[Cuap Cuap] Mengapresiasi Day6

Hello fellas

(jiah)

Hello semuanya, gue kembali mucul di blog ini karena mumpung masih dalam suasana liburan, ramadhan udah mau abis, udah mau lebaran aja, gue berusaha untuk produktif baik itu nulis, baca, nonton, ataupun gambar (ini produktif versi gue). Akhirnya gue memutuskan untuk nulis lagi dengan jarak yang cukup dekat dengan postingan terakhir gue yang ngereview traclist di album LY: Tear. Kali ini, untuk ke sekian kalinya, gue mau bahas grup lain sesuai dengan judul postingan ini. Mungkin yang paling sering gue bahas di grup ini tentunya BTS dan juga NCT. Selebihnya, gue juga pernah bahas beberapa grup lain seperti Monsta X, Seventeen, bahkan PD101 (acaranya). Kali ini, gue tiba-tiba kepikiran untuk menuliskan Day6 di blog gue karena jujur aja, selain BTS dan NCT, bisa dibilang grup yang juga gue suka adalah Day6 walaupun ngga apdet-apdet banget (padahal yang lain juga suka wkwk). Gue suka sama karya mereka, suara mereka, semuanya. Maka dari itu gue membuat postingan ini untuk mengapresiasi (ahmasa) karya-karya dari Day6.

Berbeda dengan gue nulis beberapa grup lain, gue biasanya nulis 1st Impression atau ngereview traclistnya tapi karena gue tau Day6 dari lama, dan mereka lagi nggak ada comeback mungkin gue akan menulis apa aja yang ada di otak gue tentang Day6. Entah dari membernya, dari musiknya, dan lain sebagainya. Jadi tulisan ini siap-siap aja bakal random banget.

Pertama Kali Kenal

Mungkin hal pertama yang ingin gue ceritakan adalah bagaimana gue bisa mengenal Day6. Jadi, gue biasanya kalau ada Rookie baru apalagi Rookie dari perusahaan yang gede, gue selalu mencoba apdet. Paling enggak, gue tau siapa membernya atau title track untuk debutnya. Saat itu, kalau dipikir-pikir lagi, kalau suka sama perusahaan (hah) gue paling suka sama SM karena nggak tau kenapa, setiap artisnya kambek atau ada yang debut, gue merasa harus tau mereka. Kalau JYP, gue nggak ngeh banget. Kecuali mungkin sama grup-grup mereka yang udah punya nama besar.

Gue udah tau kemunclan mereka pertama kali adalah lewat Win: Who is Next sebagai 5Live, cuman setelah gue tahu, gue kayak yang “Oh, 5Live” terus yaudah. Akhirnya ketika Day6 debut, gue juga nggak terlalu naruh banyak perhatian ke mereka. Apalagi saat itu gue masih Got7 banget kan kalau dari JYP. Gue udah keburu fokus aja sama Got7. Lagu debut mereka yang Congratulations, tentunya nggak terlewat dari kuping gue. Jujur gue saat itu SUKA BANGET sama lagu itu. Cuman yaudah, gue suka banget sama lagunya, dan gaada kelanjutan untuk gue mengetahui siapa aja membernya, ada berapa orang, atau siapa yang pegang instrumen apa, gue kayak bodo amat saat itu. Ketika mereka kambek lagi dengan Letting Go pun demikian. Baru waktu itu, waktu jamannya ask.fm lagi digandrungi banyak orang gue stalk salah satu ask.fm punya seorang JYP stan, kalau nggak salah inget sih ini, saat itu dia kaya couple-couple-in anak JYP terus gue menemukan sebuah nama disitu eh gue cari-cari ternyata member Day6. Terus gue saat itu kayak ditampar yang “eh iya kan Day6 anak JYP” terus dari situlah gue mulai cari tahu tentang mereka. Bisa dibilang gue telat banget nyari tahunya, gue lebih dulu suka sama lagu-lagu mereka daripada gue kenal sama orangnya. Bodo banget gasih WKWK.

