[Review] Dari Intro sampai Outro “The Mood of Love Pt.2”

Hello semuanyaaa… di postingan gue sebelumnya, gue bisa dibilang telah melakukan pemanasan (cielah) untuk review comeback BTS dengan HYYH PT.2. Kali ini, gue benar-benar kembali untuk membahas lagu-lagu di album HYYH PT.2 ini. Masalah UAS gue itu sebenernya belum kelar, masih ada satu mapel lagi yaitu lintas minat bahasa dan sastra inggris tapi masih senin dan tangan ini udah dari dulu-dulu gateeelll banget pengen bahas soal HYYH PT.2 dan sekarang baru tersampai. Uhuy.

Kenapa gue nggak bahas MVnya dulu? Iya karena gue lagi-lagi masih belum siap. HAHAHAHA. Kayaknya review MVnya harus mempersiapkan diri dulu deh nggak ngerti gue masih belum siap mental kayaknya. Maka dari itu, dari pada tangan gatel nggak ngapa-ngapain, mending gue bahas lagu-lagu di album ini aja. Masalah judul postingan gue ini, sama kayak judul postingan gue yang bahas HYYH PT.1 yang bisa kalian intip disini.

Okelah daripada kebanyakan bla bla bla langsung aja kita kupas satu per satu lagu di dalam album HYYH PT.2

1.jpg

  1. INTRO: Never Mind

“never mind

never mind

we’re too young and immature to give up, kid

if it seems like you’re going to crash, step harder, kid”

untuk kedua kalinya, intro di album BTS dibawakan oleh Suga guysss… kalau melihat dari polanya sih (?) kayaknya nanti ini intro bakal dibawain berapa kali RM (yang tentunya sudah terlewati), kemudian berapa kali Suga, dan berapa kali Hope. Tapi nggak tau untuk kelanjutannya. Gue sih nebak-nebak aja. Walaupun emang ada sedikit suara Hope dan Rapmonnya di intro kali ini.

Untuk artinya, menurut gue sih lagu ini menceritakan Suga banget. Perjalanan dia dari remaja yang sudah memutuskan diri untuk menjadi musisi dan itu dianggap sebagian orang gimana ya… menurut gue sih, orang-orang menganggap musisi tuh kayak nggak menjamin hidup lo gitu. Banyak orang disekitar Suga yang bilang ini dan bilang itu tentang keputusannya untuk bermusik. Tapi yang BOOOM di lirik intro ini adalah ‘I’d only live for my interests and my passions’. Jadi kayak ini hidup gue. Ya terserah gue. Yang penting gue usaha sama apa yang gue sukai saat ini. Dan saat mengambil keputusan itu, Suga jelas masih muda. Tapi dia nggak takut, karena ketika dia jatuh, dia percaya dia bisa bangkit lagi, ‘Step Harder’. Dan dia membuktikannya, sekarang dia sukses dan musiknya didengar banyak orang.

Kalau baca artinya, WAH pasti akan memberi semangat yang luar biasa pada para pemuda pemudi pastinya. Tapi ketika dengarin lagunya, gue nggak tau kenapa hati gue nggak pernah terbuka untuk mencintai setiap intro di album BTS. Nggak pernah secara sengaja “ah, dengerin intro ah” nggak pernah. Kalau dengerin intro paling waktu selingan dengerin full album dan akhirnya apal nadanya dengan lirik serba menggumam berantakan. Sejauh ini gue nggak ngerti kenapa gue prefer ke CYPER daripada INTRO. Hehehe.

 

  1. RUN

“I can’t do anything but love you”

Akhirnya kita membahas si title track yang jelas ditunggu oleh semua orang. Gue bilang lagu ini nipu banget. Nggak lagunya sih tapi bighitnya. Waktu di MV teaser, instrumennya jadi kayak punya gema gitu dan misteriusnya dapet banget. Emosi dan gelapnya dapet banget. Dan disitu lagi-lagi seperti saat mendengarkan I NEED U pertama kali, gue hawatir apakah lagu ini akan pas dibuat title track dan dinyanyikan diatas panggung disertai joget menghentak-hentak punya BTS?. Akhirnya dengan sabar gue menunggu album preview dan ternyata disitu potongan lagu “RUN” nggak ngasih gue pencerahan sama sekali. Gue nggak menemukan sambungan (?) antara yang di teaser dan di album preview kecuali “wuaaaaaa” yang part ituloh bagiannya Jungkook. Akhirnya gue nggak mau nebak-nebak lebih lanjut.

