[Cuap Cuap] Ghost (Phantom) VS Hidden Identity

Hello guys. Malam ini gue nyolong-nyolong buat nulis padahal masih ada tugas buat sekolah dan besok ada dua mata pelajaran yang ada ulangan harian tapi gimana dong udah terlanjur kangen nulis. Awalnya mau nulis FF tapi pikiran masih ‘aduh tugas gimana ya, UH gimana ya’ jadi kayaknya mending nulis cuap-cuap aja deh dari pada nulis FF tapi nggak konsentrasi dan sepenuh hati.

Dari judulnya, kayaknya gue mau mengadu sesuatu gitu. Ea ea ea. Nggak juga sih. buat pecinta (cielah) drama korea pasti nggak asing dengan judul drama di atas. Kalau phantom di tahun 2012 dan kalau hidden identity tamat baru-baru ini di tahun 2015. Gue disini bukan berniat mengadu, gue bikin judul diatas juga Cuma buat keren-kerenan doang. Intinya, seperti biasa postingan ini memuat curhatan-curhatan gue.

Oke gue akan menceritakan awal mula gue kok bisa melihat drama ini. Gue memang suka (banget) sama drama korea dengan genre Mystery, Police procedural, Crime, Detective Story, dan Medical drama. Menurut gue, drama dengan genre yang gue sebutkan diatas itu banyak ngasih pelajaran aja buat gue. Dan dramanya pasti keren. Nanti dijelasin kalau operasi nama operasinya apa. Kalau hacking caranya gimana walaupun nggak detail. Cara bikin pelaku di interogasi terus ngaku itu gimana. Menurut gue semua itu keren banget walaupun ya bisa dibilang agak berat. Yang lebih plus plus lagi kalau nggak ada love storynya. Drama dengan genre diatas kalau nggak ada love storynya beuuuh pasti sangar. Dalam drama-dramaan kalau nggak ada cinta-cintaan mungkin bisa dipikirin bakal garing kriyus-kriyus kali ya. Kalau masak gitu ibarat semua bumbu udah komplit, Cuma kurang garem aja. Hambar. Tapi, menurut gue pribadi, drama dengan genre yang gue sebutkan diatas kalau nggak ada cinta-cintaannya, akan lebih keren dan terlihat lebih konsisten dari awal sampai akhir. Tapi gue juga terima-terima aja sih drama dengan genre yang gue sebut tadi ples ada cinta-cintaan. Tapi gue lebih prefer ke yang nggak ada. Karena drama itu bakalan hebat banget. Kok bisa (bagi gue) tetep menarik walaupun tanpa ada cinta-cintaannya? Gituloh. Sedangkan kebanyakan orang dan sebagian besar temen-temen gue lihat drama milih yang ada cinta-cintaannya. Kok bisa orang di balik drama itu (yang nggak ada cinta-cintaannya) bisa mengemas drama itu sampai tetep menarik. Heran gue.

PHANTOM

Also known as Ghost
Genre Mystery, Psychological, Police procedural
Written by Kim Eun-hee
Directed by Kim Hyung-shik
Park Shin-woo
Starring So Ji-sub
Lee Yeon-hee
Composer(s) Choi Sung-wook
Country of origin South Korea
Original language(s) Korean
No. of episodes 20
Production
Producer(s) Choi Moon-suk
Location(s) Korea
Running time Wednesdays and Thursdays at 21:55 (KST)
Production company(s) HB Entertainment
Release
Original channel Seoul Broadcasting System
Original release 30 May 2012 – 9 August 2012
Chronology
Preceded by Rooftop Prince
Followed by To the Beautiful You
External links
Website
Korean name
Hangul 유령
Hanja
Revised Romanization Yuryeong
McCune–Reischauer Yuryŏng

