[Cuap Cuap] Ngomongin NCT 127

Selamat malaaam semuanyaaa… maafkan gue lagi-lagi kembali membahas grup barunya SM yaitu NCT yang kali ini debut dengan sub unit lain dengan nama NCT 127.

Oke mungkin beberapa yang NCT stan udah paham betul sama konsep NCT yang bener-bener baru di dalam dunia industri hiburan korea. Beberapa mungkin masih bingung dengan sistemnya, kenapa bisa gini dan gitu. Dan mungkin ada juga yang bukan NCT stan tapi kepoin mereka mungkin ada yang masih bingung sama rencana SM ini. Gue akan secara singkat dan penuh opini /? Menjelaskan sedikit aja tentang NCT sejauh yang gue tau.

Pasti ada banyak banget pertanyaan semacam:

“kenapa NCT muncul lagi sama 127?”

“maksudnya 127 itu apaan?”

“kenapa ada member yang udah debut di NCT U debut lagi di NCT 127?”

“member SMROOKIES lain pada kemana?”

“kenapa SM masih nahan Johnny?”

“kenapa jaehyun ngerapp”

“kenapa ada Taeyong lagi”

“kenapa dimana mana ada Taeyong”

“kenapa di NCT U ada Taeyong di NCT 127 ada Taeyong”

“kenapa ada Taeyong di hape gue”

“kenapa ada Taeyong di galeri gue”

“kenapa ada Taeyong di hati gue”

BYE guys…

Biar sedikit dapet pencerahan tentang gimana sebenernya NCT U bisa klik disini karena gue udah pernah bahas sebelumnya. Gue juga disitu sedikit menyinggung tentang SMROOKES.

Sebenernya sih menurut gue sejauh ini, sejauh debut NCT 127 ini, gue merasa SM lumayan gamblang dengan rencananya. Karena emang sebenernya menurut gue nggak terlalu ribet banget karena gue cukup hanya menikmati debut mereka. Muncul unit lagi terima aja. Member dari mana aja juga gue terima.

Oke gue bingung apa yang pertama gue bahas disini.

Pertama, kita bahas dulu pernyataan Sooman waktu pertama kali mengenalkan NCT. Videonya bisa dilihat disini. Udah ada eng subnya jadi tenang.

Disitu disebutkan bahwa sebenernya NCT bukan hanya sebuah nama untuk boygrup baru SM. NCT alias Neo Culture Technology adalah satu terobosan baru dari SM. Semacam sistem baru yang diperkenalkan oleh SM. Projek-projeknya ada diantaranya ada station, Scream Records, dan apalah apalah yang lain lebih baik cek sendiri videonya ya gue nonton itu video udah berapa bulan yang lalu.

Dan… salah satu diantara projek tersebut adalah NCT (Neo Culture Technology) dalam bentuk grupnya sendiri. Jadi NCT boygrup ini termasuk dari rencana NCTnya SM. Bingung gak lo bingung gak hmmm… oke kita abaikan ini. Disitu disebutkan kalau NCT nanti bakal punya banyak subunit yang tersebar di negara-negara dan kota-kota besar di asia dan dunia. YEAH. Dengan unlimited member, jadi bisa menambah member kapan aja.

Awalnya, sub unit pertama debut NCT U dengan 6 member. Selang beberapa bulan kemudian, debut lagi sub unit lain dengan nama NCT 127 dimana 127 tersebut berarti letak longitude Seoul. Jadi NCT 127 ini seoul based team. Mereka punya 7 member. 4 member sebelumnya udah brojol di NCT U yaitu Taeil, Taeyong, Jaehyun, dan Mark. 3 lainnya baru aja brojol yaitu Yuta, Winwin, sama Donghyuck (stage namenya sekarang Haechan :v). Bisa dibilang tumben sih SM bikin unit dengan angka-angkaan dibelakangnya. Karena emang kebanyakan SM biasanya bikin nama subunit pakai huruf.

Longitudenya Seoul itu 126.97796919999996 digenepin aja sekalian 127
cover albumnya aja niat banget pake peta seoul. tepok tangan buat SM

Gue akan merangkum beberapa hal yang biasa menjadi pertanyaan di berbagai tempat tentang NCT ini.

“kenapa anak NCT U brojol lagi di NCT 127?”

Seperti yang udah disebutkan Sooman diatas, sebenernya disini sistem dari grupnya selain bisa menambah member baru, juga anggota didalam subunit itu bisa di transfer kemana saja. Tentunya yang transfer ya pihak SM lah masa membernya minta sendiri -_-. Jadi nggak perlu heran kalau kok ada Taeyong lagi? Kok jaehyun debut lagi? Kok taeil muncul lagi? Kok mark brojol lagi? jadi itu semua emang menjadi hak SM untuk memasukkan member NCT unit mana aja kemana aja. Jadi emang udah rencana dari sononya kayak gitu. Gitu. Yeah.

Beda sama konsep subunit yang diusung SM untuk EXO. Umpamanya gini. Kalau EXO kan DULU lagunya emang dibagi dua banget. Member K nyanyi korea dan membernya ya 6 itu aja. Dan member M nyanyi cina dan membernya 6 itu aja. Member M nggak bisa masuk ke K karena emang tugas M ya nyanyi versi mandarin. Begitu juga buat K. Tapi mereka sama-sama tetep dalam satu wadah namanya EXO. Tapi kalau NCT, member yang sudah ditetapkan di unit A (Misalnya) nanti bisa ikut join di unit B (Misalnya). Jadi nggak tetap banget. Dan kemungkinan bisa merangkap di banyak unit kayak yang 4 member itu. Mirip sama subunitnya SJ sih karena satu member bisa masuk banyak sub unit. Nggak paten sama satu unit.

