[Cuap Cuap] Ada Apa di SMA

Selamat malam semuanya, nggak kerasa sekarang udah awal bulan Juli. Ramadhan tinggal dikit, habis ini seneng-seneng hari raya kumpul keluarga, mudik. Setelah itu masuk kuliah -___-.

Ditengah berisik lagu Don’t Forgetnya Crush yang gue puter kenceng-kenceng di kamar, gue kembali memutar beberapa memori dan mengulang beberapa monolog gue jauh sebelum gue UN kemaren. Dulu, gue sudah merencanakan akan menulis dan berbagi apa saja yang gue alami di masa SMA. Bukan cerita pribadi juga sih, lebih ke berbagi apa aja yang udah gue lalui dan yang nggak sempat gue lalui di masa SMA secara garis besar. Juga bisa buat gambaran bagi kalian yang mungkin akan masuk SMA atau masih di SMA. Apa aja yang mengiringi dan menemani masa SMA, yang kata ftv masa-masa paling indah.

Gue sempet mikir, kenapa sih banyak yang bilang masa SMA adalah masa yang paling indah? Pasti ada alasannya! Dan gue mulai mencari jawabannya, mencarinya hanya melalui beberapa perenungan dan bermonolog dengan diri gue sendiri. Masa SMA menurut gue masa transisi dimana kita-kita melalui masa labil dan nggak terlalu berpikir jauh di SMP, dan masa dewasa dan dituntut untuk menjadi lebih banyak mikir di masa kuliah. Jadi masa SMA ini masa dimana kita masih pengen seneng-seneng tapi kita juga tau apa aja konsekuensi dari apa yang kita perbuat. Masa dimana kita masih pengen menikmati masa muda, tapi juga kadang kala kita udah bisa mikir jauh. Kita udah tau baik buruknya, tapi tetep aja dilanggar yang penting seneng. Jadi ada kesan disitu. Ada kesenangan-kesenangan yang kita pikirkan jauh, ada pelanggaran-pelanggaran yang sempat kita renungkan, ada perbuatan yang kita tau jelas konsekuensinya. Makannya, semua itu menjadi berkesan karena ada pemikiran dan perenungan. Ada yang membekas dari apa yang udah kita lakukan. Dan mungkin berakhir menjadi kenangan indah.

Waktu TK, kita nggak terlalu banyak mikir, kenapa ini dan kenapa itu. Waktu SMP, kita lebih bisa mikir lagi. Masa SMA pasti lebih banyak lagi. Dan masa kuliah dan dewasa nanti, pasti banyak sekali hal-hal yang lebih kita pikirkan lagi. Tapi ketika dewasa, perlahan apa yang kita pikirkan akan sejalan dengan apa yang kita lakukan. Kita udah bisa berpikir jauh dan tentunya diiringi dengan perbuatan yang sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Karena masa labil kita perlahan habis (?).

Kadang ditengah-tengah gue melakukan sesuatu yang kecil, gue mikir sesuatu. Ada aja pertanyaan di otak gue. Kemudian ada pikian lain. Tiba-tiba gue inget gue pernah melakukan hal-hal semacam ini dulu, ketika gue masih kecil. Tapi gue nggak pernah membuat pertanyaan, gue hanya akan menjalankan. Yah namanya juga anak kecil.

Kenapa gue jadi membahas tahapan sekolah gini sih. hahaha. Oke gue akan mulai lebih fokus bahas masa SMA.

Apa aja sih yang akan menemani masa SMA kalian? Gue akan memaparkan beberapa garis besarnya.

Read More »