HIDDEN IDENTITY

Also known as Hide Your Identity
Genre Police procedural
Action
Thriller
Written by Kang Hyun-sung
Directed by Kim Jung-min
Shin Yong-hwi
Starring Kim Bum
Park Sung-woong
Yoon So-yi
Lee Won-jong
Composer(s) Kim Jang-woo
Country of origin South Korea
Original language(s) Korean
No. of episodes 16
Production
Executive producer(s) Lee Hyang-bong
Park Ho-shik
Producer(s) Hwang Joon-hyeok
Jo Eun-sol
Choi Jin-hee
Park Ji-young
Editor(s) Choi Min-young
Choi Gyeong-yoon
Location(s) South Korea
Cinematography Han Dong-hwa
Lee Jong-ho
Running time 60 minutes
Mondays and Tuesdays at 23:00 (KST)
Release
Original channel tvN
Picture format 1080i
Audio format Dolby Digital 2.0
Original release June 16, 2015 – August 4, 2015
Chronology
Preceded by Let’s Eat 2

Lah, gue memang ketinggalan sih lihat drama Phantom ini karena ini drama emang udah dari tahun 2012. Sedangkan gue di tahun itu paling cuma tau Dream High. Awalnya, gue lihat drama Jepang dengan genre crime+teroris+polisi+hacking judulnya Bloody Monday rekomendasian temen gue. Kemudian setelah tamat season satu, kok gue ketagihan sama drama hacking-hacking gini, gue browsing lah di internet drama korea atau pun jepang yang ada hacking-hackingnya. Akhirnya gue nemu Phantom ini. Padahal, gue nggak terlalu tertarik sama pemainnya. Tapi gue tetep aja download dan lihat EH EH EH gilak. Ini drama emang bagus banget apalagi buat yang suka drama dengan genre yang setipe sama favorit gue. Apalagi ini drama nggak ada cinta-cintaannya, kalaupun (mungkin) ada, kita nggak terlalu dituntun untuk jodoh-jodohin ini sama ini, karena yang lihat udah hanyut sama kasus yang diselesaikannya. Udah males sama yang namanya cinta-cintaan.

Kemudian untuk Hidden Identity, sebenernya gue bimbang. Gue download drama banyak dan masih belum gue tonton yaitu Masked Prosecutor, I Remember U, dan si Hidden Identity ini. Terus I Remember U gue agak nggak tertarik sama pemeran utamanya. Dan gue sudah memprediksi bakal ada cinta-cintaannya. Gue langsung agak males. Kemudian Masked prosecutor pemainnya juga gue nggak terlalu minat. Kemudian gue ubek-ubek Hidden Identity. LOH LOH LOH SIAPA NIH PEMERAN COWOKNYA KAYAK PERNAH LIHAT!!! Mana ganteng gitu kan pandangan pertama udah sungguh terpesona. Gue gugling (jahat banget gue lupa dia siapa) kemudian nemu deh ternyata dia Kim Bum. Iya, Kim Bum yang di BBF. Sungguh heran gue. Kim Bum yang dahulu di BBF dengan rayuan lima detik yang berkulit putih mulus, berponi, tampilan boyband kekinian banget sekarang jadi agak iteman terus berewok rambut cepak lagi. Lebih manusiawi banget. Terus gara-gara pemainnya, gue langsung suka.

Kemudian, karena gue terakhir lihat drama yang polisi-polisi itu Ghost, ya gue otomatis membandingkannya dengan Ghost. Kadang ada adegan tertentu ah mirip Ghost gak sih. suka gitu. Kadang juga gue bandingin sama Bloody Monday. Pernah juga gue bandingin sama Doctor Stranger. Jauh bangeeet. ada juga adegan yang mengingatkan gue pada Detective Conan. Hahaahha.

Oke gue akan mulai membandingkan dua drama ini.

Katanya tadi nggak di bandingin?

