[Cuap Cuap] Ngomongin NCT U

Ehm ehm

Bersihin debu

Selamat malam semuanya yuhuuuuuu…. gue balik setelah sekian lama menghilang dari peradaban. Tahu sendiri lah gimana riwehnya anak kelas 12 dan hari ini baru kelar UNBK. Emang sih yang ujian pake paper bikin sirik karena cuma tiga hari, tapi memang takdirnya kayak gini. Itung-itung beramal sama adek kelas yang liburnya lebih panjang.

IMG_3979

Oke sebelum gue fokus ke judul, hari ini kenapa gue membahas grup lain lagi, setelah sekian lama gue hanya berkutat dengan bangtan? Ini adalah pertanyaan yang sangat simpel jawabannya. Tau kan gimana posisi idol ketika mereka pada masa antara lama abis kambek dan kelar konser dan hampir mau kambek lagi? Pasti sepi, minim kabar dan tiada nampang mukanya di tv. Jadi ini adalah kesempatan emas untuk gue menjajaki idol-idol lain yang lebih baru dan segar. Itulah sebabnya dulu disini gue juga pernah membahas tentang Seventeen dan Monsta X sekitar pertengahan antara kambek HYYH PT 1 dan PT 2.

Tapi anehnya, dulu gue ke seventeen itu bener-bener seolah-olah gue hampir saja masuk fandom. Ngumpulin eng sub dan downloadin muka Joshua sama Mingyu di setiap fansign event. Gue seolah-olah sehardcore itu sama mereka pada saat itu. Tapi apa daya, setelah bangtan kambek, mereka bisa membuat gue kembali. Membuat gue tiba-tiba mengabaikan eng sub seventeen di beranda youtube.

Gue memang tipe orang yang bisa dibilang nggak menghindari hal hal semacam itu. Maksudnya semacam “ah, gue nggak bakal suka sama dia” atau “ah, gue nggak bakal suka sama grup yang itu” karena bagi gue, akan ada banyak hal-hal yang kita sukai nantinya tanpa kita rencanakan saat ini, begitu juga dalam hal nggak suka. Asek. Maka dari itu, dengan grup baru, selagi grup itu menarik dimata gue, gue bisa kepoin mereka sampe mata berdarah-darah (WHATTT). Tapi kembali lagi apakah dimasa depan gue bisa mempertahankannya atau tidak. Si grup baru itu bisa lebih menarik dari grup lama atau tidak (lirik yang inisialnya bangtan) . karena urusan korea korea gini bukan sesuatu yang harus banget untuk dipertahankan (?). semuanya tentang selera sih menurut gue. Ya itu menurut gue aja sih.

Lah untuk grup baru SM ini, gue heran. Gue tuh sama SM emang nggak ada hubungan. Maksud gue untuk saat ini gue nggak terikat dengan salah satu fandom idol SM (dulu iya -_-). Tapi SM selalu menarik mata gue untuk kepoin mereka. Setidaknya gue harus tahu SM lagi apa (?).

Oke gue akan lebih fokus untuk membahas NCT. Tapi gue ingatkan sekali lagi karena postingan ini seperti biasa lebih banyak mengandung opini daripada fakta yang ada jadi jangan dibikin pusing dan diambil hati alias dibaperin.

Pertama-tama, SM memperkenalkan trainee mereka sebagai SMROOKIES yang tau lah anggotanya siapa saja, kemudian para trainee ini diperkenalkan di Youtube mereka. Jebolan SMROOKIES yang pertama adalah Red Velvet kecuali Joy dan Yeri. Kemudian SMROOKIES BOYS masih aja belum debut dan disimpen sama SM. Tapi nggak sampai disitu, gue emang kagum sih sama strategi SM memperkenalkan trainee mereka. Ketika banyak agensi yang memperkenalkan traineenya dengan cara membuat survival show, tentunya SM memilih jalan yang berbeda. SM malah lebih cenderung menyelipkan para traineenya di acara-acara TV yang sudah ada. Jadi untuk masyarakat umum yang nggak SM banget, akan secara tidak sengaja bertemu dengan trainee SM. Sebut saja beberapa trainee yang nongol di EXO 90:2014, Yuta di Abnormal Summit, Doyong dan Jaehyun jadi MC Show Champion, Mark, Jeno, Jaemin Donghyuck, Jisung, Koeun, Hina, Herin, Lami di Mickey Mouse Club. Terus ada lagi gak? Nggak tau gue :v.

