[Cuap Cuap] Ngomongin NCT Dream

Postingan ini gue cicil. Sudah gue tulis dari jaman bahela tapi masih sempet ngebut lanjutin dan posting sekarang.

Selamat malam semuanyaaa… lama gue nggak nongol di blog ini dan beberapa postingan hanya diisi dengan FF serial baru gue yaitu LOKASI. Maafkan karena blog gue semakin kesini semakn monoton HUHUHU~~~ semuanya emang nggak sengaja.

Gue sebenernya beberapa kali dapet ide bikin cuap-cuap tapi salah gue sendiri yang nggak nulis idenya atau paling nggak judul atau temanya, akhinya keburu idenya ilang dan nggak anget lagi di otak gue. Gue juga belum ada waktu yang pas buat gambar, karena gue mulai masuk kuliah dengan tugas yang beuuuhhh… belum parah banget sih, Cuma ya lagi-lagi harus mengorbankan waktu gue untuk nulis. Waktu gue untuk nulis nggak sebanyak waktu gue liburan kemaren sebelum masuk kuliah. FF juga Cuma mentok di LOKASI karena emang mumpung masih anget banget di otak gue, jadi gencar banget nulisnya, itupun sekarang frekuensi nulisnya mulai merenggang. Apalagi ya… gue biasanya nulis apa dah. Review juga BTS belum kambek.

Akhirnya sekarang gue memutuskan untuk nulis dan untuk ketiga kalinya ngomongin sub unit NCT. Yang pertama gue pernah bahas NCT U disini, ada NCT 127 juga disini, dan kali ini gue mau bahas NCT Dream.

Dulu, waktu jaman SMROOKIES pertama muncul, gue yakin kebanyakan dari kalian (yang apdet dan tau SMROOKIES dari jaman Mark belum baligh) pasti ngira kalau SMROOKIES yang cowok itu terdiri dari dua generasi. Generasi tua dan generasi junior. Generasi junior sendiri terdiri dari Mark kebawah (?). sedangkan generasi senior terdiri dari Jaehyun keatas (tambah Winwin jadi Winwin keatas deh :v). Dan ketika muncul kabar NCT akan debut, ternyata generasi tua dan generasi junior bersatu dalam satu grup. Saat itu gue beneran kaget. Gimana bisa itu bayi-bayi di asuh sama kakak-kakak ganteng? Ini boygrup apa jasa penitipan anak?. Tapi semakin kesini gue semakin paham dan menerima kenyataan itu. Semakin member junior tumbuh, semakin terlihatlah kegantengan mereka. Alhamdulillah, para member junior berhasil melewati masa puber dengan sukses. Semua member jadi kelihatan seumuran karena tumbuhnya member junior (?).

Ngomongin masalah pertumbuhan (ini bahas NCT apa biologi sih), gue beneran takjub sama SM. Serius. Pernah nggak sih kalian menghadapi kenyataan bahwa mungkin di sekitar kalian, bayi cimit-cimit yang sebelum dewasa gemesin dan unyu dan ganteng kemudian setelah dewasa, mereka tumbuh nggak sesuai dengan ekspektasi kita. Nggak sesuai dengan unyu-unyunya waktu bayi. Nah disitu mari kita beri tepuk tangan terlebih dahulu buat SM.

Prok prok prok

SM seakan udah punya pandangan “ni anak gedenya bakal jadi kayak gini” dan as expected, kita lirik member NCT Dream yang sekali lagi gue bilang sukses banget melewati masa puber. Apalagi Haechan tuh hadeh ni bocah petakilan makin sok sokan berusaha jadi oppa-oppa.  Walaupun gue yakin jelas ada biuti tritmen (?) dari SM sendiri. Tapi hamdalah adek-adek gue tumbuh dengan ganteng. KAKAK BANGGA!!!.