“Apa bedanya NCT U sama NCT 127?”

Beda ya namanya juga sub unitnya beda. Membernya juga beda. Lagunya beda. Tapi mereka berdua sama-sama seoul based team. Ini dari interview Taeyong baru-baru ini gue lupa tepatnya. Nanti kalau ketemu gue edit.

Gue sebenernya agak ehm sih sama embel-embel “seoul based team”nya maksud gue kenapa harus Seoul kenapa nggak senegara aja sekalian “Korea based team” kek. Itu gue bayanginnya semacam NCT Jakarta, NCT Surabaya, nggak NCT Indonesia secara global. Emang besok ada NCT Jeju, NCT Busan, NCT Ilsan? Apa gimana? HAHAHAHAHA apabanget sih gue.

Oh iya, NCT U dulu punya website http://nct.smtown.com/ . lah disitu atas nama NCT, bukan NCT U. tapi kalau NCT 127 mereka punya http://nct127.smtown.com/ . lah gue nggak tau kenapa kayak gitu sih. kenapa NCT U nggak dibikinin website kayak NCT 127 tapi malah NCT aja?. Kemudian NCT 127 dibuatin akun instagram yaitu @NCT127 sedangkan NCT U nggak punya akun instagram. Lagi, di daftar artis SM ent, ada NCT dan NCT 127, nggak ada yang namanya NCT U. gue nggak tau juga itu semua maksudnya apa. Seberapa penting sih NCT 127 atau gimana? Masih jadi rahasia SM.

“Apa NCT U kemungkinan bisa menambah member (dari unit lain)?”

Sejauh ini masih belum ada yang kayak gitu sih. Semuanya mungkin aja karena kita emang nggak bener-bener dikasih tau sama SM detailnya. Tapi sejauh debut NCT 127 ini, yang kita tahu, member yang sudah debut di unit lain bisa rangkap ke unit yang baru. Gue nggak tau untuk penambahan member yang udah debut duluan. Ya gue kan bukan staff SM gue hanya melihat apa yang udah ada saat ini. Kita cuma bisa menunggu lah ya nanti bakal kayak gimana.

“Member SMROOKIES yang lain gimana?”

Gue tau pasti banyak NCT stan yang sedih galau gundah gulana karena bertahun tahun sudah nunggu bias nggak debut-debut sampai udah kelewat dua unit aja. Sabar guys, kita nggak tau rencana SM kedepannya. Tapi gue yakin sih kalau member SMROOKIES bisa bertahan, gue yakin bakal debut dengan NCT entah di unit yang kayak gimana dan kapan. Pokokna tetap harus menunggu.

“Terus untuk rumor 40-50 member itu gimana? Itu nggak jadi? Kok yang debut cuma dikit?”

Jadi emang dulu Paul Thompson (Producer SM/JYP) bilang kalau SM emang menyiapkan sekitar 50 trainee untuk NCT ini. Dan lagi-lagi gue harus mengetik kata “menunggu”. Iya, karena emang kayak gitu. Untuk saat ini, NCT emang nyicil debutnya, ya gue cukup membayangkan dengan member yang unlimited masa langsung di debutin semua 50 terus sisanya masuk lagi masuk lagi bisa lebih dari 50an. Sabar lahya SM juga ngeluarinnya dikit-dikit. Entah nanti membernya beneran bisa nyampek 40-50 kan juga kita nggak tau. Terus aja nunggu sampai nanti saatnya tiba. Sayang sih gue gabisa lihat masa depan :v.

lihat interviewnya disini

“Gimana dengan alpha team? Siapa yang masuk alpha team? Kapan alpha team debut?”

Pernyataan tentang alpha team ini juga dilontarkan Paul Thompson, kalau NCT nanti punya member utama yang bakal jadi member yang dobrak popularitas unit baru (misalnya). Gimana ya jelasinnya. Kan nanti NCT direncanakan akan memiliki banyak sub unit, lah seperti salah satu yang udah debut kemarin, NCT 127, mereka anggotanya nggak semuanya baru alias juga diambilin dari NCTU karena NCTU debut duluan dan tentunya udah dikenal masyarakat duluan. Jadi ceritanya alpha team ini jadi member yang (bisa jadi) ada di sub unit yang banyak untuk mendobrak popularitas sub unit baru (dengan member baru) karena mereka sudah lebih duku dikenal.

Untuk siapakah member dari tim alpha ini SM belum konfirmasi sama sekali. Apakah NCTU, atau NCT127, atau semua member SMROOKIES kita belum ada yang tahu karena emang belum pernah umumin si SMnya.