Yuta di Poster “Abnormal Summit” baris ke 2 paling ujung kiri ❤
SMROOKIES Junior di poster “Mickey Mouse Club”
Doyoung+Jaehyun MC di “Show Champion”

Selain itu, SM juga membuat aplikasi khusus SMROOKIES BOYS namanya SMROOKIES APP. Lah menurut gue aplikasi ini emang terkhusus untuk yang SM banget karena nggak mungkin yang nggak SM banget kok tiba tiba install ni aplikasi. Menuh-menuhin memori aja. Yakan?. Tapi SMROOKIES APP inilah salah satu strategi SM untuk membentuk NCT. Applikasi ini seakan-akan buat survey para fans. Enaknya nanti boibennya diapain ya? Konsep yang lagi disukai saat ini apa ya? Rata-rata umur member yang pantas debut nanti berapa? Bahkan bisa jadi terbentuk banyak pairing (fanmade) antar member disitu. Kemudian mereka juga bikin semacam konser kecil atau bisa dibilang Showcase lah yang namanya ROOKIES SHOW yang sudah terbang hingga Thailand. Tepuk tangan!.

Poster “Rookies Show”

Lah, setelah itu, jebolan SMROOKIES yang kedua adalah NCT. Yang digadang-gadang Lee Sooman akan menjadi projek besar SM. Dengan member yang no limit jadi kemungkinan bisa menambah member (rumornya sih bisa sampai 40 member). Dengan banyak sub unit yang tersebar ke berbagai kota-kota besar di dunia. Dan sub unit ini sifatnya fleksibel bisa masuk kemana aja tergantung selera (?). pertama-tama sih gue nggak bisa membayangkan, bagaimana jadinya sebuah boygrup beranggotakan 40 member semua berdiri diatas panggung. Ini kek mau menyaingi AKB48 nggak sih? dan ini boygrup yang jelas punya dance move yang sharp. Bisa-bisa panggungnya jebol -_-.

Kemudian, dengan member yang no limit ini, sebenernya ada kekurangan dan kelebihannya sih. kelebihannya, waktu ada yang lawsuit (?) posisinya bisa ditambal dan bisa memperbanyak anggota, distribusi pada tiap-tiap kota atau negara semakin luas (ngarang aja sih gue). Tapi kekurangannya, nggak bakal ada OT-OT-an karena memang jumlah membernya bisa saja berubah. Masa OTnya mau berubah terus? Lah dengan tidak adanya OT-an (?) ini, maka menurut gue sih fans bakal kurang megang erat gituloh (gue ngomong apa deh) ya gitu lah jadi bawaannya mereka kurang ada pegangan gitu.

Gue yakin sebagian dari kalian penasaran sekaligus mupeng sama rencana SM ini. Tapi nggak berhenti sampai disitu, ternyata yang debut pertama adalah sub unit NCTU bukan globalnya (?) alias NCT. Semakin mupeng kan?. Jadi semacam yang debut itu EXO K dulu atau Super Junior M dulu misalnya. Tapi gue kemarin sempat mikir, sempat menghayal bakal kayak gimana debut sub unit yang lain. Dan gue menghayal bahwa nanti NCT sub unit lain akan melakukan debut di setiap tahunnya. Jadi tiap tahun SM akan menguasai dunia Rookies dan akan menyabet semua Rookie Award. bye. Kemudian setelah semua sub unit di NCT debut, barulah NCT yang bener-bener NCT muncul (?). tapi sekali lagi itu hanyalah hayalan gue. Ya semoga SM segera mendebutkan yang lain karena udah banyak yang kecewa biasnya belum debut atau kopelannya dipisah.

NCTU sudah dijelaskan bahwa mereka adalah sub unit. Tapi, di dalam unit tersebut, masih ada pembagian lagi (boleh memberi sumpah serapah untuk SM kok boleh asal gakada yang denger). Ini adalah gambaran pembagian grup tersebut.

