[Review] Dari Intro sampai Outro “The Mood of Love Pt.1”

Assalamualaikum wr. Wb.

Kriks (pakai s)

Kriks

Blog ini sungguh sepi ya? Alhamduuu…lillah.

Bulan lalu, saya nggak update tulisan apapun di blog ini. Mungkin ada satu nyempil awal bulan. Tapi setelah itu… hufty. Kejadian kejadian yang tak diinginkan muncul seminggu sebelum UAS. Ulangan harian tiba tiba bejibun, tugas-tugas harus selesai dikumpulin, praktikum yang ngebut+laporannya. Ya, maklum, lah! Namanya juga anak sekolah. Setelah seminggu berlalu, datanglah UAS. UAS ya gitu-gitu aja mau gimana lagi. Kemudian seminggu setelah UAS, tugas-tugas yang belum kelar, harus cepat-cepat dikumpulkan. Belum lagi remidi dan sebagainya. Setelah tugas kelar, laptop rusak dan harus ganti keyboard dan itu nguras uang banget -_- dan baru saat ini laptop kembali dan langsung buru-buru nulis. Kangen banget dengan laptop tersayang. Padahal daftar drama yang harus ditonton sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Tapi untunglah, sekarang sudah waras.

Oke, seperti yang sudah dibahas di review sebelumnya, yaitu MV I Need U. Sekarang gue mau bincang-bincang tentang lagunya. Ya, mungkin ini memang udah terlalu telat, tapi ya gimana lagi. Lagi mood buat nulis tentang lagu di album The Mood of Love PT.1 ini. Padahal BTS udah keluar concept photo untuk ‘sick’.

Oke, langsung saja kita terawang lagu-lagu dalam album ini. Cekidots

  1. Intro : 화양연화

“I’m asking myself again, am I happy right now? The answer is already there, I’m happy”

Rasanya tumbeeen banget intro ini dibawakan member lain selain rapmon. Karena dari yang dulu-dulu, intro ini selalu dibawakan oleh rapmon. Tapi bagus, sih~ sekali-kali member yang lain juga. Dan fresh aja kalau member lain yang bawain. Video intronya juga berbeda dari biasanya. Kali ini mereka pakai semacam apasih kartun atau anime atau apalah itu. Terus, setelah cari lirik inggrisnya dan langsung nerjemahin ke korea, nggak tau ini liriknya agak nggak ngerti sih, tapi kayaknya lagu ini tentang gimana mengumpamakan kehidupan ‘dia’ dalam sebuah bola basket. Tapi nggak tau juga sih karena gue pun nggak fluent korea atau inggris. Setelah di trans di google trans pun hasilnya malah membingungkan. Jadi ya seadanya aja.

ENG TRANS disini

  1. I Need U

“Why am I in love alone, why am I hurting alone. Why do I keep needing you when I know I’ll get hurt?”

Terlintas pertanyaan maha nggak penting di otak gue. Kenapa “I Need U”? Bukan “I Need You”? oke, abaikan. Lagu ini menurut gue catchy banget dengan lirik “I need you girl” di reff nya. Entah gimana dulu gue menyanyikan kelanjutannya sebelum tahu liriknya. Tapi poin pentingnya di “I need you girl” itu. Tanpa melihat lirik, menurut gue, aura galau yang ingin di tunjukkan udah terpancar secara alamiah (apasih). Emosi dalam lagu ini kerasa banget. Pertama dengerin instrumen di awal lagu, gue sempat meragukan bagaimana kelanjutan dari lagunya. Bagus, kah? Dan ternyata, TOP. Gue sempat ragu lagu ini dibuat tittle track hanya karena instrumen awalnya. Gue fikir selanjutnya bakal galau mendayu-dayu dengan rap serba melas. Tapi ternyata gue salah. Lagu ini bagus banget dan emang TOP BGT untuk jadi tittle track.

Untuk lirik lagunya memang problem remaja dalam percintaan banget. NGGAK BISA MOVE ON. Si BTS ini udah sering banget disakitin sama ceweknya, dia udah pengen ngelupain ceweknya, tapi dia juga butuh cewek itu, dia nggak bisa jauh-jauh dari cewek itu. C’MON GUYS nggak usah terlalu buat dilema. Pilihannya Cuma dua. MOVE ON atau HOLD ON. Tapi karena dalam lagu ini udah terlalu sering disakiti, maka kasihan cowoknya. Baiknya, LO MOVE ON. Ini blog gue konsultasi urusan percintaan apa gimana?