Vocal member

Sebenernya gue nggak menutup diri dengan kpop. Apakah itu duo, apakah itu solo, boy/girl band, grup vocal, atau grup band. Band yang gue nikmati karya-karyanya seperti yang senior dan terkenal kayak FT Island, CN Blue, untuk yang generasi sekarang ada Day6, N. Flying, Honeyst, dan yang gue suka juga The Rose. Awalnya, karena saat melihat MV Congratulation gue melihat beberapa orang bernyanyi, gue kira ada banyak backing vocal. Kan biasanya kalau pertama kenal grup mesti gabisa bedain ini siapa dan itu siapa, gue kira vocalistnya paling satu dan yang lain backing vocal. Gue pikir gila apa kalau semuanya vocal. Makin kesini makin ke kambek selanjutnya, gue menyadari bahwa semuanya main vocal. GILA. Itu adalah hal yang sangat keren yang dimiliki oleh sebuah grup band. Semuanya vocalist. Kalau dulu ada 5/6 sekarang 4/5 itu terhitung banyak banget.

Ngomongin soal vocal para membernya, masing-masing member punya suara khas mereka dan warna suara mereka berbeda-beda. Gue mau bahas satu-satu sih walaupun penuh dengan opini gue dan gak berdasar sama sekali (maafin).

Yang pertama yaitu suaranya Jae. Menurut gue suaranya Jae adalah tipikal suara yang empuk dan dia kalau nyanyi suka dikasih apa ya gue bilang… desahan gimana gitu, jadi di kuping kedengerannya empuk banget. Apalagi kalau dia nyanyi lagu-lagu yang nadanya ga terlalu tinggi dan ga terlalu rendah. Empuk dan merdu sekali.

Yang kedua suara Sungjin. Gue bilang, suara Sungjin adalah suara yang paling cocok untuk suara grup band. Rock nya dapet. Tipikal suara-suara ngegas yang tetap merdu sampek urat lehernya keluar (apaandah). Serak-seraknya Sungjin kalau udah mencapai nada tinggi itu loh yang spesial dan buat suara dia makin unik dan makin cocok dengan suara grup band.

Yang ketiga yaitu suaranya Wonpil. Suara Wonpil ini suara yang menurut gue paing khas diantara semuanya. Suara yang enteng banget di nada tinggi (halah) tapi agak susah kalau udah kerendahan. Suara dia paling mendayu-dayu dan menurut gue suara yang kebalikannya Sungjin. Kalau Sungjin ngegas, Wonpil ngerem (?). tapi dia suaranya yang paling khas sih.

Yang keempat suaranya Brian a.k.a. Young K. GUE PALING SUKA SUARA DIA. Sebenernya gue suka semua suara Day6, setiap vocal masing-masing member pasti ada saatnya bisa menggetarkan hati gue (apaansi). Tapi suaranya Brian ini yang paling fit sama semua lagu dan semua genre. Apalagi dia bisa banget nyampe nada yang tinggi dan juga rendah. Gue suka banget suara dia bisa fit sama semua lagu. Mau lagu yang ngegas ataupun lagu yang mellow. Terbaiq mylov.

Yang terakhir suaranya Dowoon. Emang bukan keputusan yang salah kalau Dowoon emang lebih baik gebukin drumnya aja hehe (walaupun kadang jadi backing vocal). Tapi gue bilang, dia paling ganteng diantara semuanya, jadi walaupun dia ga nyanyi (yang otomatis screentime nya dikit kalau live) dan juga yang biasanya di belakang karena drummer, tapi gapapa, karena dia ganteng auranya udah di depan sejajar sama member yang lain dan gabutuh screentime banyak-banyak wkwkwk.

Tapi dari keselurhan, dari 4 orang itu menurut gue semuanya main vocal gaada yang backing atau Cuma pelengkap aja. Semuanya dapat part yang vital dan ini sangat amat oke banget untuk sebuah band yang punya banyak vocalis. Ibaratnya nih, kalau mereka separate ngga di Day6, gue yakin mereka bisa menjadi seorang solois atau vocalist yang okepunya.

Lagu-Lagu Menyayat

Ngomongin lagunya Day6, gue ngerasa lagu-lagu mereka kebanyakan mirip satu sama lain. Kadang kalau gue random nebak lagu, gue dikasih part awal misalnya, gue bisa saja tiba-tiba nyanyiin reff nya tapi dari lagu yang lain. Atau kalau gue nebak kuis-kuis ala-ala Youtube yang nebak 1 detik pertama, gue butuh mikir sangat amat panjang dan akhirnya menyerah kalau nebak lagunya Day6. Lagu-lagu yang mirip ini susah sih, jatunya khas atau malah monoton. Tapi sejauh gue mendengarkan lagu-lagu milik day6 gue nggak ngerasa bosan dan enak-enak aja untuk didengar walaupun mirip satu sama lain.