Untuk debut alpha tim ini juga masih meragukan. Kadang gue kepikiran sendiri, banyak yang mengira dan menebak kalau alpha team itu dibentuk sebagai salah satu sub unit dari NCT, kemudian debut biasa seperti unit yang lain. Tapi kadang gue punya pemikiran lain apa jangan jangan alpha team ini nggak pernah diumumkan dan nggak pernah debut secara resmi (sebagai sub unit yang jelas diperkenalkan sebagai alpha team)?. Maksud gue, SM mungkin sudah memiliki siapa saja member yang masuk kedalam alpha team. Tapi alpha team tersebut cukup hanya didistribusikan ke sub unit lain. Bukan debut sebagai satu tim. Jadi semacam cuma SM aja yang tahu siapa aja member yang ditunjuk untuk masuk kedalam alpha team. Karena kadang kalau gue mikir alpha team ini membentuk satu subunit, akan ada kesenjangan aja. Akan ada beberapa fans yang membatin “masa bias gue gak masuk alpha team?” “gila SM bias gue udah trainee seabad gak dimasukin alpha team” dan banyak lagi yang malah bikin fanwar internal. YEGAK?

Tapi sekali lagi itu cuma sekilas apa yang ada di pikiran gue. Gue cuma menghayal. Tapi semoga sih alpha team nggak di debutkan sebagai satu subunit, biar SM sendiri yang tau siapa aja alpha team. Palingan nanti membatinnya nggak sampe parah. Cuma “ini orang kenapa ada di subunit mana-mana?” KKKKK~~~.

Buat yang males buka link

“Beberapa unit di NCT nanti akan debut berdasarkan apa?”

Lagi dan lagi kita nggak dikasih tau sama SM. Kalau beberapa subunit SM dulu, kan lumayan jelas. Misal TTS, KRY, yang emang vocal monster banget. SJ T, SJ H, yang lebih mengusung genre yang berbeda pada tiap-tiap unit. SJ M, EXO M, EXO K, yang lebih ke promo negara dan bahasa yang lain (?). tapi untuk NCT nanti, apakah akan diciptakan unit berdasarkan negara, atau unit berdasarkan genre, atau unit berdasarkan vocal, atau unit berdasarkan dance performance, atau unit berdasarkan visual, atau unit berdasarkan tinggi dan berat badan (APAAN SIH) kita nggak tau. Jadi nunggu lagi. iya, sabar aja nunggunya.

“KENAPA JAEHYUN NGERAPP???”

HAHAHAHA gue awalnya nggak mau menambahkan ini sih tapi kayaknya penting banget nggak hanya untuk Jaehyunnya tapi juga untuk member yang lain. Gue pernah bahas ini di postingan gue sebelumnya disini. Jadi para member NCT U nggak mengakui posisi mereka misal gue in charge of rap, vocal, dance, gue main vocal, gue lead vocal, dan posisi lain kecuali GUE VISUAL. HAHAHAHAHA member NCT semuanya Visual as expected, SM. Oke balik ke topik. Jadi waktu di interview itu, gue lumayan heran ini grup masa nggak mengakui kalau gue posisi ini dan posisi itu. WAKTU TELAH TIBA DAN DEBUTLAH NCT 127 dan gue lumayan dapet pencerahan “oh, jadi ini maksudnya”. Jadi kenapa mereka nggak terlalu menekankan gue ini dan gue itu adalah karena emang mereka ditargetkan (apasih) untuk bisa semuanya. Rap oke, dance ajib, vocal badai. Di Fire Truck, Jaehyun disitu posisinya rapper (asek rapper Jae) dan beneran dia nggak kebagian part vocal banget. Juga di lagu debut mereka yang lain, “Once Again” dan “Paradise” Taeyong kebagian part nyanyi. HUHUHUUUU~~~ emang asik banget sih idenya.

Gue kemarin beneran pengen banget Yuten posisinya vocal di grup. BENERAN PENGEN BANGET karena mereka berdua potensial vocal. Bisa dilihat di beberapa fancam rookies show Yuten nyanyi dan itu lumayan enak. tapi Yuta di Fire Truck Rap, Ten di The 7th Sense Rap. GUE KECIWIII. Tapi ketika gue mengetahui fakta semacam ini, dimana member NCT posisinya bisa berubah kapan aja sesuai arah angin (?), maka gue positif thinking kalau mungkin nanti ada saatnya Yuten dikasih part vocal. Dukung Yuten menjadi Vocal dengan ketik Reg(Spasi) YutenVocal kirim ke hati yang lama nunggu bias debut.

Tapi dengan posisi semacam ini, tentu ada negatif dan ada positifnya. Beberapa yang fangirl se-spesies sama gue yang Jaehyun biased (tapi tetep digoda sama Winwin Yuta Ten Taeyong Mark Jeno) pasti udah petakilan dan begajulan karena Jaehyun bisa apa aja. Jadi nggak bosen (walaupun rapnya Jaehyun nggak seenak itu sih jujur aja gue tapi karena bias gamasalah). Btw gue kalo ngebias sama yang bisa apa aja ditambah visual diatas rata-rata suka lama muvon sebut saja member grup tetangga inisialnya JJK. Tapi ada juga mungkin heter heter yang pada sewot mungkin bisa jadi dibikin alasan nggak fokus lah, apalah apalah pasti kan ada aja. Tapi bagus sih menurut gue konsep “bisa apa aja” ini. Jadi bisa meningkatkan potensi para member dari berbagai sisi dan sudut. AZEK.

Pelajaran banget buat yang kepo banget sama NCT tapi beneran belum tercerahkan, coba liat poin terakhir tentang posisi member itu deh. Setelah debut unit baru, kita baru tau maksudnya ini dan itu. Jadi intinya tunggu aja. Besok, atau lusa, atau next unit, mungkin kita perlahan nemu titik terang atas jawaban dari banyak banget pertanyaan di kepala kita seputar NCT. Sabar aja. Nunggu lagi.

