[Review] 화양연화 On Stage – Prologue

postingan ini nggak ada gambarnya. akan di tambahkan ketika ada kuota internet yang memadai 🙂

Hello guys, gue hari ini nggak ada niatan untuk nulis sama sekali. Dan gue juga bisa dibilang super ketinggalan dengan adanya BTS Hwa Yang Yong Hwa On Stage Prologue karena video ini sudah ada sejak kemarin tapi gue baru lihat hari ini. Gue bener-bener dibuat pusing sama BANGTAN. Gue nggak nyangka, bighit seniat ini sama Bangtan. Sampai gue super duper ternganga dengan adanya video tersebut. Setelah melihat video itu, gue pengen buru-buru buka Ms. Word dan segera menuangkan isi otak gue yang penuh dengan penafsiran-pernafsiran subjektif gue tentang video ini.

Sebenarnya, menurut gue, konsep MV The Mood of Love PT.1 dengan title track I NEED U itu udah super keren banget karena mereka berani banget tampil dengan adegan-adegan yang menantang kayak bunuh-membunuh, pokoknya hubungannya dengan nyawa. Padahal toh walaupun emang liriknya super galau, lagu bertemakan nggak bisa move on di dunia ini ada baaanyak banget. Tapi dengan MV I Need U yang super greget itu, malah bikin BTS tambah greget pula. Tambah kece. Tambah keren pokoknya. Gue sudah pernah review MV I Need U disini. Dan gue juga dulu sudah menebak nebak gimana konsep album BTS untuk Part 2 nya? Apakah akan galau juga? Apalagi konsep MVnya. Apakah yang bunuh diri di MV I Need U masih bisa terselamatkan?

Oke, kayaknya gue mulai bahas video ini deh. Gue akan bahas adegan-adegan dalam video ini.

Pertama, video ini dibuka dengan logo bighit seperti biasa, kemudian muncul V yang lagi berada di tempat gelap gitu. Kemudian waktu muka V dizum, gue berpikir kalau yang di pipi V itu darah. Gue pikir dia habis bonyok digebukin orang atau semacamnya. Gue nggak ada pikran sama sekali kalau video ini semacam lanjutan dari MV I NEED U. Eh ternyata, V ngelap darah di sekujur badannya. Di pipi-nya, sambil nangis dan semacam menyesal udah menghilangkan nyawa orang. “kok gue bisa segegabah ini?” mungkin begitu batin V. Terus V nelpon entah siapa. Dia bilang “hyung, gue pengen ketemu sama lo”

Terus ada logo HWA YANG YONG HWA tanpa ada kuadratnya.

Terus V jalan gitu tidur di matras di tempat yang kayaknya itu semacam bekas kolam. Karena kok sekilas gue lihat settingnya mirip sama video patchcode punya Suho. Coba pikirkan kawan, bagaimana V mengambil matras buat di tempatin di tengah hutan gitu. Terus ada orang yang lari-lari di hutan. Gue udah mikir. Apakah itu member BTS atau itu orang-orang yang bunuh V? Ternyata member BTS.

Kemudian V lihat foto cewek sama seorang bayi, kayaknya itu fotonya sendiri deh. Terus dia meremasnya. Gue pikir kenapa V meremas itu adalah karena dia minta maaf sama mamanya karena dia nggak bisa jadia anak baik gitu. Dia udah ngebunuh orang, dia udah kotor. Terus bisa juga diartikan selamat tinggal. Kemudian member BTS datang. Suga, Hope, Rapmon, Jimin, dan Jungkook semuanya menghampiri V. Tapi Jin nggak ada. Terus V langsung berubah semangat gitu. Kemudian ada yang merekam mereka dari atas. Gue udah mikir ggak enak. Gue pikir yang ngerekam mereka adalah anak buah yang dibunuh sama V atau polisi gitu. Terus berujung mereka kabur dan sembunyi-sembunyian. Ternyata enggak HAHAHA. Ternyata yang ngerekam Jin. Hayalan gue rusak parah. Terus Jin ikutan gabung sama mereka.

Terus ada kutipan.