Gue adalah penikmat lagu Day6 banget. Lagu Day6 sering kali gue dengarkan random ketika gue jalan berangkat atau pulang kuliah. Ketika nggak ada lagu yang minat untuk gue dengarkan, atau lagi nggak ada yang kambek, gue selalu muter lagu-lagunya Day6. Kalau misalnya gue diajakin karokean sama lagu-lagu Day6 dari jaman Daydream, The Day, Sunrise, dan Moonrise (gue gak apdet lagu Jepang mereka btw) mungkin gue bisa mengikuti lagu-lagu mereka.

Lagu-lagu yang paling khas dari Day6 menurut gue adalah lagu galau mereka yang dapet banget. Menurut gue, ketika gue mendengarkan lagu-lagu galau mereka, emosinya tuh dapet banget. Galaunya dapet banget. Apalagi title track milik Day6 yang nggak pernah salah pilih. Gue nggak begitu tau semua makna dari lagu-lagunya, tapi gue punya Top3 lagu Day6 yang sangat fav banget dan gue nggak pernah bosen mendengarkannya. 3 lagu itu adalah You were Beautiful, Congratulation, sama Letting Go. Kalau ada Top 5 mungkin I Smile dan I Like You bisa masuk. Saking sukanya gue sama tiga lagu itu, gue berharap kalau itu lagu selalu masuk ke dalam semua album Day6 (WKWK). Kemudian Top 3 lagu Day6 yang well packaged dari MV, makna, sampai lagunya sendiri gue ada You were Beautiful, Congratulation, dan I Smile. Gue mau ulas satu-satu dari ketiga lagu itu. Seperti biasa penuh opini dan nggak ada teori ilmiahnya sama sekali.

  1. You were Beautiful

Lagu pertama yang akan gue bahas adalah lagu You were Beautiful. Dari judulnya aja udah menimbulkan sejuta interpretasi ‘kenapa were? Kenapa nggak are?’ dan lain sebagainya. Gue suka banget lagu ini dan beberapa lagu Day6 lainnya, karena setiap reff rata-rata vocalnya ngegas banget. Kayak di lagu ini ketika part “Yeposoooooooo….” disitu waktu nyanyi, rasanya pengen teriak sekenceng mungkin untuk meluapkan perasaan kita (asek). Nggak hanya lagu ini, banyak lagu Day6 yang reff nya ngegas dan kalau kita ikut tereak bikin plong rasanya.

Selain itu, karena gue bilang lagu ini well packaged dari lagu, MV, bahkan lirik gue juga mau bahas itu. Dari liriknya, banyak yang bilang kalau lagu ini menceritakan tentang seorang cowok, sebut saja Day6 yang gagal muvon dan selalu keinget mantannya. Tapi jujur aja menurut gue, bukan itu poin utamanya. Gue nggak nangkep lirik yang bilang kalau dia gagal muvon. Dan bahkan di lirik itu dia bilang dia gamau kembali seperti dulu “What i’m saying right now Doesn’t mean that we’re starting up again. I’m just bringing back the remaining memories of you” dan emang kita udah nggak ada apa-apa lagi “There were a lot of times I thought that but baby i know its already over” maka gue rasa disitu Day6 udah nggak terlalu ada ambisi untuk memiliki si cewek lagi. Walaupun masi ada pikiran untuk menghubungi si mantan ini. Gue juga nggak bisa bilang kalau Day6 disini udah sepenuhnya muvon. Cuman menurut gue, yang diceritakan dalam lagu ini adalah ketika secara tiba-tiba lo keinget mantan dan lo merasa yang oh, saat itu dia cantik banget ya “Your eyes that looked at me” atau “your voice that called out me” gue ngerasa disitu si Day6 ya Cuma sekadar keinget, bukan yang gagal muvon banget. Karena interpretasi gue demikian, maka kekerenan dari lagu ini makin nambah (apaansi). Gue suka banget ketika ada cerita ataupun bahkan diri gue sendiri ketika keinget masa lalu dan kayak yaudah keinget aja. Masa bahagia di masa lalu yang nggak akan keulang atau udah berubah di masa depan, kita nggak bisa memungkiri bahwa hal itu emang indah, pada watu itu aja. Dan bagaimana Day6 menghargai kenangan dia tentang si cewek adalah poin sederhana yang sangat gue suka.