IMG_3478
yang bikin konsep pasti anak IPA garis keras

Ini semacam konsep gabungan dan irisan. Gilak loh sampe dibikinin diagram venn hahaha.

Jadi NCTU 1 terdiri dari Taeyong, Doyoung, Ten, jaehyun, dan Mark. Dan debut dengan membawakan lagu 7th sense. Sedangkan NCTU 2 terdiri dari Taeil, Doyong, dan Jaehyun debut dengan membawakan lagu Without You. Sehingga TY, Ten, dan Mark nggak bisa sama Taeil begitu juga sebaliknya. Tapi gue nggak ngerti apakah diagram itu berlaku selamanya atau hanya untuk debut kali ini. Kita tungguin aja. Pokoknya buat yang kepo ini grup kalian hanya bisa menunggu dan menerka-nerka tak berujung.

Dan untuk lagu yang mereka bawakan, pertamanya gue merasa aneh dan sangat asing dengan 7th sense, gue meresa genre mereka keluar dari SM banget. Nggak kayak SM biasanya. Dan lagunya bukan selera gue. Tapi akhirnya gue ketagihan sama ini lagu. Untuk Without You, lagunya ala ala band banget. Gue seperti sedang mendengarkan lagunya Day6 beneran. Mana suaranya Jaehyun cocok banget buat suara vocalis band.

Untuk MVnya, lagi lagi 7th sense gue nggak suka sama MVnya. Beneran polos tapi ya gue terima aja. Mana member yang ganteng-ganteng mukanya dibikin siluet kalo nggak putih abu abu dipikir seragam SMA? Kan sayang udah pada ganteng-ganteng. Untuk MV without You gue suka soalnya ada Winwin dan kegantengan para member tergambarkan dengan nyata (?).

Oke dan sepanjang cuap-cuap ini gue belum membahas permembenya -_- gue ngapain aja. Okedeh gue akan membahas per member dari NCTU. Cekidot.

  1. Taeyong
Birth Name : Lee Taeyong (이태융)
Stage Name : Taeyong (태융)
DoB : July 1, 1995
PoB : South Korea

Dengan melihat wajahnya, lo semua nggak akan bisa menolak pesonanya. Hahaha gimana dong emang tingkat kegantengan diatas rata-rata. Tapi ternyata nggak hanya ganteng yang bikin hati porak poranda, dia di dianugerahi talenta yang luar biasa (bahasa gue).

Taeyong pertama kali dimunculkan ke publik dengan SMROOKIES, kemudian dia ikut featuring rap Red Velvet yang Be Natural. Dia juga ikut andil dalam banyak video SMROOKIES. Awalnya, gue sama sekali nggak menebak posisi dia apa dalam grup. Waktu teaser 7th sense keluar, ternyata dia rapper dan juga dance nya oke. Wah, nggak main-main, taeyong (dan Mark) ikut menulis bagian lirik di lagu 7th Sense. Tepuk tangan semuanya! Pesonanya semakin nambah lagi ketika dia (bersama Ten atau gimana koreksi kalau salah) menjadi main dancer di NCTU.

Awalnya gue bener-bener nggak ngerti siapa yang kira-kira bakal jadi leader di NCTU karena menurut gue kurang ada yang cocok aja (dengan hanya mempertimbangkan wajah mereka). Tapi, banyak momen dimana Taeyong seperti berperan sebagai leader. Wah, keluar dari ekspektasi gue banget. Karena di video-video SMROOKIES sebelumnya, Taeyong yang gue lihat itu kurang responsible (dengan pertanyaan) sedangkan seorang leader menurut gue harus nyerocos. Mana di SMROOKIES dia kalau ditanya senyam-senyum mesam-mesem. Wah, bayangan gue semakin hancur pada saat itu. Karena sebelumnya juga, bayangan gue TY ini bakal jadi yang super hits ganteng ala ala Oseh sama PCY gitulah. Tapi setelah gue melihat NCTU di On Air NCT Show di V App, gue bisa dibilang merasa bahwa Taeyong emang cocok untuk menjadi leader. dia orangnya terorganisir banget dan banyak ngasih wejangan ke para membernya, bahkan dia sering ngomel dan tentu itu semua demi kebaikan membernya. Dia juga sekarang jadi lumayan nyerocos sih kalo ada pertayaan langsung sat set jawab. Dia juga luwes. Cocok lah untuk menjadi leader NCTU.