Mungkin itu aja beberapa pertanyaan yang emang sering gue temui di berbagai sosial media. Mungkin ada beberapa yang masih bingung karena mungkin bahasa gue pun membingungkan bisa tanya di kolom komentar di bawah. EAAA.

Setelah melihat sedikit penjelasan (yang nggak jelas) gue diatas, mungkin ada beberapa yang udah cukup mudeng lah sama NCT ini. Setelah tau, pasti akan lebih banyak pertanyaan lagi deh gue yakin, yakin banget karena hal itu berlaku bagi gue. Semakin gue pikirin, semakin banyak kenapanya.

Padahal, jujur sih menurut gue sejauh ini apa yang disuguhkan SM ke kita tentang NCT nya itu cukup mudah. Nggak ribet dan seruet itu. Kalau kita tinggal duduk asik depan laptop angguk-angguk aja, konsep NCT sejauh ini bisa ketangkep dengan mudah. Yang bikin ribet adalah pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masa depan si NCT.

Misal

“terus dorm nya anak SMROOKIES pisah gitu sama anak NCT?”

“anak NCT U sama NCT 127 dormnya samaan nggak ya?”

“kira-kira member SMROOKIES lain belajar lagu yang udah didebutin gak?”

“terus besok rookie award yang masuk NCT U apa NCT 127? Apa masuk dua-duanya?”

“misalnya NCT globalnya nggak debut tahun ini terus Rookie awardnya gimana?”

“terus gue nyebutnya Jaehyun NCT U apa Jaehyun NCT 127 nih?”

DAN BANYAK LAGI… CAPEK…

Siapa yang mau jawab kalau pertanyaannya kayak gitu? Jadi majikannya LSM dulu sana.

Itulah, itulah yang bikin konsep NCT terlihat ribet karena kita udah mengira-ngirakan masa depan mereka dan beberapa hal yang emang nggak dijelasin. Tapi kalau kita fokus sama beberapa hal yang udah ada saat ini, konsep NCT nggak seribet itu deh.

Ada banyak banget sih kekhawatiran gue tentang konsep semacam ini. Gue juga udah pernah jelasin di postingan gue sebelumnya tentang NCT U mengenai OT OT-an. Sekarang gue agak khawatir sama individual fans. Maksudnya gue sebagai penyuka satu grup jelas gue punya member yang paling fav menurut gue. Misal gue bias Ten banget, eh Ten nggak ada di NCT 127 mungkin gue akan mikir “gue beli albumnya nggak ya?” gitu. Apalagi duit gue nggak kayak tisu, cabut muncul lagi. Semacam ada masing-masing prioritas disitu. Gue berharapnya nggak ada hal macem ini sih. semoga SM udah punya rencana lain perihal fans-fans gitu jadi nggak ada konflik internal asek.

Sebelum gue ke permembernya, gue mau sedikit ngomongin tentang title tracknya, si Fire Truck. YAAMPUN SM INI BENERAN FRESH BANGET. Beneran seger banget di SM. Dari jaman The 7th Sense sampai sekarang Fire Truck, NCT emang mengusung genre-genre yang jarang banget dipakai SM untuk kambek artis mereka. Tapi nggak heran sih karena SM emang lagi seneng-senengnya pakai EDM-EDM-an. Ada beberapa yang mungkin udah stuck sama genre lama SM, ada juga mungkin yang ngerasa tersegarkan dengan kemunculan NCT dengan genre macem ini (jujur sih gue nggak seberapa paham masalah genre-genrean lagu).

Pertama muncul kabar debut NCT kali ini akan mengusung genre yang trap+mombahton+apalah-apalah yang lain, gue disitu bener bener “apaan sih SM ini apaan sih gue gapaham banget” tapi gue udah ada feeling bakal keluar dari SM biasanya seperti The 7th Sense. Abis itu gue coba cari-cari di YT genre-genre itu dan akhirnya gue membuat simpulan kalau lagunya bakal tipe-tipe lagu asoy angkot banget. Ajeb-ajeb ala klab-klab.

Waktu keluar teaser, gue sudah amazed dengan audionya. BAGUS DAN SEGER. ASIK GILA. Waktu keluar MV, ternyata ada beberapa part yang nggak muncul di teaser dan itu bikin gue lebih misuh-misuh lagi karena ada beberapa hal yang baru yang nggak ditunjukin di teaser. Beda sama The 7th Sense dulu yang spoiler teasernya banyak banget. Jadi waktu keluar full nya, kurang ada bagian-bagian yang bikin terperangah aja.

Pertamanya lagu ini cukup memusingkan sih kayak pertama denger IGAB nya SNSD. Musingin banget. Mana gue cari part vocal ini jarang banget akhirnya pada pemutaran ke dua dan ketiga baru kerasa nendangnya. ASIK BANGET SIH BENERAN.

