[Cuap Cuap] Pentingnya Memahami sudut pandang dan berpikiran terbuka

Gue yakin tiap tiap manusia pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan (kayak kata ibu guru bio gue waktu SMA). Makin gede kita, makin banyak hal-hal yang kita ngerti dan semakin kita mengerti akan sesuatu, maka makin besar pula lingkaran ketidaktahuan kita (kata rektor gue). Makin kita pengen memahami kehidupan, makin banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang timbul. Makin banyak pula pertanyaan pertanyaan dengan jawaban yang mengambang.

Kali ini gue mau membahas tentang sudut pandang dan berpikiran terbuka. Sepenting apasih menjadi orang yang bisa melihat banyak sudut pandang dan sepenting apasih menjadi orang yang berpikiran terbuka terhadap tindakan, sikap, dan pendapat orang lain?

Sebenernya tulisan gue ini nggak berdasar apa-apa sih, Cuma kayak bersumber dari pemikiran-pemikiran gue ketika gue mendapat masalah atau cobaan. Rasanya ketika ada sesuatu yang secara langsung atau nggak langsung melibatkan gue, rasanya gue mikir banget sebenernya ini tuh gimana sih? Posisi gue salah dimananya sih? Dan berbagai pertanyaan lain yang menimbulkan hipotesis yang akhirnya hanya bisa gue pikirkan solusinya dengan berdiskusi dengan temen temen yang gue percaya. Kadang juga sebelumnya gue mendiskusikan dengan diri gue sendiri sampai larut malam bahkan pagi lagi.

Baca selebihnya »