Waktu keluar full lagunya, ternyata NGEH BANGET dan BAGUSSS. Dan aura I NEED U nya belum lepas gara-gara ‘nan meomchul suga eobseo’ mirip part ‘honja saranghago’ ya gak sih? Apa kuping gue aja?.

Untuk artinya sih, sepenangkap gue, BTS ini lari untuk ngejar sesuatu yang udah nolak mereka. Gue nggak mau ngomongin cewek deh takutnya maksudnya friendship lagi. Sesuatu itu terang-terangan nolak dan mau ninggalin BTS tapi mereka masih tetep ngejar sampe lari-lari dan tak tahu arah jalan pulang.

Bts ini udah setengah gila karena dari liriknya, kayaknya dia udah nggak bisa bedain mana yang nyata sama yang fantasi alias mimpi mereka doang ‘I tried to hold your hands but at any moment I’ll awaken from this dream’ segitu cintanya sampai setengah gila loh. Hahaha.

Gue suka lirik mereka yang ‘even if I run like crazy, I’m only standing still’ gue kok keinget “Marmut Merah Jambu” punya Raditya Dika. Kalau cinta sama seseorang dan kita nggak pernah ngungkapin, kita tuh kayak lari, kita kayak ngejar lama banget dan jauh, kita capek sendiri, padahal kita masih stuck di satu tempat dan nggak maju-maju. Kayak marmut didalam roda. EAAA. Mungkin persis kayak gitu kali ya apa yang dirasakan BTS.

 

  1. Butterfly

“don’t think of anything
don’t say even a single word
just laugh with me”

Mungkin bagi para ARMY, lagu ini adalah lagu yang paling nggak asing diantara lagu yang lain di album ini karena ada di prologue dan itu nyantol banget di kuping. Gue sendiri udah terpesona sama lagu ini sejak ada prologue dengan lirik ‘amugeotdo saenggak hajima’. Ambyar semua jiwa raga. Poin penting lagu ini sih bagian paling awal tarikan nafas Jungkook, kemudian dihembuskan perlahan bersamaan dengan keluarnya tiap bait lirik yang memberi efek ‘geli’ di kuping. Hehehe.

Bicara soal makna dari lagu ini, kalau gue baca liriknya, (mungkin) punya kolerasi dengan “RUN”. Gue pernah singgung diatas kalau BTS di “RUN” semacam nggak bisa bedain mana yang nyata dan yang mimpi. Lah, dunia mimpi mereka diungkapkan di lagu “Butterfly” ini. Itu sepenangkap gue sih ya. Apa gue aja yang alay sok ngehubung-hubungin padahal nggak ada hubungannya? Terbukti sih di liriknya rapmon ‘a barren sound comes from the heart. I can’t tell if this is a dream or reality’ kayaknya dugaan gue agak bener.

Lah, waktu gue baca liriknya secara kasat mata, gue menganggap bahwa BTS disini lagi melewati masa bahagia sama seseorang. Saking bahagianya, mereka ngiranya mimpi. Dan gue pun nggak tau lagu Butterfly ini sebenernya kisahnya BTS di dunia nyata atau mimpi. Menurut gue masih belum jelas. Tapi, setelah gue baca lebih teliti, di lirik part rapnya Suga, ada kalimat gini ‘try stealing it from afar, if you touch my hand I’ll lose you. the butterfly effect’ gue sih menekankan pada kata “The Butterfly Effect”. Waktu gue baca, kok kelihatannya nih ada teori ilmiahnya nih. Akhirnya feeling gue mengantarkan gue ke mbah google. Ternyata ada di wikipedia loh. Keren gasih gue nemu aja nih.

“In chaos theory, the butterfly effect is the sensitive dependence on initial conditions in which a small change in one state of a deterministic nonlinear system can result in large differences in a later state.”

Full disini|Indonesia

Ada juga di urban dictionary

“The scientific theory that a single occurence, no matter how small, can change the course of the universe forever”

Gue nggak tau secara persis makna efek kupu-kupu ini, tapi secara global (apadeh) kayaknya maksudnya hal hal kecil atau kesalahan kecil yang kita lakukan saat ini, mungkin akan menimbulkan efek yang besar banget di masa mendatang.