Yaudah lah nggak ada kata lain

Mulai

  1. Nama Tim/Divisi

Kalau di Ghost, polisinya masuk tim investigasi kejahatan cyber. Kalau di HI, polisinya masuk tim khusus yaitu tim Investigasi Kriminal

  1. Letak Penjahat

Apalah letak penjahat? Menurut gue, kalau Ghost penjahatnya nggak pernah ada yang tahu sebelumnya. Makannya, polisinya ngikutin petunjuk kemudian berangsung-angsur menemukan siapa si Phantom itu. Tapi kalau HI, polisi udah tahu kalau pelakunya si Ghost (BTW penjahat di HI dinamain Ghost) jadi polisinya yang nyari jalan buat ke Ghost itu.

  1. Posisi Petunjuk

Kenapa bahasa yang gue pakai kayak gini, sih?

Oke, untuk petunjuk yang di Phantom, menurut gue punya kasta yang berbeda. Maksud gue, petunjuk pertama untuk menemukan petunjuk kedua. Petunjuk kedua, untuk menemukan petunjuk ketiga. Sampai akhirnya menemukan si pelaku. Kalau HI, orang-orang yang jadi petunjuk itu langsung berhubungan dengan Ghost. Jadi kasta petunjuknya sama. Semuanya di bawah Ghost. Jadi kalau petunjuk itu nggak mati dan mau ngaku, pasti langsung ke Ghost. Kalau di Phantom, nemu petunjuk kalau petunjuknya nggak mati pasti orangnya ngaku sama yang nyuruh dan itu nggak langsung ke pelaku utama.

  1. Sumber petunjuk

Secara subjektif, gue menilai datangnya petunjuk di Phantom lebih menarik dari pada di HI. Di Phantom, mereka bener-bener menelusuri pelakunya dimana, siapa, kalaupun lewat hacking, pasti dikasih tahu sedikit triknya. Kalau di HI, sering kali hackernya langsung bilang “ada informasi baru” kayak gitu. Jadi kita nggak tahu gimana trik dapat informasi itu. Nggak asik aja menurut gue. Tapi mungkin karena Phantom kan divisi cyber crime ya jadi hackingnya lebih di tunjukin dari pada di HI.

  1. Pengorbanan

Di dua drama tersebut, keduanya emang sama-sama mengorbankan anggota tim masing-masing. Yang Phantom kecelakaan karena mobilnya di hack, yang HI karena di injeksi virus. Kasihan banget.

  1. Dedikasi Seorang Polisi

Cielah bahasa gue. Kalau di HI, menurut gue dedikasinya lebih tinggi. Ya bayangin aja identitasnya semuanya di palsu. Nggak ada di data kepolisian. Ibaratnya tuh nggak ada polisi yang tahu kalau anggota tim HI ini adalah polisi. Mereka memberantas kasus-kasus besar tanpa ada yang tahu. Sedangkan kalau di Phantom kan kayak polisi biasa yang kalau berjasa ya dikasih penghargaan. Tapi keduanya emang keren sih dan berdedikasi tinggi. Tapi kalau Phantom lebih ke friendshipnya yang seumur hidup gila banget loh gue suka banget yang friendship cowok-cowok yang parah banget gini.

  1. Kisah utama

Kisah utama di Phantom menurut gue sih beban karena menyandang badan orang lain gitu. Gimana ya nulisnya. Gitudeh. Terus dia yang hidup buat temennya untuk jadi polisi yang baik. Kalau HI gimana perjuangannya seorang polisi yang identitasnya nggak ada yang tahu.

  1. Petunjuk Cepat Hilang

Kalau udah dapat petunjuk dari seorang pelaku, pasti petunjuk itu mati entah apa pun caranya. Kesel gue. Kedua drama ini sama kayak gitu. Kalau HI pelakunya emang lebih milih untuk mati daripada ketangkep polisi, tapi kalau di Phantom, pelaku utama yang membunuh petunjuk-petunjuk itu.

hades
  1. Fokus keahlian

Menurut gue, karena di Phantom kejahatan Cyber, kebanyakan emang bahas hackingnya. Tapi kalau yang HI, yang ditonjolkan emang banyak Actionnya. Itu kelebihan yang lebih banget di masing-masing drama.