ENG TRANS disini

  1. 잡아줘 (Hold Me Tight)

“Now trust me, hold me once again. So I can feel you, hold me”

Dalam mendengarkan lagu, gue selalu berfikir positif. Apalagi ketika pertama kali mendengarkan lagu BTS. Karena dengan pikiran positif, lagu dengan genre dan jenis apapun, bisa langsung suka. Karena pikiran sudah tersugesti bahwa “lagu ini enak”. Ditambah, ketika mendengarkan lagu ini, gue sangat-sangat gerget sama dentingan pianonya. Gue emang bisa sangat lemah ketika mendengarkan lagu dengan awalan dentingan piano atau pun genjrengan gitar. Lebih gilanya lagi, kalau dua-duanya. Dan di lagu ini, openingnya dentingan piano yang menurut gue enak banget. Serius. Membuat pikiran positif yang gue tanamkan di awal semakin positif. Setelah kelar pianonya, ada adlib Jeon Jungkook yang membuat gue semakin bersemangat. Tapi setelah mendengarkan beberapa kali, kayaknya gue Cuma suka openingnya aja deh. Bukannya nggak suka lagunya, tapi ekspektasi gue terhadap lagu ini (gara gara awalannya) sangat besar. Lagu ini enak, dan intronya sangat enak. Bisa dikatakan demikian. Hehehe.

Untuk liriknya, lagu ini jelas yang agak-agak galau sih. Yaitu tentang si BTS yang suka banget sama seorang cewek. Dan dia bener-bener meyakinkan si cewek dengan lirik ‘Can you trust me’ yang diulang-ulang. Dia meyakinkan si cewek untuk jadi punya si BTS. Entah si BTS ini menginginkan si cewek kembali (tentunya setelah menjalin hubungan) atau si BTS nggak pernah menjalin hubungan. Tapi suka. Entah itu masih menjadi misteri.

ENG TRANS disini

  1. SKIT : Expectation!

Gue males mendalami translatenya dan gue bukan pecandu track ini. Pokoknya ini ceritanya kumpulan manusia manusia rumpi. Selesai.

  1. 쩔어

“This is the Bangtan style. Different from the lying wack jobs. Every day is about the hustle life. I gotta make it fire baby”

Awalnya, lagu ini menurut gue bising banget dan aneh di awalnya, sehingga gue lebih mendengarkan lagu yang lain dibanding lagu ini. Gue hanya akan melakukan skip skip di lagu ini sampai pada tereret tereret di reffnya setelah suara teriak “JEOLLO” gue benar-benar menyerah. Lagu ini beneran berisik. Gue mendengarkan pencerahan untuk mendengarkan lagu ini secara keseluruhan yaitu ketika BTS di ASC dan JK teriak JEOLLO!!! Rasa penasaran gue membengkak saat itu juga. Setelah itu, gue nggak mungkin selalu menghindari lagu ini. Jadi gue mencoba mendengarkan dengan pikiran positif. Dan ternyata, lagu ini TOP BANGET. Suara membernya juga pas. Rap nya pas. Hura-huranya juga pas. Walaupun instrumennya itu ada semacem apasih kayak suara kaset yang rusak apa kejepit apa gimana itu. Tapi enak banget lagu ini. Sampai sekarang, nggak afdol kalau dengerin lagu ini tanpa menggerak-gerakkan anggota badan.

Lirik lagunya menceritakan bangtan banget. Mereka jujur kalau mereka “sick” karena kerjaan mereka sampai tengah malem, tapi karena kerja keras mereka, mereka jadi sukses. Walaupun sakit. Yagitu.

ENG TRANS disini

  1. 흥탄소년단

“Don’t ask me, I was always like this. I don’t even know, cuz I’m me from start to finish”

Sejak awal mendengarkan, lagu ini sudah sangat aneh. Tapi nggak kayak Sick yang langsung gue abaikan, lagu ini gue biarkan mengalir di kuping gue. Dan ternyata, nggak sia-sia gue dengerinnya. Enak banget dan pas dan chatchy dan bikin eargasm. Seneng gue. Reff suara Jungkooknya pas banget. Bener bener pas banget di nadanya. Part Jiminnya juga sangat pas menurut gue. Apalagi koreografinya asik banget.

ENG TRANS disini

  1. Converse High

“I’m so into your Converse Highs
I can’t help it
I’m so into your Converse Highs
I like it so much”

Dalam album BTS, selalu ada satu atau dua lagu dengan genre manis (genre ciptaan gue). Sebut saja Coffee, I Like It, Just One Day, Miss Right, Blanket Kick, 24/7=Heaven, dan yang terbaru, Converse High. Terus lagu ini juga sangat iklan. Sampai dulu di comeback stage, Converse harus rela diganti Lovers. Lagu ini asik dan manis banget. Tapi liriknya, gue sangat bingung. Di lagu ini, kayak ada dua pihak yang pro dan kontra sama converse high ini. Sebagai yang nyanyi oertama, Jungkook dan Jimin mereka nyanyi dengan arti yang pro ke si coverse high ini. Dan Rapmon pun masuk di tim pro ke converse high. Dia nyebut nyebut apalah itu Chanel F, Alexander Mcqueen, Raf simons, yang belum sempat kenalan sama gue. Tapi kalau nggak salah sih pernah dimana gitu RM pernah bilang kalau dia suka banget sama cewek yang pakai Converse gitu. Mungkin ada hubungannya dengan lagu ini. RM bener gak sih? Koreksi kalau salah. Terus Hope untuk yang nyanyi selanjutnya juga agak pro sama adanya converse high ini. Tapi ketika gue melihat lirik yang dinyanyikan Suga, Suga hate sama converse high. Bahkan dia lebih menyarankan untuk memakai Jordan Numbers. Mungkin ini maksudnya A!r Jordan dari angka satu sampai duapuluh sembilan (apa sekarang udah nambah lagi?). belum sempat menyelesaikan kasus diatas(?), gue semakin dibuat bingung dengan seseorang yang disebut-sebut dalam lagu ini ada “You” di dalam lagu ini yang sangat gue bingungkan. Antara “pencipta converse high” atau seorang “cewek” gue angkat tangan udah. Capeks.

