kembali pulang. Ibaratnya mereka iri sama segerombolan semut yang kalau pulang mereka baris dan selalu dengan satu jalan. Dengan banyaknya jalan itu, BTS merasa kalau mungkin mereka masuk ke dunia dewasanya mereka. Dengan menginjak ke ranah yang lebih tinggi (?) alias kedewasaan, tentunya mereka dituntut untuk memilih satu jalan dari banyaknya jalan dan pilihan hidup yang mau diambil. Akhirnya, mereka mengambil satu jalan dan akhirnya mereka bilang “I want to believe in my path”.

  1. Ter-Songong | Cypher PT.4

“I don’t know you

BUT YOU KNOW MY NAME”

I sew stitch by stitch

If I can’t do it, I tie it up

Now I can’t, it’s impossible

To pronounce “I give up”

Seperti Cypher-cypher pada umumnya, lagunya isi rap semuanya. Kalau dibandingkan dengan cypher PT.3 gu lebih suka instrmennya PT.3. tapi tetep cypher selalu asek banget.

Untuk liriknya, lagi lagi dan LAGI selalu songong mele. Dan ditujukan kepada haters mereka tercinta. Gue waktu denger lagunya aja tanpa baca liriknya gue nggak merasakan apapun mengenai liriknya. Gue hanya menikmati lagunya dengan mengangguk-angguk seirama (ada apa dengan rima gue). Tapi ketika gue baca liriknya… ANJAY gue tereak tereak takjub. Baca dikit “WUUUUH” baca dikit lagi “BOOOOM” baca dikit lagi “Tepuk-tepuk” sesongong itu sampai membuat gue cukup takjub. Kalau rap ini bahasa indo atau inggris kayaknya gue nggak berhenti teriak ketika mendengar liriknya. Contoh aja yang fav gue yang udah gue kutip diatas dan kalimat

“I’m so high, who you looking at

It’s too tall for you even if you get help from someone

There’s a huge gap and you can’t ever see”

BOOM PARAH, KAN?

  1. Ter-Asoy | Am I Wrong?

“Have ears but don’t listen

Have eyes but don’t see

Fish live in all our hearts

Its name is SELFISH SELFISH”

Lagu ini beneran asoy banget. apalagi dengan live perform mereka yang keren. Pokoknya gue suka sama lagu ini (dari tadi semua lagu kayaknya suka deh WKWKWK).

Langsung aja untuk liriknya (karena gue udah nulis panjang banget). jadi lirik lagu ini maksudnya adalah BTS merasa ada yang salah sama dunia ini. Dunia ini makin gila. Karena banyak banget orang yang selfish yang Cuma peduli sama diri mereka sendiri alias egois. Dewasa ini banyak banget orang yang nggak peduli dengan “ada apa sih dengan dunia sekarang?” “siapa aja yang benci sama gue?” dan lain sebegainya. Lah disini BTS melaukan penyindiran dengan orang-orang tersebut. Orang yang punya mata tapi nggak ngelihat, punya telinga tapi nggak dengerin. Pokoknya yang super selfish. Dan kalimat tanya “Am I Wrong?” disini menyatakan kalau si BTS ngomong kayak gitu itu seakan bilang “gue nggak salah kan ngomong gini?” “emang kenyataannya gini, kan?” seperti itu.

  1. Ter-Hebring | 21세기 소녀 (21st Century Girl)

“You worth it you perfect

Deserve it just work it

You look elegant, elegant

Also you’re pretty, pretty”

Lagu ini nggak kalah asik bahkan yang paling cocok buat joget random. Apalagi ada live performnya dengan joget yang oke juga. Tambah bagus banget. porsi rap dan vocalnya menurut gue pas dalam lagu ini walaupun emang nggak imbang tapi kata gue pas pas aja sih.

Untuk liriknya ini nggak terlalu berat banget. pokoknya si BTS ini muji muji gadis di abat 21 yang cantik lah yang you’re mine lah dll dll yagitu pokoknya.

  1. Ter-Sentuh | 둘! 셋! (그래도 좋은 날이 더 많기를) (Two! Three! (Hoping For More Good Days))

“Erase all sad memories hold my hand and smile”

Lagu ini katanya adalah lagu buat para fans. YAY! Jadi gue suka sama lagu ini karena beatnya mengalir banget setelah digoyang sama “21st Century Girl”. Tapi lagu ini walaupun terdengar manis, tapi manisnya beda kayak lagu manis BTS biasanya. Menurut gue lagu manis BTS biasanya (Miss Right, Good Day, 24/7 Heaven, dll) mereka punya aura senja yang cerah. Kayak lagi jalan erdua sama Jungkook di antai. Atau makan es krim sambil duduk-duduk di jembatan. Auranya bahagia banget. tapi kalau lagu ini, berasanya bahagia, tapi agak galau. Semacem tiba-tiba nemu foto lama yang cukup penting kemudian rasanya seneng tapi galaunya itu foto sama mantan (YAHHH) semacam itulah pokoknya yang gue rasakan dalam lagu ini.