Tapi… Jeng Jeng Jeng… Ternyata NCT U nggak berleader.

lihat videonya disini

bahkan mereka tidak mengakui (?) posisi mereka di grup (semacam lead vocal, main vocal, lead dancer, dll)

Lihat videonya disini

Tapi gue agak yang “yang bener?” “masa sih?” menurut gue, dalam satu tim, terus nggak ada leader ini agak nggak mungkin. Team yang nggak ber leader? Nggak bakal bisa jalan. Gue rasa Taeyong ini megang peran sebagai leader seperti greeting dll dll tapi nggak dinamain leader. Ya itu pendapat gue.

Dan untuk masalah Taeyong, sebenernya gue agak males sih bahas beginian tapi karena banyak yang bahas dan gue pun ikut baper. Mengenai masa lalunya, Taeyong di acara itu secara gak langsung bahas masalah kesalahannya. Dan sebagai idol yang baru banget netes, itu adalah hal yang sangat perkasa (?). serius dia baru debut dan melakukan hal itu tuh waw sih menurut gue (walaupun disampaikan secara nggak langsung). Banyak banget haters tanpa alasan yang mulutnya kemana-mana ngatain TY secara berlebihan (menurut gue). Gue sih simpel, ketika seseorang berbuat salah dan udah minta maaf dan mengakui kesalahannya, gue menganggap bahwa oke. Gitu. Oke maksudnya oh yaudah. Gue nggak akan membawanya ke jenjang yang lebih panjang lagi. Masalah tulus dan tidaknya, gue serahkan pada yang di atas. Tapi itu bagi gue. Bagi haters ya bisa jadi tidak seperti itu. Pokoknya semoga TY tetap kuat dan haters tidak mengganggu ketampanannya (apaan sih).

Dan untuk masa lalu idol sih menurut gue haters gonna hate sampai dibawa kapanpun. Sebanyak apapun idol minta maaf, haters tetep aja ada. Pengalaman banyak idol yang dirumorkan iljin sampai dia sukses dan bertahun-tahun debut, kalo ada masalah dikit pasti masa lalunya diungkit lagi. Emang ya hmmm… pokoknya semoga haters nggak mengganggu eksistensi TY aja sih dan membuat fansnya makin banyak. FIGHTING!!!. Biasanya jumlah haters berbanding lurus dengan jumlah fans dan tingkat kesuksesan.

  1. Taeil

Birth Name : Moon Tae-il (문태일)
Stage Name : Taeil (태일)
DoB : June 14, 1994
PoB :South Korea

Taeil ini diperkenalkan di SMROOKIES paling akhir diantara member-member yang lain. Sebenernya gue penasaran kenapa 7th Sense Taeil nggak ikut? Pertanyan itu selalu muncul dibenak gue. Tapi gue nggak mau suudzon, mungkin ini memang jalannya rencana SM. Tapi gue pikir dia bakal jadi main vocal tidak hanya untuk NCTU, tapi juga untuk NCT (lagi-lagi gue mengarang indah).

Taeil pernah ngisi soundtrack yang berjudul Because of You dan hal itu mengingatkan gue pada Wendy Red Velvet yang sebelum debut juga mengisi soundtrack untuk drama Mimi. Apakah ini termasuk salah satu strategi SM? Wah kita hanya bisa menebak-nebak ya untuk kesekian kalinya.

Taeil ini adalah member yang paling tua di NCTU. Di On Air NCT Show, menurut gue dia grogi banget yang bener-bener matung. Ketika Heechul ngelawak dan semua member ketawa kenceng banget, si Taeil kayak duh gue harus ketawa nggak ya, senyum aja deh tapi nggakenak nih masa senyum doang semacam itu. Hahaha. Semoga tidak lama Taeil bakal improve tingkat Pdnya yaaa!!!.