Dan, teori ngaco gue ini juga didukung dengan MV yang gue rasa sederhana banget tapi bagusnya juga kebangetan. Di MVnya, diceritakan bahwa si cewek tiba-tiba dapet email (atau apapun itu) dari si cowok, ternyata isinya adalah video si cewek ketika masih sama Day6. Dan disitu, Cuma berjalan di satu setting aja, tapi flashbacknya sejuta. Gue suka banget sama cerita yang kayak gini, gue juga cukup sering nulis cerita yang settingnya satu, tapi kenangannya banyak. Dan akhirnya di akhir MV, ceweknya senyum. Dan itu bagus banget menurut gue. Kayak sesederhana itu gituloh. Dan gue ngelihatnya di MV kan si cewek kayak udah kerja dan terlihat matang gitu ya, jadinya gue mikirnya ini setting yang udah jauh (waktunya) dari MV Congratulations (iya, ini MV lanjutannya Congrats). Jadi kalau gue mikir si cowok gabisa muvon, itu kasian banget sih soalnya udah selama itu dan lo belum bisa muvon? Gatega gue mikirnya. Jadi gue anggap si cowok keinget sama ceweknya, dan nggak menepis bahwa si cewek saat itu emang secantik itu di mata dia, walaupun udah diselingkuhin di MV Congratulations, tapi ya emang lo cantik waktu itu (halah). Jadi intinya gue suka banget caranya Day6 menghargai kenangan dia sama ceweknya. Itusih. Iya, awalnya gue berharap di akhir MV ada adegan dimana ceweknya masih nyimpen rasa sama cowoknya, entah ditunjukin dengan apa, eh ternyata enggak ada. Yaudadeh.

  1. Congratulations

Harusnya gue nulis ini dulu ya sebelum You were Beautiful tapi udah terlanjur. Lagu Congrats ini sangat amat enak didengernya. Emosinya dapet banget. Marahnya dapet sih menurut gue. Dan lagu ini juga reff nya juara banget. Dan lagu ini yang memperkenalkan gue pada Day6 dan membuat gue suka sama karya-karya mereka selanjutnya.

Kalau tentang lirik, mungkin udah ketebak dari MV nya, dan disambungin sama judulnya, liriknya menceritakan tentang Day6 yang baru putus sama ceweknya, tapi si ceweknya udah punya cowok lain (sakiiit). Disini sama kayak MV YWB (gue singkat ya, males ngetiknya). MV ini kayak cuman ada satu setting doang di kereta, lalu dia lihat ceweknya romantis-romantisan sama si cowok. Dan begitu dia lihat, sejuta flashback kemudian muncul. Lagunya bercerita tentang Day6 yang secara ironi menyelamati si cewek karena secepet itu dia udah dapet cowok lain ketika Day6 masih mikirin doi. Mereka menyelamati si cewek yang nggak kenapa-napa setelah mereka putus sedangkan Day6 masih kenapa-napa. SEDIH MEN. Ini harusnya setelah Congrats, Yeposo, harusnya ada MV lanjutan sih fix. Atau kalau enggak MV Yeposo versi sudut pandang cowoknya, apakah emang cowoknya belum bisa muvon atau gimana. TOLONG KABULKAN JYP. Gara-gara MV ini juga, gue baper liat modelnya waktu di Train to Busan wkwk.

  1. I Smile

Lagu ini seperti lagu-lagu yang ada di atas, emosinya kerasa banget. Lagu ini menggeser Letting Go karena MV Letting Go sebenernya bagus dan aesthetic, Cuma karena jalan cerita dari I Smile lebih ngena maka gue menempatkan I Smile di urutan nomer tiga. Lagu ini emosinya lebih ke emosi keikhlasan sama kayak Yeposo, sedangkan Congrats emosinya lebih ke marah dan kesel.