“You can smile as long as we are together”

LEMAH GILA

BAGUS BANGET.

Oke lanjut

Lanjutnya mereka main-main, dengan jin yang masih jadi tukang ngerekam. V udah beda banget sama awal tadi. Nggak inget dosa nih V. Mereka main-main dengan bahagianya. Kemudian shoot Jin yang habis merekam, dia kayak ngelihat sekitar gitu. Terus yang ada cuma kresek yang terbang. Perasaan gue udah nggak enak disini. Tapi adegan ini Cuma sebentar, jadi gue abaikan. Kemudian muncul member BTS yang lagi seneng-seneng lagi. Kemudian BTS duduk duduk gitu, tapi si V malah naik ke semacam atapnya bekas bangunan. Inget dosa lagi dia kali ya.

Terus ada rapmon yang nulis-nulis di jendela. Artinya you need to survive. Yang gue terjemahkan dengan bahasa kalbu artinya lo harus terus hidup. Lo harus bertahan hidup. Lo harus lanjutin hidup lo. Mungkin gitu.

Lanjut BTS di basecamp mereka. Tapi tempatnya beda sama yang di I NEED U. Mereka menikmati kehangatan gitu. Dengan backsong Outro: Love is Not Over kemudian gue menghayal dan berharap lagu ini ada fullnya dan masuk TMOL PT.2 ahhhh gue nggak sanggup dengerin suara JK. Oke kemudian Suga nyalahin korek gitu, terus tatapannya beda. Kayak agak-agak pasrah apa gimana.

Terus Jin nunjukin ke anak BTS suatu pantai. Dan mereka pengen pergi kesana. Waktu Jin bilang “Uri…” dengan nada super drama yang menggantung gitu, gue pikir Jin akan berquotes yang super bikin baper, Eh ternyata ngajakin pergi. Dan paginya, langsung mereka OTW. Terus Jungkook tiup koreknya Suga, gue nggak ngerti apa maksud tersembunyi dari adegan itu.

Terus mereka sampailah ke pantai seneng banget. Kejar-kejaran, lomba lari. Kayak nggak pernah ke pantai aja lah alay bed. Dan Jin masih jadi tukang foto dan tukang rekam. Gue sempat bayangin juga, gue kalau sama temen-temen gue pergi ke mana gitu, nggak ada satupun yang mau motoin karena mereka semua pengen mukanya nampang di foto. Tapi Jin iniloh kok mau-maunya moto-moto. Terus kalau mukanya nggak ada di poto sama sekali gimana?

Kemudian, mereka ke pom bensin. Gue langsung inget adegan Rapmon dengan sangat tega menjatuhkan lollipopnya di MV I NEED U. Apa ini bakal ada konflik untuk Rapmonnya? Ternyata enggak. Mereka cuma isi bensin. Terus Rapmon motoin Suga sama Jin. Gue sudah menduga-duga banyak hal dengan setengah takut juga. Gue suka greget gitu sama adegan-adegan yang foto terus ternyata salah satu objeknya nggak ada. Gue pernah lihat film pendek yang kayak gitu, dan MVnya Yu Seungwoo yang You’re beautiful juga begitu. Dan itu membuat gue geregetan dan banyak banget interpretasi dan dugaan yang ada di kepala gue. Isi otak gue seketika full kalau ada adegan begituan. Na gue nggak mau BTS ada gininya juga. Karena menurut gue kalau ada adegan itu, tingkat kekerenan dari video ini naik milyaran persen (lebay amat). Oke lanjut deh, Rapmon masukin foto itu ke loker (LOKER?) mobil. Gue nebak someday pasti mereka iseng buka itu loker dan mereka senyum-senyum gitu inget masa lalu. Ya itu hayalan gue aja sih.