  1. Doyoung

Birth Name : Kim Dong-young (김동영)
Stage Name : Doyoung (도영)
DoB : February 1, 1996
PoB :South Korea

Doyong ini perkenalannya juga bisa dibilang baru dibandingkan kebanyakan member NCTU, tapi lebih dulu daripada Taeil. Diantara semua member NCTU, menurut gue dia yang paling cerewet. Dia tuh punya jiwa MC banget. Kalau udah pegang mic atau sama member lain yang nggak pake MC, mesti dia yang bagian ngisi ngomong nanya-nanya ke member. Serius dia punya jiwa MC banget menurut gue. Dia juga menjadi MC sama Jaehyun di Show Champion yang sudah gue sebutkan diatas. Mungkin emang jiwa MC nya itu mengantarkan Doyoung untuk SM mempercayakannya sebagai MC di SC.

Suaranya Doyong ini enak, merdu dan sama kayak Taeil, manurut gue suara boygrup banget. Lebih cocok di 7th Sense tapi di Without You juga oke banget. Semoga Doyong nanti bisa jadi MC sekaligus penyanyi yang badai ya!!!

  1. TEN

Birth Name : Chittaphon Leechaiyapornkul (ชิตพล ลี้ชัยพรกุล)
Stage Name : Ten (텐)
DoB : February 27, 1996
PoB : Thailand

Menurut gue, Ten ini spesial karena dia artis pertama SM yang dari Thailand YUHUUU… padahal sudah ada banyak agensi yang ngambil manusia berbakat dari thailand tapi SM baru Ten yang diangkat.

Kedua, gue suka sama namanya. Bukan nama panjangnya si citapon lecayapornkul (?) itu bukan, tapi stage namenya. Huhuhu padahal waktu predebut dia sudah pakai nama TNT tapi diganti lagi jadi Ten. Tapi lebih oke sih.

Di beberapa momen, Ten ini sudah luwes dalam berbicara. Walaupun logat koreanya mengandung kho’ ala Thailand banget, tapi menurut gue dia seperti sudah terbiasa didepan kamera karena gestur dan mimiknya (apasih) nggak kaku. Tapi sayang dia bahasa koreanya masih meraba-raba jadi harus ngomong inggris dulu baru diterjemahin Mark atau Jaehyun.

Ten ini tajir banget sih fix. Bisa dilihat dari sekolahnya yang biayanya bejibun. Belum lagi sekolah adeknya yang juga satu sekolah sama Ten. Gue mengira-ngira bahwa di Thailand, Ten ini ngehits banget. Banyak foto predebut alaynya (yatuhan) tapi ganteng sih mau alay juga suka-suka dia. Dan dulu, waktu SMROOKIES awal-awal dikenalin, gue ubek-ubek videonya Ten karena emang dulu gue tertarik banget sama Ten karena senyumnya ituloh yatuhan kuatkan hamba. Dan ada video dia di acara Thailand apasih Teen apa gitudeh dan dia dapat juara satu. Gue sih membandingkannya dengan Indonesia aja sih. misalkan nih kita samakan acara tersebut dengan salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia. Lah, sebagai juara satu dalam acara tersebut, pastinya dia dikenal banyak masyarakat luas di Thailand. Misal nih ya si XX. Tahu XX kan yang di pencarian bakat misal nih misal dia kan juara, kemudian hitz, kemudian beberapa tahun kemudian dia debut di korea dengan sebelumnya bikin show di Indonesia, menurut gue sih semua orang bakal kepo sama si XX. Begitu juga terjadi pada Ten ini. Apalagi Ten balik dengan semakin ganteng dan memesona hiyaaaaaa. Dan semua itu hanyalah analisis gue belaka –untuk ke sekian kalinya. yang penting semoga Ten emang beneran eksis dan bisa mengangkat nama SM di Thailand.

