[Review] BTS EPILOGUE “Young Forever” MV

Selamat hari sabtu semuanya!!! Gue kembali membawa review yang bisa dibilang cukup telat untuk gue bahas disini karena BTS sekarang sudah mengeluarkan MV Teaser untuk “Fire”. Huhuhuhu~~~ gue tahu ini sangat telat. Waktu hari perilisan, gue udah keburu pengen banget nulis tapi karena hari libur, gue harus main sama temen-temen sehingga gue lupa buat ngereview. Dan hari ini tiba-tiba gue inget, kenapa gue nggak review “Young Forever”, ya?

Oke gue akan bahas tentang MV ini singkat aja toh karena ini bukan MV untuk title track sehingga gausah terlalu dibikin ribet.

Oke mulai.

MV ini dimulai dengan logo bighit (penting banget gasih gue nulis ini). Kemudian ada tulisan Young Forever dan lanjut terlihat jaring-jaring ala gawang sepak bola (enggak ya) dengan bambu-bambu lusuh sebagai penyangganya (bahasa gue kenapa tiba-tiba….).

Kemudian di shoot dari atas dan terlihatlah sebuah maze dengan gambar satu lingkaran ditengah.

Kemudian burung-burung berterbangan dan roll film yang muncul sekilas. Kemudian shoot satu roll film punggung rapmon dan mulailah member BTS bermunculan.

Ketika gue lihat, part awal alias sebelum reff ini, banyak benda-benda yang merepresentasikan para member dengan MV-MV sebelumnya (I NEED U dan RUN) tapi ada juga yang gue cari kok nggak nemu dan nggak nyambung.

Yang pertama Rapmon dengan tali-talian. Emang ini sangat ganyambung dan gue nggak menemukan hubungan tali-tali ini dengan Rapmon dan MV-MV sebelumnya karena Rapmon di MV sebelumnya terlibat dengan pom bensin kalau nggak ya permen. Apa yang dimaksud adalah asapnya???.

Kemudian Jin juga kayaknya tanpa benda yang mewakili dirinya, dia Cuma menatap sinar matahari. Tapi apa menatap sinar matahari ini juga ada hubungannya dengan MV INEED U waktu Jin membuka jendela? Yakan sama sama berhubungan dengan cahaya matahari. Gue udah mulai ngarang ngaco. Mungkin Jin di MV INEED U Cuma berbaring di kamar dan sekarang dia sudah mau menatap matahari -_-.

Kemudian Suga dengan api-api-an-nya karena Suga di MV sebelumnya juga berhubungan dengan api-apian entah bakar diri atau apalah ya itu. Tapi kali ini api itu membakar foto-foto mereka. Yang paling jelas sih api itu membakar foto dengan muka Jin.

Suga pun membawa korek api. Untuk yang dibawa bukan kayu bakar.

Dan lanjut hani babi gue yang mukanya semakin dewasa huhuhu~~~ duduk-duduk ganteng bersama bulu-bulu angsa yang berterbangan. Gue pun belum bisa menemukan korelasi bulu terbang ini dengan kisah Jungkook sebelumnya. Tapi di MV RUN ada bulu-bulu kanya? Inget gak? Wah apa kah hubungan bulu-bulu di MV RUN dan MV Young Forever? Gue males ngarang.

Kemudian Hobi dengan pil-pilnya yang berserakan di aspal. Dan masih dengan bulu-bulu angsa.

Jimin dengan airnya. Sampe tangannya netes air, muka dan rambutnya juga basah. Sama dengan MV yang sebelumnya.

Ditengah-tengah mereka beradegan ganteng juga terdapat cuplikan dari MV-MV sebelumnya baik I NEED U maupun RUN. Gue menyimpulkannya sih karena mereka di MV ini hanya merenung dan melamun dan tentunya pasang muka ganteng doang, tanpa beradegan banyak, gue ngelihatnya mereka sedang memikirkan tentang masa-masa mereka berada di MV sebelumnya, kejadian-kejadian apa aja yang udah masing-masing dari mereka lalui di masa sebelumnya. Dan diperkuat dengan beberapa benda yang merepresentasikan apa yang dilakukan para member di MV sebelumnya.

Dan kemudian sampailah pada reff.