Gue cukup sulit untuk memaknai lagu ini, jujur. Tapi sepenangkap gue, lagu ini lumayan jujur bagi BTS sebagai seorang idol. Mereka bilang kalau sebenernya ucapan-ucapan semacam “Let’s only walk on flower trails”, “Let’s only see good things”, “Saying that there will only be good things from now on”, “Saying that you won’t get hurt” sebenernya BTS cukup susah mengatakan hal semacam itu. Maksudnya, IRL mereka tentu nggak bisa selamanya gitu loh apalagi kehidupan idol juga suatu saat berhenti seperti dalam lirik “Soon you’ll cease to exist”. Mereka sadar mereka idol, sikap mereka diamati, tapi mereka juga manusia biasa yang nggak punya kekuatan super (?). Kapan hari, pasti mereka bisa punya salah. Kehidupan idol juga nggak bisa selamanya. Mereka sadar itu. Tapi untuk saat ini, mereka menikmati apa yang ada, para fans, tepuk tangannya. Jadi sekarang ini seakan dijalani aja. Percaya sama BTS dan jadi fans yang baik. Jadi fans mereka dan nggausah inget kenangan yang buruk. Dengan jadi fans BTS, kita diharapkan bisa tersenyum, punya hari-hari yang lebih baik dan b erwarna lagi. YUHUUU. Semacam itu kalau kata gue.

  1. Ter-Indah | Interlude: Wings

I went down a path people told me not to
I did things people told me not to
I wanted things I should not want”

Gue merasa aneh dengan interlude kali ini, karena sebelumnya, interlude di album BTS hanya berupa potongan kecil instrumen bahkan tanpa suara manusia. Beda banget sama kali ini yang berupa lagu full dengan durasi panjang. Tapi nggakpapa deh terserah Bighit. Lagunya ceria dan membawa kebahagiaan banget berasanya. Gue suka banget auranya bahagia jingkrak-jingkrak gitu. Kayak pas banget dibuat encore konser yang membahagiakan dan penuh konfetti

Untuk liriknya, gue suka banget. jadi lagu ini menceritakan sebuah sayap (?) dia yang dia punya dari kecil yang awalnya Cuma bulu doang sekarang tumbuh jadi sebuah sayap dan bisa bikin BTS terbang tinggi. Disitu juga ada lirik begini “I don’t want to be successful

Doing something I don’t want to do

I push myself” kalau menurut gue, lirik ini menunjukkan kalau sebenarnya buan berarti BTS nggak pengen sukses. Tapi, mereka pengen sukses dengan jalan mereka sendiri. Mereka pengen sukses dengan jalan melakukan hal-hal yang bener-bner mereka suka tanpa paksaan dan tekanan. Intinya lagu ini mereka mau terbang sukses dengan jalan mereka.

***

Akhirnya brooo. Gue selesai juga membahas per lagunya. Oke gue akan memuat ebberapa simpulan dari bagitu banyak pemaparan gue di atas. Jadi, kalau melihat dari pola susunan tracknya emang beda dari album sebelumnya. Gue nggak tahu perubahan susunan track ini mempunyai maksud dan tujuan lain atau gimana, cuman kalau melihat untuk saat ini aja kayaknya itu agak aneh aja. Karena susunan track terdahulu itu menurut gue udah menjadi ciri khas dari album BTS gituloh. Susunan track maksud gue di sini adalah misal tidak adanya outro. Lah itu menurut gue merubah susunan yang biasanya ada. Gitu. Cuma kalau ada tujuan lain ya gue nggak tau juga. Kemudian juga disini nggak ada skitnya.

Kemudian ada lagi tentang genre favorit gue di album BTS KALI INI NGGAK ADA! Jujur gue suka banget lagu BTS yang manis manis seperti yang udah gue singgung di atas. Misal 24/7 Heaven di album Drak and Wild, Coffe di album O!RUL8 2?, Coverse High di HYYH 1, Whalien 52 di HYYH 2, Miss Right di SLA Special Addition, I Like it PT.2 di Wake Up, dan lain sebagainya. pasti udah bisa nangkep kan genre yang gue suka. Lah di album kali ini nggak ada… SEDIH BANGET!!!

Overall gue suka sama semua lagu di album “Wings”. Tracknya bagus-bagus. Dan ide track solonya sangat brilian karena bisa buat survey juga siapa member BTS yang mau solo duluan (solo beneran ya bukan mixtape hehe).

Oke itu aja yang bisa gue bahas kali ini. Mungkin ada salah kata maafkan. Mungkin ada pembahasan yang nggak nyambung dan penuh opini, maafkan.

Akhir kata

Wassalamualaikum wr. Wb.

BYE~~~

Sampai ketemu di postingan gue selanjutnya!

Iklan

One thought on “[Review] Yang Ter-Ter dalam Album “Wings”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s