Balik lagi ke NCT Dream. Karena dulu banyak yang ngira bakal ada dua generasi, maka gue bayangin adek-adek ini bersatu dalam satu grup. Para bayi-bayi ini bersatu di grup terus pakai konsep yang super cimit-cimit ala CJR. Yang entah cinta monyet kek, apa lagunya tentang apa kek, yang remaja dan anak-anak banget. Kau bidadari jatuh dari surga EAAAAA. APASIH. Tapi setelah tau member junior digabung sama member tua, gue tetap nggak berhenti buat ngayal (?) WKWKWK. Gue membayangkan member junior (masih bisa) bikin grup alias kumpulan dari maknae-maknae. Gue berusaha banget ngayalnya ya. Akhirnya terwujudlah impian gue dengan terbentuknya NCT Dream ini. Emang sub unit “DREAM” kita semua dari jaman bahela.

Sebelum gue bahas permembernya, gue ada sedikit info tambahan mengenai konsep NCT ini. Beberapa waktu yang lalu di beberapa radio, Jaehyun (yang bagian jelasin ini) menyebutkan kalau member NCT 127 itu tetap, dan member NCT U itu bisa aja berubah. NAHLOH??? Terus gimana?

Coba cek videonya disini atau disini

Lah gimana noh? Makin bingung? Kok ada yang bisa berubah dan ada yang tetap?. Disitu sesuai terjemahan yang gue download, menyebutkan:

Jaehyun: NCT U is a team that undergoes changes of color and concept.

MC: NCT U is a combination team?

Jaehyun: Yes. Meanwhile, NCT 127 is a constant team, based in seoul and promotes around the world.

Lah gimana itu? Tapi disitu disebutkan kalau NCT U itu color dan konsepnya bisa saja berubah, kalau NCT 127 itu konsepnya tetap. Tapi gue juga masih nggak ngeh itu berubah antara konsep aja atau emang membernya juga berubah. Karena ketika MC nya bilang “NCT U is a combination team?” gue langsung mikir ke membernya. Jadi member NCT U bisa nambah dan member NCT 127 ya itu-itu aja gak bisa dirubah. Tapi semua itu hanyalah interpretasi gue semata. Maksudnya ya siapa tau hati dan maksud SM kedepannya. Siapa tau juga perubahan yang dimaksud itu “konsep” dari NCT U yang bisa berubah-ubah.

Tapi, kalau gue pikirin lagi, konsep dari NCT U menurut gue kurang terbuka gitu loh. Kurang transparan ke kita dan agak susah dipahami (gue aja kali ya). Maksudnya gini, kalau NCT 127 itu kan jelas perkenalannya kalau 127 longitude seoul yang berarti seoul based team, kalau NCT Dream juga jelas kalau mereka emang konsepnya cimit-cimit dimana membernya rata-rata umurnya pada masih embrio. Lah kalau NCT U itu agak agak… emmmm… kan Jaehyun pernah bilang kalau U itu maksudnya adalah United/Unit lah terus gimaan tuh? pemahaman gue tentang si “Unit” kan agak samar gitu. Maksudnya apa? NCT yang unit? APA? Gue bahkan sampai sekarang mau dijelasin si Jaehyun ampe berbusa juga masih belum ngeh. Belum bener-bener dapet banget. Nah, setelah Jaehyun menjelaskan kalau NCT U ini “combination team”, mungkin gue mulai paham kenapa. Mmakannya konsep mereka agak samar dimata gue. Mugkin karena konsep mereka yang bisa berubah, jadi perkenalan mereka pun agak-agak susah gue apahami (apasih).

Tapi, banyak yang mengira kalau perubahan yang di maksud Jaheyun diatas bukan hanya peruabahan konsep, tapi juga perubahan anggota (member). Lah kalau gue mikir lagi, semua bisa aja terjadi dan ini berhubungan sama alpha team.

Demi apa gue ngarang bebas lagi.

Gue akan menjelaskan hayalan gue.

HAYALAN YA.

Belum tentu bener.

Misalkan ni. MISALAKAN yang dimaksud Jaehyun yang “berubah” itu nggak hanya konsep tapi juga membernya, maka kemungkinan NCTU sebagai alpha team semakin kuat (MENURUT GUE).