  1. Jaehyun

Birth Name : Jung Yoon-oh (정윤오)
Stage Name : Jaehyun (재현)
DoB : February 14, 1997
PoB : South Korea

Gue punya feeling kalau dia ini golongan dari keluarga beruang deh tapi ini feeling gue sih ya banyak nggak benernya. Banyak yang bilang kalau suaranya Jaehyun ini mirip baekhyun, dan gue pun setuju, dengan tambahan suara Jaehyun lebih keras dan suara Baekhyun lebih lembut. Dan suara Jaehyun ini bener-bener cocok banget sama lagu Without You. Suara kenceng anak band taulah. Di acara EXO 90:2014 Jaehyun dibilang mirip Suho tapi versi lebih tinggi. Dan dia cukup fluent inggris karena pernah tinggal di US selama 4 tahun asekgila. Jadi di NCTU english speakernya 3 Thai speaker 1. Tepuk tangan.

Jujur ya dia ganteng gue paham. Tapi kemudian gue menyadari satu hal bahwa mukanya dia boros banget. Hahahaha. Maafkan gue untuk Jaehyun stan. Emang suka gitu sih yang ganteng banget cowok tuh karena kegantengan jatuhnya jadi muka tua. Yatuhan… tapi orang ganteng mah bebas muka bayi remaja alayers dewasa tua yang penting ganteng.

  1. Mark

Birth Name : Mark Lee (이마크)
Stage Name : Mark (마크)
DoB : August 2, 1999
PoB :Canada

Gue kaget banget ketika Mark diumumkan akan join dengan NCTU. Otomatis dia dipisah sama SMROOKIES Junior. Padahal banyak yang mengira-ngira Mark bakal jadi leader untuk SMROOKIES Junior. Ternyata jatuhnya dia jadi maknae di NCTU. Tapi gapapa yang penting debut. gue lebih nggak membayangkan kalau NCTU mentok sampai Jaehyun. Debut 2016 umurnya dari 1994-1997??? Frik kan? Mark adalah penyelamatnya.

Mark ini bisa dibilang oke badai. Diumur yang masih muda, (kecewa dia lebih muda dari gue-_-) dia sudah menulis bagian lirik di 7th sense. Kece yaaaa!!!.

Menurut gue, bahkan Mark sendiri pun mengaku kalau dia anaknya kurang PD. Waktu di On Air NCT Show dia beberapa bagian kalau ngomong gagap dan lucu (nggak gue nggak boleh suka adek-adek). Tapi kalau dari cara dia ketawa sih kayaknya udah santai nggak se kaku Taeil. Tapi kalau ngomong emang suka gagap kalau nggak kelupaan di tengah-tengah. Semoga Mark bisa menambah ke-PD-annya ya!!!

Finally kelar juga menulis per bagian member NCTU. Urusan visual, wah jangan ditanya, jangan main-main sama SM. Mereka pasti bisa aja nemu yang ganteng dan bertalenta dari belahan bumi manapun.

Dan banyak yang khawatir kalau member SMROOKIES yang saat ini sudah diperkenalkan tidak debut bareng NCT. Huhuhu pasti sedih. Tapi kayaknya dan semoganya debut bareng. Malah gue membayangkan tim SMROOKIES Junior bakal disebar dan menjadi maknae pada tiap-tiap sub unit. Yahhh… ngarang lagi kan gue.

Gue juga ngingetin, jangan terlalu baper sama NCTU. Karena masih ada Yuta, Winwin, Jeno, Jaemin, Johnny, Kun, Jisung, Donghyuck, dan Hansol yang menunggu untuk mengobrak abrik bias list kalian.

Postingan ini begitu panjang sampai menghabiskan 7 halaman -_- semoga para pengunjung nggak bosen untuk berkunjung ke blog gue. Dan InsyaAllah gue akan update lebih sering lagi dibandingkan dengan bulan Januari-Februari karena saat itu gue hanya publish 1 postingan huhuhu… semoga gue punya cukup banyak waktu untuk menulis.

NCT FIGHTING! BANGTAN FIGHTING! (loh?)