ENG TRANS disini

  1. 이사

“Let’s move. Goodbye to this place, that we grew attached to
Let’s move. Now to a higher place”

Lagu ini sangatlah absurd karena suara bayi yang turut diselipkan dalam instrumen. Gue jadi inget “I Like You” punya GOT7. Menurut gue, lagunya bagus sih. Santai aja setelah Converse high yang nggak jingkrak jingkrak banget, terus ke lagu ini. Perpindahannya menurut gue pas. Walaupun lagu ini kesannya lemes. Pelan tapi nggak galau. Ngalir aja. Jadi santai banget.

Sepenangkap gue, lagu ini jelas menggambarkan gimana mereka pindah dorm. Ciyeee BTS sekarang udah pindah dorm. Lagu ini tempat mereka sedih-sedihan mengingat kenangan mereka di dorm itu. Bisa aja sih yang bikin lagu. Idenya hebat banget. Ya gak?

ENG TRANS disini

  1. Outro : Love is Not Over

“Love is so painful. Goodbyes are even more painful”

Lagu ini, serius!!! Gak bisa ngomong gue. Dari awal, outro memang khusus para vocalis. Sedangkan intro untuk para rapper. Dan untuk outro yang satu ini, sejak awal, sejak adlibnya Jungkook, gue sudah menahan nafas. Gue pause lagunya, gue ngumpat dulu sampai puas, baru diteruskan lagi. Gue dengernya sambil merem, suara Jungkooknya smooth berudara gue pause lagi. Gue ngumpat lagi. Lalu play lagi. Terus seperti itu. Setelah ‘Love is not over over over’ bagian paing akhir, gue merasa pasti lagunya udah kelar. Tapi gue masih menikmati lagunya, instrumennya. Dan, habis itu suara Jungkook muncul tiba-tiba. Dan itu membuat gue sekali lagi pause, ngumpat, dan play. INI OUTRO GILA BANGET KEREN. Walaupun lagu ini bagus, enak, dan hening tipe tipe fav gue, tapi tetep lagu ini nggak termasuk lagu dengan genre manis ciptaan gue. Dengan alasan yang gue sendiri pun nggak tau.

Dari liriknya, pas kalau lagu ini seakan nggak terima ditinggalkan oleh ceweknya. Si BTS yakin bahwa cinta belum berakhir. Dia masih pengen ceweknya balik.

Bayangin kalau lagu ini dibuat versi indonesia. Kemudian lirik “love is not over over over” bakal jadi “cinta belum berakhir khir khir” HASHTAGGEDEBANGETJAYUS

ENG TRANS disini

Finally. Kelar juga mengupas tentang lagu-lagu di album ini. Padahal gue menunggu Cyper tapi gue yakin di album TMOL part selanjutnya akan ada. BTW original Ver untuk MV I Need U sudah sejak dulu dirilis dan tebakan gue benar. Yuhuuu.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Semoga bisa sering-sering nulis 🙂

wp iidonghae

4 thoughts on “[Review] Dari Intro sampai Outro “The Mood of Love Pt.1”

  1. aku mau nanya nih chingu,
    aku baru suka bts awal2 ini.
    album bts sebelum album The
    Mood of Love Pt .1 itu apa aja ya?
    oh ya kalo lagu dope itu masuk album apa?
    maaf ya nanya mulu. aku penasaran bgt. makasi 🙂

    • ada 2 cool 4 skool, O!RUL8,2, Skool Luv Affair, Skool Luv Affair Special Addition, Dark and Wild, sama yang terakhir The Mood of Love PT.1.

      untuk Dope, itu masuk di The Mood of Love PT.1 track ke 5. jadi dope ini semacam promo lanjutan dari I NEED U gitu. he he he gapapa nanya nanya 🙂

  2. hahahaha entah kenapa saya ngakak liat review kamu soal album ini xD
    dan bener. track 8 itu agak2 gaje kenapa diselipin suara bayi segala :v dan lirik converse high itu emg musingin bgt apa maksudnya wkwk. dan lagu outro itu emg enak banget banget banget, cocok buat lagu pengantar tidur/?

    oke, maaf saya sudah komen nggak penting disini heheh

  3. […] Kenapa gue nggak bahas MVnya dulu? Iya karena gue lagi-lagi masih belum siap. HAHAHAHA. Kayaknya review MVnya harus mempersiapkan diri dulu deh nggak ngerti gue masih belum siap mental kayaknya. Maka dari itu, dari pada tangan gatel nggak ngapa-ngapain, mending gue bahas lagu-lagu di album ini aja. Masalah judul postingan gue ini, sama kayak judul postingan gue yang bahas HYYH PT.1 yang bisa kalian intip disini. […]

Tinggalkan Balasan