Jadi gini, gue akan membandingkan eksistensi NCT U dan NCT 127 aja ya karea NCT Dream masih bayi-bayi gausah di sentuh-sentuh kulitnya sensitif (?). Menurut gue, member dari alpha team bisa aja datang di awal di tengah-tengah maupun di akhir. Maksudnya, member alpha disini (MENURUT GUE) adalah member yang emang potensial banget. Potensial dari visualnya, vocalnya, rapnya, dancenya, ataupun hitsnya. Jadi kita nggak bakal nyangka mungkin aja di debutnya sub unit NCT mendatang ada member yang bisa nyanyi dance visual oke terus hits kan besar kemungkinan untuk masuk tim alpha dong. Yagak? Lah tentulah member baru yang sangat potensial ini akan dimasukkan ke alpha team dimana pasti alpha team nggak punya member yang tetap alias membernya bisa nambah menyesuaikan adanya member baru yang potensial.

Blibet banget susunan kalimat gue.

Itu kalau misalnya alpha team debut sebagai sebuah grup ya.

Jadi gitu, jadi kalau grup yang membernya tetap dan nggak bisa diubah (127), maka kemungkinan kecil merupaan alpha team karena seperti yang gue jelaskan diatas. Kemudian, dengan NCTU yang tanpa leader itu juga makin memperkuat hayalan gue mengenai siapakah sebenernya alpha team. Karena NCT U nggak berleader, maka menurut gue cocok aja gitu jadi alpha team (?) kayak nggak kayak grup biasanya. Walaupun NCT dream juga nggak berleader, Mark selama ini Cuma memperkenalkan diriya sebagai “Eldest”, tapi ya masa itu bayi-bayi jadi alpha team.

Tapi terlepas dari semua hayalan yang telah gue paparkan diatas, hayalan tetep menjadi hayalan. Kita nggak tau mau digimanain NCT nantinya sama SM. Udah kita sebagai fans pasrah aja mau diapa-apain juga mereka (?). Boleh dipikirin kira-kira kayak gimana, tapi nggak usah dibaperin v:.

oke kita akan menuju ke membahas per membernya. Jadi, NCT Dream ini terdiri dari 7 member dengan 1 member yang udah debut di U dan 127 siapa lagi kalau bukan Mark (Antara maruk dan kelebihan energi), satu member udah menjabat sebagai maknae di 127 yaitu si Haechan (belajar nyebut Haechan ya bukan Donghyuck), 3 member yang belum pernah debut merupakan berojolan dari SMROOKIES yaitu Jeno, Jaemin, dan Jisung (asek tripel J) kemudian 2 member baru dari negeri seberang yaitu Chenle dan Renjun.

Yang spesial dari debutnya NCT kali ini adalah ada member yang emang bener-bener masih baru official dikenalkan ke publik ketika mereka bener-bener debut tanpa melalui tahap promosi predebut sebut saja SMROOKIES karena emang unit sebelumnya untuk NCT, SM selalu mendebutkan member yang udah pernah diperkenalkan di SMROOKIES. Jadi rasa penasarannya (waktu debut U dan 127) Cuma sekedar “Siapa ya yang bakalan debut” “membernya siapa aja” karena ekspektasi kita mentok di member yang sudah dikenalkan di SMROOKIES. Padahal gue sangat-sangat berharap debutnya member yang benar-benar baru seperti Renjun dan Chenle.

Sebelumnya seinget gue, gue pernah menyinggung masalah member baru ini di postingan gue sebelumnya. Gue emang sangat berharap ada member yang benar-benar baru karena gue yakin, SM masih nyimpen banyak trainee yang belum go public. Lah kalau nggak sekarang go publicnya, mau kapan lagi? ketika semua member (yang sebelumnya sudah dikenalkan di SMROOKIES) aja butuh sekitar beberapa tahun untuk bisa se hits sekarang. Gimana dengan yang bener-bener baru yang sebelumnya nggak terpampang bahkan hanya mukanya di masyarakat? Maka dari itu gue sangat berharap ada member baru dan akhirnya terealisasikan di NCT Dream kali ini.