Tau ada teorinya gini, gue jadi melihat lagu ini dari dua sudut pandang lagi. Sesuatu yang bersama BTS itu diibaratkan seperti kupu-kupu yang bisa terbang semaunya (gue ngarang banget) sedang si BTS saat itu bareng sama sesuatu itu makannya BTS seneng banget karena kan kupu-kupu susah dapetinnya (gue ngarang banget (2)). Atau maksud dari kupu-kupu yang disebut BTS di lagu ini adalah efek kupu-kupunya. Jadi BTS ini menganggap sesuatu itu kayak efek kupu-kupu. Contoh salah satu liriknya ‘I’m afraid that if I let go of your hand. you’ll fly away, you’ll shatter’ Cuma melepaskan genggaman tangan doang (kesalahan kecil) akan membuat si kupu-kupu terbang selamanya tentunya akan menghancurkan si BTS (efek sangat besar).

Kalau lihat dari lirik sebelum ada kata “Butterfly effect” itu sih ‘you’re just like a butterfly. try stealing it from afar, if you touch my hand I’ll lose you’ gue agak nggak paham sama ‘it’ yang disebut. Si butterfly emang mau nyuri apa? Apa jangan-jangan ada teorinya lagi nih nggak mau gue males nyari lagi ah. Hehehe. Kalau selanjutnya sih cocok, kalau kamu nyentuh tanganku (kesalahan kecil) aku akan kehilangan kamu (efek yang sangat besar). Nggak tau deh gue bingung binggo deh. Semakin gue terawang satu-satu semakin ada aja yang muncul.
15.jpg

  1. Whalien 52

“an endless message
will one day reach someone
to the other side of that planet”

Awalnya, gue bingung sama judul lagu ini. Emang ada bahasa inggris Whalien? Gue baru denger. Terus apa maksudnya 52 dibelakang itu. Akhirnya, gue langsung cari tau arti lirik inggrisnya. Gue cuma baca sekilas dan nggak gue masukin ke hati, yang gue tahu, disitu ada nyebut “whale” yang gue tahu artinya paus. Gue makin bingung terus gimana Whale jadi Whalien? Akhirnya, gue memikirkan hal itu dan gue fokus ke 52 nya. Gue pikir, angka 52 tuh bakal jadi love (hayalan gue semrawut banget) karena berhadapan gitu kan angkanya, jadi gue mikir kalau digabung bakal jadi love. Gue cari di google dengan keyword 52 dengan membawa pemikiran ‘ah, pasti udah mainstream nih di google’. Ternyata gue nggak dapat apapun. Akhirnya, gue nyari deh Whale 52 yakali kebetulan ada ternyata ada di wiki. HAHAHAHA ngerasa keren gue padahal udah banyak yang nemu juga.

“The 52-hertz whale is an individual whale of unidentified species, which calls at the very unusual frequency of 52 Hz. This pitch is a much higher frequency than that of the other whale species with migration patterns most closely resembling this whale’s – the blue whale (10–39 Hz) or fin whale (20 Hz).It has been detected regularly in many locations since the 1980s and appears to be the only individual emitting a whale call at this frequency. It has been described as the “world’s loneliest whale””

Begitu kata wikipedia

Terus karena gue udah nemu, gue cari tau Whaliennya. Ternyata nemu di urban dictionary

“A whale-like alien, especially one of those featured in Star Trek IV”

Tapi kayaknya gue bayanginnya sih alien kan makhluk asing ya, jadi si paus ini karena frekuensinya yang teralu teringgi, makannya terasingkan kayak alien. Jadi kayak makhluk asing (tapi ini ngarang gimana dong). Jadi Whalien yang kayak alien. Tapi ini paus belum pernah ada yang nemuin sih Cuma kedengeran suarnya aja.

Tapi tetep sih kasian banget. Tanpa kita melihat lirik Whalien ini, pasti udah banyak banget interpretasi super menyayat hati dari para ARMY. Susah sih kalau punya member IQ tinggi kan lirik lagu aja ilmiah.

Dilihat dari lirknya, kayaknya udah pada tahu lagunya menceritakan tentang apa nih. Gue suka banget lirik ‘I go towards my future. with that blue sea. believe in my hertz’ sama ‘an endless message. will one day reach someone’. Kayak untuk meraih masa depan gue, gue percaya sama apa yang gue punya, gue percaya sama diri gue sendiri, sama kemampuan gue gitu. Dan yang kedua pesan yang disampaikan terus menerus, pasti bakal sampai ke seseorang. Jadi kalau punya keinginan atau mungkin pendapat, suarakan aja pasti nanti ada seseorang yang denger kok. Gitu deh.