Gue suka banget sama lagu ini karena lagi-lagi, maknanya yang sederhana. Seperti judul lagunya, I Smile, lagu ini menceritakan Day6 yang disitu disebutkan bahwa si cowok seakan nggak menyangka bahwa ceweknya bisa “reaching out before I would” mungkin disini lebih ke Muvon duluan kali ya? Atau gimana? Gue nggak terlalu paham (Tapi kalau maknanya demikian, ini mirip kayak Congrats tapi versi kalem dan sabar). Terus si cewek ngajakin si cowoknya ketemuan, kemudian ya dia mengungkapkan kalau dia excited tapi half fear, tapi kangen juga. Dan ketika mereka bertemu, dia cuman bisa senyum walaupun sakit. Dan ini fix si Day6 berharap balik sama ceweknya dari lirik “If I Could be honest. Come back. Right now”. Pokoknya intinya si cowok ini harus selalu Smile ketika ketemu ceweknya like nothing happened.

Kalau dari MV nya, Sungjin juara banget sih ganteng banget dan menjiwai banget sebagai seorang pemeran utama. Di MV nya, si Sungjin mau manggung, eh ada ceweknya deh tuh di depannya, gandeng cowok laen, dia kemudian lemes, dan sejuta flashback bermunculan (?). dan akhirnya ya cuman bisa tersenyum. Mungkin ini jalan cerita tipikal fav gue kelihatan banget ya, yang satu setting, sejuta flashback (gue udah bilang ini ke berapa kali ya). Tapi ini MV juara sih adegannya cuman natap si cewek tapi itu dapet banget. Kalau dibikin songfic, mungkin isinya cuman natap, tapi sejuta deskripsi tentang deg-degannya, sejuta deskripsi tentang flashbacknya, dan sejuta diksi yang membuat pemeran utama makin menyedihkan. Terus endingnya doi Cuma bisa senyum doang ke ceweknya. Tamat. Itu menurut gue bagus deh. Mungkin kapan-kapan gue harusnya bikin songfic dari full albumnya Day6 sabi banget deh kayaknya wkwk.

Mungkin banyak banget MV Day6 yang sebenernya punya lebih panjang jalan cerita atau lebih jelas lah ya alurnya, cuman kenapa nggak masuk Top 3 gue, seperti I Loved You, What Can I Do, atau When You Love Someone. Sebenrnya gue menikmati MV dan lagu mereka yang lain, cuman MV emang ngaruh banget sebagai fasilitator (?) fantasi dari sebuah lagu. Beberapa lagu yang Mvnya nggak gue sebutkan kadang dia punya banyak setting dan banyak tokoh, alur yang banyak pula, gue semakin fokus menebak ini ngapain, sebenernya ini siapa dan lain sebagainya, daripada gue menerjemahkan dan mencari alur sendiri dan menemukan konklusi indah versi gue. Gue lebih suka cerita-cerita yang sederhana. Mungkin juga beberapa lagu Day6 yang memiliki makna lebih menyayat tapi nggak gue sebutkan di atas, ya minta maaf banget karena gamungkin gue review semuanya juga. Mungkin kalau gue ada kesempatan untuk nanti kambeknya Day6 gue pengen bisa review album mereka, cuman kalau ada waktu ya wkwk.

Gue udah mayan bingung mau bahas apalagi, gue gaenak kalau bahas personality mereka karena gue juga nggak intens banget mengikuti beberapa acara mereka jadi nggakenak kalau gue mau nulis. Kalau ngomongin bias atau member favorit di Day6 gue dulu suka sama Dowoon tapi makin kesini Brian gangerti lagi sih, vibe bad boy ganteng belum bisa muvon yang dipancarkan tuh emang paling cocok buat halu tau gasih wkwkwk. Apalagi suaranya bagus, multitalented. Sudahlahya wkwkwk.

Mungkin segini aja tulisan gue dalam mengapresiasi Day6. Tulisan ini gue buat bukan bermaksud apa-apa, hanya pengen nunjukin kalau iniloh ada band yang gue suka yang bagus, jadi mungkin kalau yang baca bukan MyDay bisa banget kepoin mereka. Gue highly recomended sih.

Cukup sekian kayaknya. Gue mau mengucapkan Happy anniv buat BTS yang ke 5 dan juga selamat hari raya idu fitri. Maafin gue mungkin pernah ada salah kata di blog ini atau kalian yang nunggu beberapa cerita gue yang ga gue lanjutin, gue minta maaf banget, tapi di liburan ini gue berusaha seproduktif mungkin kok wkwk.

Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya ya~~~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s