Ngomongin soal member baru, si Renjun dan Chenle. Kalau Renjun, emang mukanya beberapa kali udah tersebar dan dirumorkan merupakan trainee SM. Jadi waktu dia debut dan terpampanglah foto predebutnya gue nggak seberapa kaget. Gue yang “Oh, ini yang dirumorin dulu itu”. Kalau untuk Chenle, walaupun ni anak sangatlah hits duluan di negaranya sono, gue sama sekali nggak pernah melihat wajahnya. Jadi ketika dia debut, wajahnya bener-bener baru dimata gue. BTW gue terpesona banget sama Renjun gatau kenapa mukanya baik-baik banget walaupun seumuran sama Jeno, Haechan, dan Jaemin, gue merasa dia yang paling cimit dan paling butuh kasih sayang (APASIH). Mungkin besar kemungkinan karena efek dia baru dikenalin, jadi mukanya baru banget dimata gue jadi kelihatan muda. GITU KALI YA?

Oke oke langsung aja ke biodata perembernya.

  1. Mark

Ini anak gue gapaham banget yah. Gue kurang bisa paham kekuatan apa yang sebenernya dia miliki. Apa jangan jangan orang tuanya di kanada sana sebenarnya adalah pahlawan super?

Sekitar April, NCT U debut. dua bulan kemudian, di bulan Juli, NCT 127 debut. yang terakhir bulan Agustus NCT Dream debut. jadi Cuma sekitar empat bulanan, Mark udah debut di 3 kali di 3 sub unit. SADISSS… harus masuk rekor muri. Jadi ketika 127 masih ditengah-tengah promosinya, Mark bisa jadi sudah menyiapkan diri untuk debut NCT Dream. Kemudian kan katanya NCT Dream belajar hoverboard untuk debut mereka sektar dua bulan. Sedangkan selisih debut NCT 127 dan Dream hanya sekitar satu bulan. Bayangin aja sebelum debut NCT Dream dan 127, secara bersamaan Mark (dan Haechan) menyiapkan diri untuk dua debut sekaligus. Promo Firetruck masih lanjut, Dream udah mulai promo juga. Apa gue bilang, Mark pasti punya kekuatan super. Pasti. Kekuatan cinta (APASIH).

Tapi gue lihat Mark di NCT Dream lumayan berkembang karena kalau ngomong sekarang udah nggak terlalu gagap. Kalau sebelumnya, Mark kalau ngomong suka gagap dan gugup, mungkin di NCT Dream Mark udah bertekad (?) karena dia emang Eldest jadi mau nggak mau dia harus jadi yang mimpin, yang menunjukkan arah (?). kalau eldestnya aja nggak bagus gimana yang lain? Semacam itu. Jadi dia jadi contoh gitu (?). dibandingkan dengan member yang lain, gue merasa badan Mark yang paling bagus. Hahahahah kelihatan banget dadi bahu dan dadanya itu mulai melebar (paham gasih) dia udah menuju dewasa gitu perawakannya (apa apaan sih).

Pokoknya semakin kesini Mark menurut gue semakin oke dan jelas berkembang. Tapi gue agak nggak terlalu ngeh sama rapnya di chewing gum sih. mungkin karena sebelum-sebelumnya, NCT pakai konsep yang agak dewasa dan dark, sedangkan sekarang konsepnya lebih cimit-cimit manja, makannya rapnya Mark juga disesuaikan. Gamungkin tiba-tiba ditengah chu chu chu chu chuwing gam ada and thats a long ass ride. Kan kaget entar.