Terus ganti setting, pagi lagi. Suga sama JK duduk-duduk di anuannya kapal gitu (apa?) mirip sama yang di THE MOOD OF LOVE PT1 yang concept photo. Ternyata mereka berdua bareng member BTS yang lain. Dan masih pakai mobil yang sama kayak kemarin. Kemudian mereka semua duduk menatap laut gitu, terus pandangan V pindah ke menara apa apa sih pokoknya tinggi gitu, dia naik. Perasaan gue udah nggak enak waktu V udah nyampe atas. Nggak mungkin, dengan perjuangan naik ke atas menara itu, V cuma mau eksis sok-sokan alis bergetar-getar sok kepanasan atau jadi siluet biar bisa di videoin Jin. Apa jangan-jangan V mau bunuh diri? Ya, gue sih cepat-cepat menghapus hipotesis gue yang itu. Karena V nggak mungkin se ekstrim itu. Habis bunuh orang, bunuh diri lagi. Terus member BTS yang “eh turun dong lo ngapain disitu” “cari mati lo. Turun deh cepet” semacam itu. Tapi ya gimana ya sombong banget sih mereka emang Vnya kedengeran, itu tinggi dan menurut gue sih jauh, apalagi itu berhadapan dengan laut yang juga pasti berisik karena gemuruh ombaknya.

Kemudian V senyum lihatin bawah. Lihat ke temen-temen mereka. Firasat gue udah super nggak enak nih. Terus V menatap kedepan dengan matang gitu. Kayak udah bener-bener nekad gitu tatapannya. Terus dia lari dan bener, dia bunuh diri. Bener, dia bunuh diri.

Terus ada tulisan produced by Hitman Bang. Terus gue setengah hati kecewa. Masa endingnya V bunuh diri aja? Padahal video ini udah bagus tapi endingnya nggak memuaskan menurut gue. Terus gue tungguin karena tulisan tulisan berjalan itu banyak, sambil gue mikir, terus member yang lain sebenernya gimana? Kalau dari awal V emang bunuh orang. Berarti di MV I NEED U itu BTS bener-bener melakukan kejahatan? Suga bener-bener terbakar? Dll dll? YAH MULAI BINGUNG.

Terus ternyata ada endingnya lagi. Semacang epilog. Terus gue semangat lagi. Ternyata disitu ada Jin yang duduk di mobil. Dia buka laci mobilnya dan lihat fotonya sama Suga yang di pom bensin dulu.

Ekspresi dia langsung datar.

Ternyata

Ternyata

Bener dugaan gue

Di foto itu, Jin sendirian.

Nggak ada Suga disampingnya.

Gue nggak kukuh

Ini bagus

Dan dia bener-bener sendirian disitu. Gue mikir. Kalau Jin sendirian, member yang lain bener-bener udah nggaka ada? AAAAH tapi dengan adanya epilog dari video tersebut endingnya jadi super bagus. Dan setidaknya membuat yang lihat mikir jadi di I NEED U member BTS mati semua kecuali Jin? Apa gimana?

dari latar belakang diatas, rumusan masalahnya adalah:

  1. bagaimana kabar member yang lain? apakah baik-baik saja atau tidak?
  2. apakah semua member BTS semuanya mati kecuali Jin?
  3. Jika pin 2 benar, bagaimana Jin di kehidupan berikutnya tanpa BTS?

mana ada rumusan masalah kayak begitu.

terus untuk siapa yang di telpon V di awal, mungkin  itu adalah Jin ya. coba maknai sendiri lah. terus yang ditulis Rapmon di jendela itu bisa jadi juga buat Jin.

Bingung? Penasaran? Kita tunggu pada bulan Oktober.

HWA YANG YONG HWA PT.2

Byeeee

wp iidonghae

One thought on “[Review] 화양연화 On Stage – Prologue

  1. Oke fix ngakak baca review ini, asli :”)

    Prologue ini emg detail + ga kampungan sedihnya. Gila termanggu2 nontonnya /gagitu

    Kesimpulannya sih Jin hidup sendirian..
    Kayaknya sih udh ga ada kelanjutannya soalnya kan udah pada mati gitu.. mungkin aja endingnya Jin ikutan mati suatu hari(?)

    Soalnya di MV I Need You itu Jin naro bunga di ruangannya, dan banyak yg bilang tu bunga beracun kalo dihirup lama2..

    Ya bisa jadi dia end juga nyusul yg lain

    Kita tunggu aja lah (?)

Tinggalkan Balasan