Disitu Jimin mulai lari semacam mencari jalan. V pun ikut lari cari jalan keluar dari maze tadi. Tentunya ditengah-tengah V pun bingung mau pilih jalan yang mana. Ditengah-tengah kebingungan memilih jalan, dia diingatkan dengan adegan-adegan di MV sebelumnya.

Disitu member bangtan mulai lari semua dan bingung cari jalan keluar. Disaat mereka lari juga mereka inget lagi saat-saat kebersamaan para member di MV sebelumnya.

Dan akhirnya mereka mulai menemukan jalan keluar. Tapi disitu V menjadi paling akhir yang keluar dari maze. Bahkan kepala dia sempat kebalik. Apa itu tandanya V bingung? Bisa jadi. Lalu pada akhirnya V pun ikut join jalan sama member bangtan di lapangan pesawat terbang.

Kemudian mereka lari dan memasang ekspresi yang sangat bahagia. Mereka pun kembali diingatkan dengan masa lalu mereka.

Gue suka banget part terakhir yang suara nyanyi bareng-bareng dengan suara tepuk tangan ituloh wahhhh… kalau dinyanyiin di konser pasti mengharukan banget.

Kemuian muncullah pesawat terbang yang siap menjajah langit.

Yuhuuuu…. begitu guys.

Kemudian

Krik

Ada beberapa hal-hal yang agak aneh di MV ini.

Pertama, mazenya hanya berupa jaring-jaring dan itu tembus pandang. Ya gue heran aja ada gitu ya maze yang tembus pandang? Jadi esensi dari tersesatnya nya itu agak kabur. Karena bahkan lo bisa melihat sampai sejauh mana lo berlari, bahkan lo bisa mengira-ngira seluas apa mazenya. Dan kapan kira-kira lo bisa keluar (?).

Yang kedua, sudah gue bahas diatas yaitu ada member yang nggak memiliki benda untuk mewakili para member dari MV sebelumnya. Tapi yang ini antara gue yang males cari aja atau emang sengaja nggak ada gue juga ngga paham.

Yang ketiga, gimana ceritanya ada maze di lapangan penerbangan? Dari MV tersebut, ketika mereka kebingungan, mereka seolah-olah lari kemudian berhasil keluar dari maze. Dan mereka keluarnya tiba-tiba di bandara. Jadi seolah-olah setting maze dan bandara itu sebelahan. Apa jangan jangan pintu keluarnya adalah pintu doraemon?

Yang keempat gue pengen melontarkan beberapa pertanyaan.

  1. Kenapa foto Jin terbakar?
  2. Apa maksud kepala V terbalik?
  3. Apa hubungan bulu angsa di MV “Young Forever” dengan MV “RUN”?
  4. Dari semua teori INU, RUN, dan PROLOGUE yang udah beredar, teori siapa yang paling bener?

Yang kelima, gue mau bahas pertanyaan gue di poin empat yang nggak akan gue jawab. Oke, anggap gue hanya bertanya disitu.

Di tengah-tengah, ada adegan dimana Jungkook niup lilin, V nyeburin diri, dan tangan yang meremas kartu dengan gambar kupu-kupu hitam (bisa jadi ini berhubungan dengan MV RUN). Gue mikirnya adegan ini adalah adegan penyelesaian masalah. Kenapa gue sebut adegan tersebut adalah adegan penyelesaian? Kenapa? Coba dianalisis (apaan sih gue).

Terus tiap selang perpindahan member itu nyambung gitu. Dari Rapmon ke Jin jaring-jaring, Jin ke Suga foto Jin, Suga ke Jungkook kayaknya nggak ada sih, Jungkook ke Hope bulu angsa, Hope ke Jimin kameranya muter dan jadi gelap, kemudian Jimin ke V lari pegang tiang. Yang nggak paham bisa langsung cek MV nya aja dan lihat kejadian (?) yang memisahkan adegan permembernya.

Udahlah itu aja. Tapi overall tanpa gue melihat teori-teori dari tiap-tiap adegan dari adegan besar sampai adegan kecil, gue sudah cukup tersentuh dengan MV dan lirik “Young Forever”.

Ketika gue melihat MVnya tanpa baper lirik dan MV sebelumnya, gue membuat gambaran sendiri.