  1. Renjun

Seperti yang telah gue sebutkan diatas,di mata gue, Renjun emang yang paling gemesin dan yang paling butuh kasih sayang. Padahal umur dia yang paling tua diantara 2000 lines. Mukanya dia itu polos banget dan super gemesin. Bener-bener pure gitu. Mana dia punya gingsul yang uhhhh bikin gemesnya makin ples ples. Apalagi dibandingkan dengan member 2000 yang lain, tingginya nggak seberapa. Makin imutlah kelihatannya. Tapi gue agak curiga sih sama gingsulnya Renjun. Dulu, Winwin juga punya gingsul kemudian makin kesini gingsulnya mulai ilang dan semacem ada lubang gitu di gingsulnya (mungkin lagi di beresin sama SM). Lah gingsulnya Renjun juga kan agak lubang gitu jadi gue curiga apa gingsulnya Renjun sekarang ini emang dasarnya kayak gitu atau emang lagi OTW dibenerin sama SM. Hanya SM dan tuhan yang tahu.

Penting banget gasih gue bahas gingsul?

Oh iya, yang bkin Renjun kelihatan muda lagi, yaitu badan dia yang kelihatan paling kecil tak ternoda. Kelihatan kayak belum ternoda oleh fitnes dan sebagainya gitu loh. Jadi bentukan badannya itu kecil banget dan kayak anak kecil.

Posisi Renjun disini (menurut gue dan kebanyakan orang) adalah vocal. Dan suaranya emang lumayan oke dan stabil kalau ditaruh di lagu yang enteng semacam Chewing Gum. Nggak ngerti lagi kalau di lagu lain. Tapi merdunya kedengeran kok.

Dia juga posisinya sebagai translator Kor-Chn wkwkwkwk. Lucu banget sih makin menambah tingkat kegemesan. Mau gue tambahin jadi adek part 3 ahhh.

  1. Jeno

Ngomongin soal Jeno, jelas kita nggak bisa lepas dari ngomongin soal visual. DIA GANTENG BANGETTTTTT… gapaham gue. Beneran yang oke banget gituloh ganteng korea banget. hidungnya beuuuh. Janggutnya beuuh. Rahangnya beuuuuh. Tapi kayaknya mata dia nggak diapa-apain (?) sama SM karena udah dianggap oke. Tapi menurut gue kalau diapa-apain kayaknya juga bakal oke deh. Tapi gapapa sih segitu aja udah badaiiiii.

Dulu, Jeno kalau di interview masih suka malu-malu kalau ngomong dan masih suka cengar-cengir. Alhamduillah, sekarang udah nggak. Bahkan dia jadi MC di MCD. Tepuk tangan untuk adek gueee (semuanya aja adek).

Apalagi ya yang mau gue bahas soal Jeno.

Udah deh capek

Udahan ah Jenonya

Gue nggak mau terjerumus brondong

  1. Haechan

Sama kayak Mark, ini anak juga nggak kalah ajaib. Gue nggak bisa bayangin gimana capeknya Haechan (dan Mark) yang latihan untuk dua debut sekaligus. Parah banget kan. Apalagi jarak waktunya itu deket. Mungkin beberapa kali mereka nggak ikut promosi 127 itu karena ngurusin Dream kali ya. Apresiasi banget deh sama mereka. Apalagi mereka juga masih sekolah.

Haechan… hmmm. Gue gangerti apa yang mau gue bahas. Yang jelas dia masih rame dan alay, apalagi sekarang banyak temennya, WUH makin jadi.

Alhamdulllah posisinya juga masih vocal, nggakusah ngerap deh nggakusah. vocal aja udah bagus. wkwkwkwk

  1. Jaemin

Adik Jaemiiiin yang paling diinget adalah senyum lebarnya. Lumayan rame sih anaknya, tapi masih ramean Haechan WKWKWK. gue suka Jaemin karena dia anaknya luwes. Kalau gerak luwes (?) kalau ngomong juga luwes. Hehehehe.

Dulu, gue sama temen gue kalau lihat Jaemin itu feelnya kayak lagi ngelihat Iqbal CJR (Dirajam massa). Karena gimana ya, mukanya Jaemin itu dedek alim SMA gituloh yang alim kalem gitu. Tapi semua berubah ketika Renjun datang. Maafkan aku dek, Renjunnya kelihatan lebih polos dibanding kamu.