MV nya juga bagus nggak cuma dalem kotak kayak The 7th Sense. Gue masih berharap SM rilis MV untuk Once Again. BAYANGIN DEH JAEHYUN PAKE BAJU BASKET TERUS DITUNGGUIN CEWENYA DI TRIBUN, ATAU MARK YANG PAKE SERAGAM SOPA DIEM-DIEM NGINTILIN GEBETANNYA SEPULANG SEKOLAH. ATAU MUNGKIN YUTA YANG SUKA NUNGGUIN GEBETANNYA DI GERBANG SEKOLAH, CUMA NUNGGUIN DOANG PENGEN LIAT MUKANYA. HAHAHAHAHA… waktu mereka bawain lagu ini di MCD gue langsung punya gambaran adegan MVnya yaampun beneran ini harus ada MVnya.

Harusnya gue nggak terlalu banyak bahas lagunya disini mungkin nanti gue bahas lagunya di postingan yang lain kalo nggak males.

Ohya, kali ini MV, digital, sama physical albumnya beda keluarnya -_-. Ya gue nggak tau sih mungkin ini bagian dari strategi. Kita tunggu aja.

Ternyata gue udah nulis 6 lembar.

Oke sekarang kita menuju bahas per membernya aja.

Jadi baru-baru ini, SMROOKIES ENT APP udah tutup (tapi masih belum gue uninstall T_T). Kemudian dengan akun twitter @SMROOKIES, SM ngasih video-video anak SMROOKIES. Awalnya emang satu-satu uploadnya. Tapi suatu hari /?, tiba-tiba si akun itu langsung upload video gerudugan aja. Wah gue ada firasat sangat baik. Gue saat itu membatin.

“jangan-jangan ini awalnya uploadnya satu-satu aja. Tapi karena debut udah mendekat jadi gakada waktu buat upload satu-satu, langsung aja upload semuanya mana simpenan video mereka masih banyak”

Ternyata dalam video itu ada member SMROOKIES yang sudah berganti rambut. WAH GUE SEMAKIN BEGAJULAN TINGKAT INTERNASIONAL.

lihat videonya disini

Jaehyun dengan rambut item dengan pinggir kiri yang diplontos

Jeno nggak berubah

Mark rambut pink (yang udah dibocorin sebelumnya)

Taeil blonde

Jaemin kecoklatan

WINWIN BLONDE GUE HEBOH

Taeyong rambut panjang sebelah

Donghyuck agak-agak ijo-ijo coklat (?)

Kun nggak berubah

Ten nggak berubah

Yuta dipakein beanie tapi KARENA ITU GUE SUPER CURIGA

Johnny nggak berubah

JISUNG BLONDE GUE HEBOH (2)

Hansol nggak berubah

Doyoung nggak berubah

Dari sekian banyak itu gue yakin yang rambutnya berubah bakal debut segera. Dan emang bener sekarang member NCT 127 yang rambutnya berubah. Tapi karena pada saat itu gue lumayan paham sama konsep NCT, gue nggak mengeliminasi kemungkinan 4 orang yang sudah debut di NCT U itu untuk kembali debut. karena semua mungkin terjadi.

Oke gue akan menunjukkan satu persatu profile member NCT 127

  1. Taeil

Birth Name : Moon Tae-il (문태일)
Stage Name : Taeil (태일)
DoB : June 14, 1994
PoB :South Korea

Gue sebenernya pengennya mau bahas member baru aja tapi karena Jaehyun disini ngerapp, jadilah gue termotivasi untuk bahas semua member HAHAHA.

Taeil di debut kali ini masih jadi main vocal, walaupun vocalnya nggak sebegitu ditunjukin kayak di “Without You”, tapi dengan lagu semacam “Fire Truck”, gue ngerasa part Taeil udah cukup oke buat gue. Part vocalnya terlihat mahal aja (?). di lagu-lagu lainnya jga Taeil belum berubah menjadi power ranger (BUKAAAN) jadi rapper sih HAHAHA suara mas bulan terlalu halus untuk menjadi rapper DUH.

Gue juga cukup seneng karena walaupun masih nervous-an, tapi udah lumayan lah di debut kali ini geroginya udah mulai sedikit ketutupan. Walaupun emang lumayan diem alias nggak se-rame member yang lain, maklumi lah namanya juga eldest.

Waktu munculnya teaser foto debut NCT 127 waktu awal-awal (karena Taeil muncul paling akhir) gue udah yakin kalau konsepnya bakal yah…. mengikuti teaser yang awal-awal. Gue sempet ragu, yakin nih Taeil mau dibeginiin? Didandanin ala remaja labil yang mau trek trekan malem lebaran? Yang dandan sok sokan menjarah gunung rongsokan panci buat takbiran? Dan ternyata yah… bikin kalian semua pengsan juga. BAGUS BANGET DIA TERNYATA BISA JADI MAS MAS YANG SALAH PERGAULAN DI IBU KOTA.

Dan di Fire Truck, Taeil ngedance. Setelah SM menyembunyikan pesona dancenya karena debut di NCT U cuma berdiri pegang Mic, sekarang dia jadi badasss… dengan dance move “Fire Truck”. Sengaja kali SM biar kita, si NCT stan nggak kaget sekaligus. Perlahan aja, sok sokan Taeil di kasih part nyanyi doang di “Without You”. Terus debut lagi udah joget-joget bikin fangirl gak sehat. BYE SM.