Sejauh ini lagu ini adalah lagu fav gue karena lagu ini masuk genre manis favorit gueeee… thanks BTS telah konsisten tiap album ada lagu yang kayak gini walaupun satu. Karena ini fav gue banget.

 

  1. Ma City

“the city that raised me
get it babe babe
this is my city
welcome to my city”

Lagu ini asik sih. menghentak tapi nggak parah-parah banget masih bisa lah ya ngangguk sekali per detik.

Intinya lagu ini sih tentang gimana si BTS bangga sama kota kelahiran mereka asiiikkkk… untuk lirik punya Hope yang teroris atau apalah politik pokoknya nggak paham gue bisa lihat keterangannya disini.

Gue suka lirik punya Suga yang ‘this dude doesn’t get tired. of talking about Daegu on every album’ aduh Suga kek bikin lirik tau banget gue mau bilang kek gitu hea. Lagunya menurut gue asik sih tipe-tipe Fun Boys di HYYH PT.1 lahya. Asik pokoknya.

 

  1. 뱁새 (Crow Tit)

“so call me a try-hard

we had a hard time, this generation

quickly, chase ’em”

waktu baca tracklist album ini, gue agak kecewa karena nggak ada Cyper karena gue nunggu cyper banget. Waktu gue puter lagu di album ini, dan pas lagu ini gue membatin “LOH KOK ADA CYPER” padahal bukan cyper padahal bagus banget sih kalau dibikin cyper soalnya ada aura cypernya gitu suka. Asik banget lagunya buat pengganti cyper yang nggak ada di album ini.

2

  1. SKIT: One night in a strange city

Males cari translatenya aaahhh…

 

  1. 고엽 (Dead Leaves)

“you are my fifth season”

Lagu ini kembali galau-galauan kayak track-track awal, artinya sih kayak (lagi-lagi) BTS nggak mau kehilangan seseorang yang udah memenuhi hidupnya. Tapi dia juga nggak mau megang seseorang itu. Karena seseorang itu diibaratkan daun yang kering, semakin dipegang malah jadi remah-remah. ‘if I touch your hand, even if it’s all at once. it seems like it’ll all become crumbs’. Duh nggak mau kehilangan tapi juga nggak bisa nahan (AZEK). Bagus sih. lagunya juga bisa dibilang beatnya transisi yang super menghentak crow tit kemudian ngobrol santai di skit dan santai lagi di dead leaves. Ngalir gitu.

 

  1. OUTRO: House Of Cards

“a house made of cards, and us inside”

Arti dari House of Cards dari wikipedia

“A house of cards (also known as a card tower) is a structure created by stacking playing cards on top of each other. “House of cards” is also an expression that dates back to 1645 meaning a structure or argument built on a shaky foundation or one that will collapse if a necessary (but possibly overlooked or unappreciated) element is removed.”

Dari the free dictionary

“an organization or a plan that is very weak and can easily be destroyed The organization that looked so solid and dependable turned out to be a house of cards.”

 

Gue bingung bagaimana mengartikan lagu ini. Rada bingung sih dan udah males juga karena yang track depan terlalu panjang. Hahaha. Tapi kalau ngomongin lagunya enak apa nggak sih jelas enak didengerin, menurut gue, outro kali ini beda banget dari outro sebelumnya. Biasanya, outro cenderung ngalir halus tapi kali ini agak kuat kokoh gitu dan emosional. Gue suka.

1

Kayaknya udahan deh untuk review gue kali ini udah panjang bangettt… gue nggak berusaha menghubungkan dengan MVnya dulu nanti malah ribet. Pokoknya, semua lagu di album ini bagus-bagus. Dan gue merekomendasikannya buat kalian-kalian. Terkhusus Whalien 52 gue suka bangetttt…

Kayaknya udahan deh capek ngetik banyak banget. Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya. Semangat untuk BTS comeback RUNnya!!!

2 thoughts on “[Review] Dari Intro sampai Outro “The Mood of Love Pt.2”

  1. Ih 😦 ih 😦 ih 😦 aku jadi berpikir banyak setelah baca ini.. Btw pingin minta lirik2 translate inggris semua lagunya dong 😦 aku baca translate inggris dari btsdiary dan artinya kok beda plus bahasanya berat berat gimana gitu kan jadi ga ngerti 😦 makasih btw aduh aku suka reviewnya :*

Tinggalkan Balasan