Jadi simpulannya, maze itu seakan-akan menjadi wadah kehidupan para remaja alias “youth” yang suka diungkit-ungkit BTS. Di masa remaja, kita jelas jadi anak yang labil dan penuh masalah (tidak hanya dalam artian negatif). Banyak banget masalah-masalah yang kita hadapi di waktu muda. Disana, member BTS seakan-akan menjadi tokohnya. Bisa nggak mereka survive kehidupan remaja mereka yang super ribet (di MV INU dan RUN). Akhirnya, dengan banyak masalah yang mereka hadapi (dengan roll film flashback) mereka berusaha untuk mencari jalan keluar. Mereka nggak bisa terus-terusan stuck dan mereka harus bisa survive kehidupan kemudian menemukan jalan keluarnya. Akhirnya, mereka berusaha cari jalan keluar dan mereka keluar maze dengan riang gembira. BTS bisa menikmati hidup dengan indah dan seolah-olah menjadi remaja selamanya.

Versi keduanya bisa jadi maze itu menggambarkan BTS yang terkurung, banyak banget masalah yang bikin BTS nggak bahagia (di dalam maze) sewaktu muda. Dan akhirnya mereka mencoba keluar dari maze agar masa muda mereka nggak selalu terkungkung dengan masalah yang ngeruwetin. Mereka keluar dan bebas. Mereka mau bebas kayak apa yang bisa dilakukan pemuda biasanya. Masa-masa bebas dan bahagia. Sehingga ketika mereka bebas dan bahagia, mereka akan menjadi seperti remaja selamanya.

Gue juga kemdian terfikir untuk menjawab pertanyaan “kenapa sih mazenya jaring-jaring?”

Tapi ini ngarang aja sih. Bisa jadi maze jaring-jaring ini membuat BTS sebagai tokoh yang berada dalam maze alias dalam masalah bisa melihat keluar, bisa lihat kalau “c mon guys, dunia ini luas banget dan lo masih mau-maunya stuck sama satu masalah?” semacam itu. Biar mereka tau kalau diluar sana ada kebebasan dan keindahan kalau mereka berusaha keluar. Biar nggak gelap-gelap banget kalau mazenya tembok. Kalau mazenya tembok, lo gak akan bisa mengira-ngira apakah lo bisa keluar? Apa dunia diluar sana indah dan bisa ngasih kebebasan? Apa di luar sana bener-bener ada kebebasan? Jangan jangan emang nggak ada jalan keluar?. Jadi kalau dipikir-pikir secara random, maze jaring-jaring ini bisa jadi memiliki makna yang oke.

Kayaknya itu aja review dari gue. Dan tentunya semua yang diatas banyak ngarangnya. Tapi selagi ngarang gue positif sih kayaknya nggak masalah. Hahahahahha…. gue juga nggak menghubungkan review gue kali ini dengan teori-teori untuk MV sebelumnya, karena jatuhnya pasti bakal ribet, jadi gue hanya berfikir “gimana sih kalau gue hanya melihat MV ini?” seperti itu. Mau member BTS hidup semua atau mati semua atau Jin mati atau V mati atau apalah yang penting mereka tetap hidup di hati ARMY (asek banget uhuy).

Untuk MV Teaser Fire. WAHHHH BTS SLAY!!! Belum juga keluar MV gue udah heboh sama MV teasernya. Bayangan gue MV Fire besok dan lagunya bakal punya vibe yang mirip kayak Dope. Tapi itu perkiraan gue sih. karena dari trilogi kali ini, gue paling banyak punya “kayaknya kayaknya” di Fire. Semoga bangtan selalu sukses selalu.

Terimakasih untuk bighit yang semakin oke karena pakai buatin MV Young Forever yang membunuh banget karena rilis secara tiba-tiba. Dan makasih bighit tau banget perkembangan bangtan, tau banget kalo mereka sekarang udah BOOOM dan mereka dikasih sesuai apa yang udah mereka raih sekarang. Yaitu MV ini. Yuhuuuu~~~.

Oke sekian review gue. Maaf kalau banyak ngarangnya

Akhir kata

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

2 thoughts on “[Review] BTS EPILOGUE “Young Forever” MV

  1. Setelah baca review ini, satu hal yang kepikiran itu ‘army butuh beginian.’
    Ya tau kan ya kebanyakan teori yang beredar terlalu serius sampe nyangkut peterpan lah, bunuh bunuhan lah, grim reaper, dan sebagainya. Butuh dong ya review yang gak begitu berat degan bahasa santai bin lawak kaya gini :v
    Thanks buat reviewnya, menghibur sekali~~~ 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s