  1. Teyong
Birth Name : Lee Taeyong (이태융)
Stage Name : Taeyong (태융)
DoB : July 1, 1995
PoB : South Korea

Demi apa ya ketika gue mau bahas Taeyong gue udah begajulan gak karuan karena satu yang gue pikirkan adalah TAEYONG JADI LEADER NCT 127!!! Rayakan!!! Gue sebenernya nggak masalah kalau dulu Taeyong (sekalian) jadi leader NCT U… tapi ya, dia bukan leadernya (nggak tau kalau nanti sih). Tapi sekarang dia beneran jadi leader NCT 127 gue seneng bangettttsss.

udah jadi leader NCT 127. kapan jadi leader buat keluarga kita. EAAAA

Gue seneng banget Taeyong jadi leader karena emang gue seneng aja ketika dia care banget sama para member. Gemesin aja. Jadi pengen punya kakak kayak TY. HUHU~~~.

Tapi tetep, nggak semua punya pemikiran kayak gue. Nggak semuanya bisa seseneng gue ketika TY jadi leader. Semenjak debutnya NCT U, udah kelihatan banget kalau SM sayang banget sama TY hahahaha… karena TY itu dimana-mana banget. Jadi semacam NCT itu identik banget sama TY. Tapi di NCT U dulu, TY sebatas okelah rapper sama center, tambah lagi deh visual (padal semuanya visual). Waktu debut NCT 127 ini, dia makin makin. Nggak cuma rapper, center, dan visual, dia juga jadi leader dan merangkap vocal. Kurang sayang apa SM sama TY. Tapi kayaknya emang SM suka gitu deh. Suka sayang satu member sampe itu grup jadi identik banget sama si satu member itu. Tapi tetep seiring berjalannya waktu, member yang lain juga dikenal akhirnya sayangnya SM ke satu member itu nggak sebegitu kentara (?). semoga NCT besok bakal berkembang dehya.

Di Fire Truck, gue lumayan suka karena TY nggak center banget. Maksudnya, member lain juga sering jadi center. Nggak se dominan di The 7th Sense.

Gak afdol kalau bahas TY tapi gak bahas visual HAHAHA. Semakin kesini gue makin meragukan eksistensi taeyong di korea sana. Jangan-jangan selama ini yang gue liat Cuma ilusi optik atau beneran dia anime yang loncat dari TV dan melalaikan tugasnya sebagai pahlawan penumpas kejahatan dengan kekuatan supranatural dalam acara TV nya. Serius dia mukanya bener-bener hmmm… unreal? Separah itu sampe gue berpikir apa jangan-jangan selama ini ada konspirasi antara para fansite dan SM untuk membuat karakter Taeyong di dunia -_-. Nggak gue ngayal. Dan Cuma TY yang bisa bikin gue ngayal segila ini.

  1. Yuta
Birth Name : Nakamoto Yuta (中本悠太)
Stage Name : Yuta (유타)
DoB : October 26, 1995
PoB : Japan

Akhirnya osaka price kuuu~~~ takoyaki prince ku~~~ debut… WOOOO SENENG BANGET!!!. Dulu awal banget waktu SMROOKIES muncul, gue suka banget sama Jaehyun karena dia 97 lines HAHAHA. Tapi lama-lama kok gue suka Yuta, suka Ten juga (eh sekarang balik Jaehyun lagi). Jadi random kapelin Yuten padahal saat itu jarang banget ada kopel-kopelan. Tapi sayangnya Yuten nggak debut bareng. Coba debut bareng pasti bisa nyaingin Jaeyong (dihantam Jaeyong shipper).

Seperti yang gue bilang diatas, GUE PENGEN BANGET YUTA JADI VOCAL. Video nyanyi predebut dia tuh udah oke banget. Cuma tinggal diolah dikit biar stabil. Waktu di Rookies Show juga dia nyanyi Winter Rose itu juga enak. HMMM ternyata debut NCT 127 ngerapp dengan part seupil kayak Ten di The 7th Sense. Udah rambutnya gagal banget dianeh-anehin. Untung mukanya masih ganteng. Persis banget sama Ten yang rambutnya juga diubek-ubek nggak karu karuan sampe plontos.

Gue suka banget sama Yuta yang masih aja bikin member yang lain ketawa, masih lawak juga. Walaupun nggak ada Ten yang emang heboh di NCT U, hamdalah ada Yuta yang juga sama hebohnya kayak Ten. Bedanya dia lebih lawak aja. HAHAHAHA. Tapi sekarang si Yuta udah ganti rambut bedanya langsung keliatan banget TTTT.

Walaupun debut pertama, dia berasanya udah nggak grogi. Luwes banget kalau ngomong ataupun nge-joke di depan kamera. Mungkin karena emang dulu udah belajar di “Abnormal Summit”, jadi waktu debut nggak grogi-grogi banget. TERIMAKASIH SM KASIH KESEMPATAN YUTA!!!.

  1. Jaehyun

Birth Name : Jung Yoon-oh (정윤오)
Stage Name : Jaehyun (재현)
DoB : February 14, 1997
PoB : South Korea

HUHUHU~~~ kasian hati ini ngebiasin Jaehyun tuh ada aja kelakuan. Ya yang tiba-tiba ngerapp, ya yang tiba-tiba baju kegedean ampe naik-naik kelihatan abs nya. HUAAA. Padahal banyak yang ngira-ngira dia termasuk grup vocal 3 bareng tim “Without You” (kayak KRY, TTS, BaekChenDo) tapi siapa sangka dia jadi rapper disini. HUHUHUUU~ #RiseJungJaehyunSelamanya. Walaupun di lagu lain di album ini, dia masih banyak ke nyanyi daripada rap.