Byeeeee

wp iidonghae

11 thoughts on “[Cuap Cuap] Ngomongin NCT U

  1. Bentar, biarkan ane ini ngakak dulu.
    .
    .

    Ini edisi curcol yang bener2 jujur dalem ati, kayaknya…. 😀 Etapi, di event apa si Taeyong diumunin jadi leader? Bikos di berbagai sumber leadernya NCT U itu masih dipergunjingkan sampek sekarang (?) Setuju banget pas part TY. Bahkan aku sudah tenggelam terlalu dalam pada pesonanya /alayyyy/ *plakk. Jadi biasnya siapa nih di NCT???

    • hahahhaha emang banyak curcolnya sik gimana dong >_< sebenernya NCT memang gak ber lider, aku udah mau edit postingan ini, tapi belum sempet… aku mikirnya TY jadi lider soalnya dia kek melakukan apa yang biasa lider lakukan dan banyak nct stan yang bilang kyk gitu juga hahahahahah entar diedit deh… thanks udah komen :-*

  2. Ternyata ga cuma gue yg mikir suaranya jaehyun mirip banget sama baekhyun. Sumpah, kemunculan NCT U di youtube bikin list bias gue harus dirapihin lagi. Semenjak gue “sedikit kecewa” sm mencarnya member EXO, ga ada boyband cowok korea yg bs bikin gue melt. Skrg muncullah pangeran baru di SM #wuiidihh thx infonya author

  3. Saya nongol di sini hanya ingin berbagi informasi saja, Yeri Red Velvet sempat jadi SM Rookies. Saya tahunya dari wikipedia bahasa inggris yang dia ‘re si wiki’ gunakan.

    • thankyu udah komen 🙂 .ini yang saya tahu… tapi maaf sih kalau salah. dulu emang smrookies cewek pertama kali yang diperkenalkan official itu 3 member RV (dan lami). kemudian di SMTOWN ada member SMROOKIES cewek lagi muncul banyak banget yang pakai baju putih itu. diantaranya ada Yeri Jeesu Herin Koeun Winny dan lain lain (banyak pokoknya :D) dimana member member itu belum secara official dikenalkan oleh sm (karena biasanya SM kalau ada member baru SMROOKIES itu kan dikenalkan di twitter @smrookies). tapi Yeri juga muncul sih di video yang nyanyi happiness bareng SMROOKIES tapi tetep saat itu Yeri belum dikenalin SM juga. setelah Yeri debut bareng RV, baru ada 3 member lagi yang dikenalkan yaitu Koeun Hina Herin.

      jadi maksud aku Yeri nggak masuk SMROOKIES maksudnya nggak bener-bener dikenalkan oleh SM seperti yang biasanya SM ngenalin member SMROOKIES yang baru biasanya 🙂 . jadi semacam Winny, Jeesu, dan lain lain yang muncul di SMTOWN itu (disini) nggak aku masukin SMROOKIES karena SM nya belum kenalin dia secara official sebagai member SMROOKIES (terutama di twitter seperti biasanya)

      tapi kalau misal kamu anggapnya Yeri masuk SMROOKIES karena sudah perform di SMTOWN itu ya mungkin kita punya pandangan yang lain.

      hehehehe… maaf kalau ada salah lagi komenku. bisa koreksi lagi kok. Thanks yaa 🙂

  4. Cin…yang ga masuk anggota SMrookies Joy doang 😁 yeri masuk anggota SRG , kalo joy masuk secret training 💚🐣

    • maksud aku masuk SMROOKIES disini yang udah dikenalkan SM di official twitter mereka. karena biasanya kalau ada member SMROOKIES baru, mereka ngenalinnya disitu. lah pada saat itu Yeri belum sempat di kenalin kan. Yeri cuma perform di SMTOWN bareng winny, jeesu (dan beberapa yang lain disitu). lah disitu nggak aku masukin SMROOKIES deh. soalnya banyak juga di SMROOKIES Boys/Girls yang udah ikut perform tapi emang nggak semuanya di kenalin SM di twitter mereka. apalagi ada member SRB yang belum sempet di kenalin (tapi udah perform di SMTOWN) tapi udah keluar. Jadi yang gitu gitu nggak aku masukin gitu… hmmm ribet ya bahasanya. HAHAHAHA … kalo ada salah koreksi lagi ya. thanks udah komen :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s