  1. Chenle

Member baru yang kedua ini juga terlihat sangat cimit. Bahkan kadang kala terlihat lebih cimit dari Jisung. Karena matanya yang kecil itu, kecimitannya makin cimit (?). dia juga posisinya vocal. Dia udah hits duluan di negaranya sana sebagai seorang solois cilik dengan suara yang beuuuuuh… kadang sempat menyayangkan sih debut di NCT Dream lagunya nggak terlalu menunjukkan kemampuan dia. Gue yakin dia (dan vocal yang lain) bisa lebih dari itu. Semoga ada station dia nyolo ya…..

Aminkan

  1. Jisung

Ini anak walaupun maknae, tapi dance nya beuuuuhhhh… oke gila. Keren banget SM bisa nemu anak-anak semacam ini kemudian di seret ke lubang hitamnya lalu debut sebagai seorang idol. Apa di jalan dia sempat dikasih permen sama staf SM terus diajakin audisi? WKWKWK. menurut gue sebelum debut, Jisung tipikal yang agak pemalu. Setelah debut agak berkurang sih tapi dikit banget. dia masih malu-malu gitu nggak tau kenapa. Terus kalau ngomong, dia kayak ada yang ditahan gitu (bukan nahan boker) tapi suaranya itu kayak nggak dikeluarin semua (?)

Penting banget gak sih

Oke itu aja permember yang bisa gue bahas disini.

Sebenernya gue ada sedikit kekhawatiran tentang NCT Dream dengan konsep “anak-anak”nya. Kadang, ketika kita lihat seseorang, otomatis kita dapet first impression, kan? Lah kemudian first impression itu mau nggak mau akan kita bawa sampai nanti. Walaupun mungkin orang itu nggak sepenuhnya seperti apa yang kita lihat kali pertama. Sama halnya dengan NCT Dream. Dengan konsep anak-anaknya, gue khawatir orang akan menaruh first impression bahwa para member Dream ini adalah gerombolan anak kecil. Gue yakin, suatu saat mereka bakal tumbuh jadi dewasa. Tapi tetep aja dengan Dreamnya ini, besar kemungkinan banyak orang yang mungkin nanti masih menganggap mereka anak-anak. Seperti beberapa artis cilik Indonesia yang sekarang udah dewasa, sampai saat ini ada beberapa orang yang masih menganggapnya seorang artis cilik. Seperti itu.

Kemudian, dewasanya cewek mungkin lebih cepet dari dewasanya cowok. Lah ketika gue lihat misal Somi sama Chenle. Udah bisa bayangin gak? Lucu banget kan… gue ngak menyalahkan siapapun atas ini sih karena menurut gue NCT Dream juga konsepnya pas buat mereka. Nggak terlalu anak-anak dan nggak terlalu dewasa juga. Ada juga Mark, Haechan, sama Yeri jejeran waktu Dream promo Chewing Gum dan RV promo Russian Roullete. Disitu Mark terlihat sangat adek dibandingkan dengan Yeri. Padahal umur mereka sama. Cuma gue berharap aja sih sama SM buat next girl group yang mungkin rata-rata umurnya bakal seperti NCT Dream, jangan sampai terlihat lebih dewasa dari NCT Dream karena itu bakal nggak proporsional banget. wkwkwkwk.

Apalagi ya yang akan gue bahas. Kayaknya itu aja deh. Gue lagi-lagi berharap member China bertahan lama disini. Dream juga makin oke dan berkembang. Konsepnya juga. Gue berharap konsep anak-anak ini nggak selamanya buat mereka. Konsep mereka gue harap akan terus berkembang juga mengikuti perkembangan umur mereka. Gue juga berharap SM pelan pelan aja debutin sub unit NCT karena ini masih 4 bulan loh dan udah debut 3 unit. Bagi gue sih itu agak kecepetan. Tapi kembali lagi semuanya udah diatur sama SM. Kita sebagai fans nggak pernah tahu apa rencana SM selanjutnya. Yang paling penting semoga dapet Rookie Award di akhir tahun nanti.

SEMANGAT!!!

Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya~~~

One thought on “[Cuap Cuap] Ngomongin NCT Dream

Tinggalkan Balasan