Gue bingung mau bahas apa ding. Padal bias kan harusnya banyak yang mau dibahas.

Kasian Jae ditinggal Doyoung. Yang in charge of interview kali ini dia doang (nggak tau kalau ada dari member baru).

Ini gue paling mentok banget bahas Jae nih buntu banget. Pokoknya #SayangJae2016.

  1. Winwin

Birth Name : Dong Sicheng (董思成)
Stage Name : WinWin (윈윈)
DoB : October 28, 1997
PoB : China

Karena kelucuannya, ini bocah gue jadiin tokoh serial KOOKIES gue. HAHAHA. Dia beneran asli lucu banget. Di NCT LIFE IN SEOUL tuh yaampun gemes banget. Padahal seumuran sama Jae tapi kelakuan beda banget. Lucu banget. Karena koreanya dia masih nggak lancar, dan dia masih suka grogi dan kalo ngomong masih suka gemeter, gue suka banget member lain bantu dia banget. Kadang member lain usaha biar Winwin banyak ngomong di depan kamera. FUFUFU~~~ gemes banget apalagi kalo TY yang nyuruh tuh. Aigoo tim bersatu.

Tapi banyak yang mungkin bertanya-tanya “cepet banget sih Winwin debutnya?”. Iya, kalian nggak sendirian, gue juga mikir kayak gitu. Bahasa korea aja masih nggak lancar, kasian juga sih kalau nggak ngerti. Gue kebayang aja kalau gue orang indo dengan bahasa korea sekadarnya yang gue dapet dari drama, terus gue berbaur dengan orang korea yang ngomong bahasa korea. Gue sendiri kayaknya juga bakal bingung banget. Bakal ada gap yang sangat panjang disitu. Tapi karena gue lihat member lain care sama dia, bahkan dia roomatenya Taeil. HAHAHA. Semoga member lain bisa take care Winwin dengan keterbatasan koreanya. Bisa bantu walaupun translate bahasa inggris dulu sekadarnya. Atau bisa juga pakai bahasa tubuh. Semua bisa terlewati kalau ada usaha.

Gue tuh kalo ada Winwin muncul di TL, gue nggak kalah begajulan. Tapi gue kadang diingatkan oleh fakta bahwa dia adalah member Cina. HAHAHAHA… gue masih terbayang-bayang aja. Member Cina itu nggak aman banget. Pengalaman member grup sunbae yang Cina udah banyak yang keluar. Nggak Cuma dari SM, dari agensi tetangga juga. Maka dari itu, kalau mau ngebias, gue agak watir aja. Nanti dibikin patah hati gimana? HUHUHU~~~ tapi semoga Winwin (dan Kun) (dan member Cina lainnya nanti) nggak kehasut dengan dunia luar yang menggiurkan (?).

  1. Mark

Birth Name : Mark Lee (이마크)
Stage Name : Mark (마크)
DoB : August 2, 1999
PoB :Canada

Adekku~~~ sekarang udah bukan maknae lagi. sayang banget sama adek. Tetep ceria ini anak. Ketawa terus sama apapun segaring apapun se krenyes apapun se nggak lucu apapun bahkan ke sesuatu yang nggak diniatin buat bahan candaan, dia tetep aja ketawa. Lucu banget emang adek satu ini. Iya, lucu banget. Tapi mendadak jadi foreign swagger waktu ngerapp. JAHAT KAMU DEK!.

Kalian nggak akan bisa nggak ngebias Mark (dan TY) ketika kelar dengerin “You Make Me So Mad” apalagi yang kupingnya emang favorit ke lagu-lagu yang full ngerapp. Rapnya Mark tuh selalu ya smooth banget apalagi kalau ngerap inggris. HUFT HATI INI. Beneran asoy banget. Gue kalau ada rap Mark di Fire Truck tuh yang “Yeah. Be anywhere everywhere hgasb`qdhjc Look at look at now dhgydhsbc Blinggggg hewgjew Just bling for me bshcfeshcnkje” tapi beneran sih asik banget.

Gue lupa gue belum bahas rapnya TY di atas. Gue sempilin disini ah.

Bedanya Rap TY sama Mark tuh kalau TY suaranya bisa dibikin tebel dan rendah. Sejauh ini, Mark kalau ngerap tuh alus gitu suarnya. Persamaannya, SAMA-SAMA SLAY!!! Ini anak emang ya dapet banyak pujian hamdalah karena katanya rap nya bukan SM banget. Tapi faktanya dia SM YA LO MAU APA. Gimanapun, SM juga yang sedikit banyak ngajarin. Sayang banget si TY padahal rapnya juga enak tapi yagitu lah tau sendiri au ah gelap ah udahan ah.

Mark masih kalau ngomong suka gagap. Tapi itu yang bikin dia lucu banget sih. kalau udah ngomong inggris BEUUUH… udah kyk bule-bule yang jadi VJ acara musik gitu gasih asek bangets

  1. Haechan

Birth Name : Lee Dong-hyuk (이동혁)
Stage Name : Haechan (해찬)
DoB : June 6, 2000
PoB : South Korea

KENAPA SM KASIH STAGE NAMENYA TELAT? Beneran gue masih bener-bener asing banget dengan nama Haechan. Donghuck itu udah melekat banget. Dulu, gue emang mikir kalau nama “Donghyuk” emang mainstream, tapi gue pikr SM udah ngerti karena nama Donghyuk ditambahi C menjadi Donghyuck. Ya gue pikir kalo gue search di google bakal ada perbedaan munculnya (padahal hangulnya sama aja). Tapi ternyata waktu debut, namanya di ganti. Jadi aneh aja gitu. Tapi gapapa sih Haechan juga nama yang bagus. Berubah nama, diri dia juga harus berubah sesuai namanya dong! FIGHTING!