  1. Terlibatnya kisah pribadi

Kedua drama ini melibatkan kisah pribadi anggota polisi dalam kasus. Jadi setidaknya polisinya juga ikut punya masalah dan juga harus nyelesaiin masalah.

  1. Periode Penyelidikan

Di Phantom, penyelidikannya nggak terlalu lama Cuma ditengah-tengah ada flashback aja. Tapi kalau HI, bertahun-tahun anggota polisinya nyamar jadi asistennya si penjahat. Lama banget pokoknya.

  1. Darah

Kedua drama ini sama-sama ada pembunuhannya. Caranya juga beragam. Tapi, menurut gue karena HI lebih greget actionnya, darahnya banyakan di HI. Ada juga adegan yang gigit tangan itu demi darahnya keluar dan disangka mati. Serius itu gue yang aduh… sampe sekarang masih ngilu.

  1. Karakter pemain

Gue kesel sama drama HI karena sudah membawa Kim Bum ke muka yang manusiawi berewok dengan rambut cepak gue udah suka banget. Kalaupun karakter Kim Bum biasa aja, mungkin gue masih tetap suka. Eh, ternyata di drama itu Kim Bum dapat karakter yang sangat FF. Gue suka banget. Dia yang melas gitu kan strong tapi lemah juga. Pokoknya gue kesel sama karakter dia. Kalau gue ketik, kayaknya nggak kelar-kelar deh. Untuk yang Phantom, gue biasa aja sama karakter pemeran utamanya, alias So Ji Sub. Tapi gue sukaaaa banget sama pertemanan di drama itu. Siapa sih Woohyun sama Kiyoung. Suka banget. Masa temenan sampai mati gitu.

Mungkin itu aja deh beberapa poin yang bisa gue tuliskan tentang dua drama keren itu. Kedua drama ini menurut gue bagus banget. Sama-sama nggak ada cinta-cintanya. Yang di HI Taehee sama Gunwoo juga nggak greget banget karena Cuma flashback.

Gue suka banget sama kedua drama ini. Gue sangat-sangat merekomendasikan drama ini buat kalian. Yang suka drama-drama yang agak berat bisa lihat drama ini. Nggak papa kalau sekali lihat nggak langsung nyantol, setidaknya kita lihat drama nggak Cuma bisa teriak-teriak melihat dua sejoli bergandengan tangan, kan? Hahaha. Bisa mikir juga dan tau pengetahuan baru. keuntungan lain juga kita enggak bakal kena second lead syndrome kareana first male lead udah sangat keren dan tanpa pasangan. jadi bayangin aja sepuasnya sama kamuhhh…

Kalau disuruh memilih siapa yang menang (dihati gue) antara kedua drama itu, gue lebih memilih Phantom dengan banyak banget alasan yang sudah gue paparkan diatas dan masih banyak juga yang terpendam di otak gue. Tapi Hidden Identity nggak buruk-buruk banget, gue juga suka actionnya bagus. Kalau gue rate drama Phantom dapat 45/50. Kalau Hidden Identity 43/50. Kedua drama ini sama-sama bagus pokoknya wajib dilihat.

Mungkin nanti gue akan share lagi tentang drama-drama yang pernah gue tonton. Atau mungkin akan gue bikinin listnya. Hahahaha. Bisa jadi.

Ohya, gue lagi proses mau lihat drama lain lagi dan calon download.an yaitu ada Mrs. Cop, I Remember U, Masked Prosecutor, Assembly, Yong Pal, Cheo Yong 1 dan 2, dan D-Day. Doain semoga gue bisa donlot dan kasih review eaaa.

bonus muka orang ganteng

Kalian udah nonton drama ini? Kasih komentarnya dibawah!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s