Haechan tuh (apa banget gue panggil Haechan) anaknya emang lumayan nggak kaku di kamera. Mungkin karena dari Mickey Mouse Club juga dia dilatih biar nggak grogi. Anaknya lucu banget dan Pdan. Lawak juga. Jadi asik aja. HAHAHA. Nggak ada DoTen dapet pengganti YuChan (?) kayaknya lawaknya dan ngocehnya bakal imbang HAHAHAHA.

Dia juga masuk vocal… DUH emang dia vocalnya unik banget sih kentara banget, khas banget. Pernah cover You’ll be in My Heart di MMC dan itu suaranya khas banget. Ketika dia nyanyi, semua bakal tau kalau “oh, itu Haechan!”. Tapi sayang, karena dia vocal ge pengennya partnya lebih banyak aja di album kali ini. Tapi di Fire Truck udah pas sih. Cuma di lagu lainnya tuh kurang keliatan aja. Padahal suaranya dia tuh sesuatu banget.

Gila, gue udah nulis 12 lembar aja.

Gue harus mempersingkat ini deh.

HAHAHAHA.

Okedeh itu aja pembahasan per membernya dari gue. Dan juga pembahasan singkat tentang NCTnya. Semoga NCT bisa berjaya dan SM sukses sama projek NCT nya. Juga semoga besok partnya makin imbang. Nggak cuma buat title track, tapi juga lagu sealbum. Kasian banget Winwin cuma dikasih seupil bahkan gue masih belum bisa nunjuk mana suara si Winwin.

Buat yang biasnya belum debut, sabar aja. Semua akan indah pada waktunya.

Tenkyu buat yang udah baca postingan gue kali ini yang tumben lumer-lumer banget puanjang banget. Maafkan kalo ada beberapa pernyataan yang emang salah dan bikin salah paham. Dan gue juga banyak menuangkan opini belaka maafkan. HAHAHAHA.

Sampai ketemu di tulisan gue selanjutnya

Byeee~~~

wp iidonghae

Iklan

12 thoughts on “[Cuap Cuap] Ngomongin NCT 127

  1. Annyeong:-)
    Baru baca blok kamu, dan aku suka bnget, penulisan dan kata2 nya sip, wawasan tentang nct nya juga keren,

    Hmm, dari interview nct 127, disitu ty jelsin nct u fleksibel, nct 127 permanen, tapi gak tau sih, itu yg dimkasud tim alpha atau bukan.

    Iya nih, mark sering bnget gagap klo ngomong, lita di v app sama nct life in paju, gemes liat mark. Polos bener, berasa maknae:-D
    Maaf nih jadi ngomong mark, ku bias mark n taeyong , walaupun gk bisa mungkirin suka juga semua anggota nct baik yg belum atau udah debut haha

    Ditunggu blog tentang nct selanjutnya , semangat chingu:-)

  2. Baru kepoin blog kakak, seru banget baca nya sampr nangis pas waktu bahas bias tercintaaa kwkwk win win, ternyata nggak aku aja yang takut kl dia keluarr (semoga aja nggak)😂😂 kl nggak ada dia rasanya nct kehilangan power of aigoo, tetep semangat ya kak nulis blognyaa 😁 fighting

  3. Gue lagi ubek ubek reviewan NCT sapatau dah keluar karena dah debuan lama banget tu MV keluarnya, akhirnya gue tiba tiba dateng kesini tanpa sadar alias nyasar. Gua ga niat komen panjang sih karena gue takut komen gua ngalahin panjang itunya Yuta HAHAHAHAHA #slapped.

    Anyway gue mau nambahin aja kalo ngomongin soal beb Oyong, suami ane, wajar dia cem anime gitu. Maklum, anaknya mas Jaejoong yang cem anime level kakap. Pemikiran lo soal nama si Dongodong sama kayak gue, APA APAAN KOK MENDADAK KASIH NAMANYA SIH IH ZBL. Sampe sekarang, saking gamon sama jaman esemrukis, gue masih manggil dia Donghyuck wkwk. Donghyuck nih cem Eunhyuk ya, dikasih nama panggung tapi nama panggungnya lokal dan berasa born name aja #apasi

    Kalo gue sih ya nunggu momenya Donghyuck (tuh kan gue gue gamon mulu) sama Doyoung. Gue gabisa bayangin gimana ributnya dua manusia (atau bisa gue bilang calon kepala rumah tangga gue HAHAHAHA #edisigila)

    Yaudah. Sekian komen gapenting gua. Gue new visitor sih di blog anda but i admit that this post is great, dude! Anyway, maafkan jika komentar saya kurang berkenan, sepertinya penulis sama saya itu seperti Jaehyun dan Donghyuck, jadi mohon maaf kalo terkesan slengekan(?), dan tidak sopan. Orang kayak saya mah disuruh diem makin ribut (?).

    (Nyatanya gue baru sadar gue nulis komen kepanjangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s